5 Inspirasi Bisnis Musiman untuk Mahasiswa

Kamu bukan mahasiswa yang kuliah di jurusan bisnis, tapi kepikiran buat berbisnis?

Well, nggak salah, kok, kalau kamu mencoba memulai bisnismu sendiri sejak di bangku kuliah. Terlebih, sebagai mahasiswa kamu juga dituntut untuk selalu kreatif dan berinovasi.

Buat mahasiswa yang ingin berbisnis, tapi nggak mau mengganggu jadwal kuliah yang padat serta masih pemula dalam dunia bisnis. Kamu bisa, nih, membuka bisnis musiman untuk menambah uang jajan. Hah? Memangnya ada, ya, bisnis musiman buat mahasiswa? Ya, ada, dong! Yang penasaran, check this out, gaes!

1. Bisnis kado saat perayaan hari Valentine

Yap! Seperti yang kita tahu bahwa bulan Februari, atau lebih tepatnya pada tanggal 14 Februari merupakan perayaan hari Valentine a.k.a hari kasih sayang.

Di tanggal tersebut, banyak sekali pasangan muda (cielah) yang akan merayakan dengan cara memberi pasangannya kado spesial. Nggak cuma pasangan-pasangan muda saja, lho, yang merayakannya. Ada juga, nih, pasangan-pasangan yang sudah lama menikah (seperti orang tuamu) juga ikut merayakannya biar hubungan mereka makin mesra.  Eits… buat kamu-kamu yang masih jomblo, nggak usah khawatir nggak bisa merayakannya. Kamu tetap bisa memberikan kado di hari tersebut ke orang tuamu, kakak/adikmu atau sahabatmu yang juga sama-sama jomblo. Hehehe.

Nah, saat momen tersebut, kamu bisa ambil kesempatan untuk berbisnis kado di hari Valentine, gaes. Bisnis kado yang bisa kamu coba, misalnya berjualan scrapbook DIY, menghias berbagai macam coklat dalam satu box, memberi boneka-boneka yang bernuansa pink atau merah sampai bouquet bunga yang terkesan simple tapi mewah.

Oyaa, berbicara mengenai hari Valentine. Nggak semua negara menjadikan cokelat atau boneka sebagai kado spesial mereka. Bahkan di beberapa negara, perayaan hari Valentine nggak selalu jatuh di tanggal 14 Februari. Kalau kamu penasaran negara apa saja yang nggak menjadikan cokelat atau boneka sebagai kado spesial, kamu bisa baca di sini. Siapa tahu bisa jadi inspirasimu dalam merayakan hari kasih sayang yang tinggal sebulan lagi ini.

2. Bisnis bingkisan wisuda

Wisuda memang nggak pernah berhenti. Bayangin saja, dalam setahun wisuda bisa diadakan minimal 2 kali. Tentunya, banyak orang yang akan mencari kado untuk wisuda buat sahabat, gebetan, pacar atau orang-orang yang kamu kenal ‘kan? Apalagi wisuda memang jadi momen memorable yang dinanti-nanti oleh banyak mahasiswa .

Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memulai bisnismu sendiri, gaes! Misalnya saja dengan membuat bouquet bunga, bouquet jajan, boneka bertopi toga hingga membuat bouquet yang kekinian, yaitu bouquet produk-produk kecantikan (seperti lipstik, pensil alis, dan lain-lain) dan alat-alat make up (seperti kuas runcing, spons make up, dan lain-lain).

3. Bisnis kebutuhan ospek

Selain momen wisuda, momen ospek atau orientasi pengenalanalan kamus juga mejadi salah satu momen yang nggak akan bisa dilupakan oleh mahasiswa. Sebab, biasanya maba alias mahasiswa baru akan diberikan arahan untuk memakai berbagai macam atribut selama masa ospek berlangsung. Hal tersebut kadang membuat para mahasiswa baru nggak ingin ribet dan nggak ingin salah atribut.

Untuk memulai bisnismu dan sebagai kakak tingkat yang sudah mengalami masa-masa ospek,   kamu bisa menawarkan berbagai produk atribut ospek kepada mereka, lho! Mulai dari seragam hitam-putih, sabuk, kaos kaki, hingga tag identitas mahasiswa baru.

4. Bisnis kue dan parsel lebaran

Well, momen lebaran memang masih agak lama, gaes. Tapi, nggak ada salahnya kalau kamu mencoba bisnis yang satu ini di tahun ini. Soalnya, memberikan parsel atau hampers saat lebaran memang sudah menjadi tradisi di Indonesia setiap tahunnya. Selain itu, kue lebaran juga menjadi sesuatu hal yang wajib ada di meja tamu selama perayaan Idul Fitri. Tentunya, akan ada banyak orang yang mencari berbagai macam kue yang lezat dalam bentuk parcel atau hampers bukan?

Jadi, buat kamu yang suka berkecimpung di bidang makanan atau suka berkreasi dan sangat kreatif, kamu bisa melakukan bisnis kue dan parsel lebaran. Apalagi modal yang dibutuhkan juga nggak banyak, lho! Kamu hanya perlu membeli bahan untuk membuat kue dan beberapa snack untuk membuat satu parsel.

Atau kalau kamu nggak bisa masak, kamu bisa membuka bisnis lain, seperti yang ada di artikel berikut ini: 14 Ide Bisnis Sederhana di Bulan Puasa, Hari Raya, dan Liburan.

5. Bisnis kado Natal dan tahun baru

Nggak cuma Lebaran saja, ketika Natal dan tahun baru. Orang-orang juga akan mencari hadiah untuk dibagikan kepada rekan kerja, sahabat, keluarga atau orang-orang yang mereka cintai. Dan hal ini memang sudah menjadi tradisi mereka untuk saling memberi.

Even momen natal dan tahun baru masih sangat lama. Nggak ada salahnya kalau kamu mulai kepikiran buat membuka bisnis untuk kado Natal dan tahun baru. Misalnya saja membuat parsel kue natal, membuka jasa cetak foto polaroid dengan kartu ucapan, hingga hampers yang berisikan baju atau pernak pernik natal yang ciamik.

Atau kalau kamu mau berbeda dari yang lainnya, kamu bisa mengganti hadiah-hadiah tersebut dengan hal-hal yang lebih unik dan ramah lingkungan—seperti peralatan makan dari bambu, tumbler, tas motif keranjang, sabun organik, dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lengkanya kamu bisa baca di: Inspirasi Kado Natal yang Ramah Lingkungan.

***

Itulah beberapa inspirasi bisnis musiman buat mahasiswa. Well, kalau dihitung-hitung, nih, ya, gaes. Hasilnya lumayan banget, lho, buat menambah uang saku. Selain itu, siapa yang tahu kalau suatu saat nanti, bisnismu ini bisa berkembang menjadi profesi utama atau profesi sampingan yang menjanjikan setelah kamu lulus nanti.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: medium.com, jooinn.com, giftabouquet.com, sketsanews.com, livingloving.net, my1053wjlt.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1