Infografik: Sebuah Perjalanan Teknologi Lintas Generasi

Saat ini, kita sudah memasuki sebuah era dimana semua hal bisa dengan mudah didapatkan dengan satu sentuhan di layar sebuah perangkat kecil yang muat dalam genggaman tangan. Perkembangan teknologi yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir telah membawa dampak yang signifikan bagi hidup kita. Apalagi dengan hadirnya kecerdasan artifisial (artificial intelligence) yang diprediksi akan menjadi lompatan besar dalam sejarah perkembangan teknologi umat manusia.

Bayangin, robot-tobot canggih yang dahulu hanya bisa kita saksikan di film fiksi ilmiah kini akan menjadi kenyataan dan siap untuk hadir di tengah masyarakat kita.

Hm... tapi, kalian pernah bayangin nggak sih, teknologi apa yang lagi hits di masa ayah, ibu, bahkan kakek dan nenek kita ketika muda? Sejauh mana teknologi-teknologi tersebut berkembang hingga menjadi gadget yang kita kenal sekarang?

Nah, biar nggak penasaran lama-lama, mending kita kepoin infografik berikut ini, yuk!

Baby Boomers: The Digital Immigrant

Generasi ini lahir tepat setelah Perang Dunia II selesai, dan langsung memberikan lonjakan besar pada jumlah penduduk di dunia. Artis-artis seperti The Beatles dan Elvis Prasley mempengaruhi gaya hidup masyarakat, terutama anak mudanya. Nah, karena dulu belum ada layanan streaming video dan smartphone, maka teknologi utama yang marak digunakan untuk mendpatkan informasi maupun hiburan adalah televisi. Sementara untuk teknologi telekomunikasi, pesawat teleopon masih menjadi moda utama nih, gaes.

Generasi ini juga memiliki sebutan lain yaitu The Digital Immigrant, alias generasi yang mulai “berpindah” dari teknologi manual ke digital.

Generasi X: The Early Digital Adopter

Di zaman ayah dan ibu kita muda ini, pengaruh terbesar datang dari MTV yang dipenuhi dengan musik-musik disko dan rock yang khas. Nirvana dan Madonna adalah segelintir dari ikon-ikon yang mempengaruhi budaya yang berkembang di kalangan generasi ini.

Oh ya, Generasi X juga menjadi generasi pertama yang merasakan hadirnya teknologi komputer meja serta internet. Makanya, nggak heran kalau mereka ini juga disebut dengan The Early Digital Adopter alias pengadopsi teknologi digital awal. Berselancar di internet, mengirim e-mail, serta bertukar SMS menjadi moda telekomunikasi yang dipilih oleh banyak orang yang lahir di generasi ini nih, gaes!

Millennials: The Digital Natives

Menjelang tahun 1990an, teknologi semakin berkembang pesat dan generasi baru pun terlahir. Generasi Y aka Millennials adalah generasi yang tumbuh besar seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi khususnya di bidang telekomunikasi. Mereka adalah generasi Facebook dan generasi smartphone, generasi yang mengadopsi teknologi digital sebagai bagian erat dalam kehidupan sehari-harinya.

Mereka adalah generasi Digital Natives.

Generasi Z: The Digital Innates

Setelah Millennials, lalu apa? Guys, meet Gen Z atau yang sering juga disebut sebagai Generasi Z. Generasi ini hampir nggak pernah mengenal masa di mana nggak ada teknologi digital dalam hidupnya. Mereka lahir di tengah pesatnya perkembangan smartphone dan internet, sehingga membuat mereka kerap dijuluki “Anak Kandung Teknologi Digital” alias Digital Innates.

Generasi Z adalah generasi yang akan banyak “bermain” dengan teknologi super canggih seperti Augmented/Virtual Reality, Artificial Intelligence, 3D Printing, dan masih banyak lagi. Di masa depan, bukan nggak mungkin Gen Z akan bertindak sebagai agen perubahan yang memiliki pengaruh besar terhadap kondisi sosial, budaya, maupun ekonomi dunia.

Baca juga:

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
mustika | 6 jam yang lalu

Open pp/endorse : Klik Link Ig : https://www.instagram.com/naaan_n_n_/ cek ig : naaan_n_n_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Gina Ajeng | 16 jam yang lalu

Kalo aku maba dr kampus sdh otimatis

SKS dan KRS Itu Apa, Sih?
Crypton | 18 hari yang lalu

Setelah 2018 ingin masuk oseanografi di postingan ini dan sekarang sudah semester 9, sangat bersyukur bisa ada di oseanografi.. Next S2 Ocean Instrumentation!!

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1