Suka Berhitung? Wajib Tau Nih, 8 Persamaan Matematika dan Fisika Yang Mengubah Dunia!

Selama ratusan, bahkan ribuan tahun lamanya, ilmuwan-ilmuwan berbakat dunia telah menggunakan persamaan matematika sebagai dasar untuk memahami dan mengukur seluruh hal yang ada di alam semesta ini. Dan selama itu pula, rumus yang digunakan sebenarnya bukanlah rumus-rumus rumit yang berlapis dan butuh satu papan tulis besar untuk menyelesaikannya.

Delapan rumus matematika ini membuktikan bahwa, persamaan sederhana ternyata bisa membawa perubahan besar bagi dunia.

1. Hukum Gravitasi Isaac Newton

Hukum yang ditemukan pertama kali melalui apel yang terjatuh di atas kepala sang ilmuwan ini menjelaskan bagaimana planet yang ada di tata surya kita bergera, dan bagaimana gravitasi bekerja—di bumi maupun tempat lain di alam semesta. Dipublikasikan pertama kali di buku The Principia pada Juli 1687, Hukum Gravitasi Newton menjadi referensi utama dalam seluruh penghitungan matematika maupun fisika selama nyaris 200 tahun lamanya—hingga teori relativitas Einstein ditemukan.

2. Teori Relativitas Einstein

Penemuan terkemuka dari Einstein berbentuk sebuah teori yang menjelaskan mengenai koneksi antara ruang dan waktu. Pertama kali diajukan di tahun 1905, Teori Relativitas telah secara signifikan mengubah arah studi ilmu fisika, dan memperdalam pemahaman umat manusia mengenai masa lalu, masa kini, dan masa depan dari alam semesta kita.

3. Teorema Pythagoras

Bisa dibilang sebagai salahsatu persamaan matematika tertua di dunia—ditemukan oleh seorang ahli matematika bertama Pythagoras di tahun 570-495 Sebelum Masehi. Teorema ini menjadi prinsip utama bagi penghitungan Geometri Euclidean dan dasar perumusan jarak antara dua titik. Teorema Pythagoras juga menjelaskan tentang hubungan antara sisi segitiga siku-siku pada bidang datar.

4. Persamaan Maxwell

Persamaan yang ditemuka oleh James Clerk Maxwell ini adalah sebuah persamaan matematika yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana medan listrik dan magnet dihasilkan dan diubah oleh satu sama lain dengan energi dari muatan dan arus. Pertama dipublikasikan antara tahun 1861 dan 1862, persamaan ini adalah sebuah rumus klasik pada hukum elektromagnetis—selayaknya hukum gravitasi Newton adalah hukum utama pada bidang fisika mekanis.

5. Hukum Termodinamik Kedua

Hukum yang ditemukan oleh Rudolf Clausius ini menyatakan bahwa energi selalu bergerak dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah. Diformulasikan pada tahun 1865, hukum ini telah mendasari beragam perkembangan teknologi masa kini mulai dari mesin pembakaran internal, cryogenics, dan generator listrik.

6. Logaritma

Logaritma pertama kali diperkenalkan oleh John Napier pada awal abad 17 sebagai sebuah cara untuk menyederhanakan sebuah perhitungan. Persamaan ini menjawab pertanyaan “Berapa banyak angka X yang harus dikalikan agar dapat mencapai angka Y?”. Logaritma digunakan oleh beragam profesi di beragam bidang seperti navigator (tradisional), ilmuwan, dan insinyur.

Meski begitu, saat ini kita bisa dengan mudah menghitung persamaan logaritma dengan menggunakan kalkulator ataupun komputer.

7. Teori Informasi

Teori informasi adalah cabang dari ilmu matematika yang mempelajari mengenai klasifikasi informasi dengan menggunakan kode berupa urutan simbol-simbol, serta kecepatan transmisi dari informasi tersebut. Persamaan ini menjadi sebuah rumus fundamental dalam perkembangan teknologi internet dan ponsel pintar.

8. Chaos Theory

Selayaknya Teori Informasi, Chaos Theory adalah sebuah cabang dari ilmu matematika yang mempelajari sebuah sistem kompleks yang mana sangat terpengaruh oleh perubahan sekecil apapun. Pada intinya, teori ini menunjukkan bagaimana perubahan yang sangat kecil pada sebuah sistem dapat mengakibatkan konsekuensi dalam skala yang jauh lebih besar. Chaos Theory digunakan hampir di segala bidang mulai dari meteorologi, sosiologi, fisika, ilmu komputer, teknik dan rekayasa, ekonomi, biologi, hingga filsafat.

(sumber: futurism.com)

Baca juga:

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1