Tidur Siang Singkat Ternyata Bermanfaat Banget Buat Produktivitas Kita!

Dari kecil, saya nggak hobi tidur siang. Mendingan waktunya dipakai buat nonton, baca, atau main, pikir saya. Apalagi setelah makin dewasa. Belajar, seabrek aktivitas, serta segudang pekerjaan (ciyeee sibuk amat, sis?!) bikin saya makin nggak kenal sama yang namanya tidur siang.

Tapi ternyata, berbagai penelitian—di antaranya yang dilakukan National Sleep Foundation, Amerika Serikat— justru menyimpulkan kalau tidur siang itu sangat bermanfaat, termasuk untuk meningkatkan produktivitas. Kegiatan ini sering disebut sebagai power nap.

Youthmanual pun mencari tahu lebih lanjut soal kekuatan tidur siang tersebut, dan hasilnya adalah:

- Tidur siang bisa meningkatkan performance seseorang dalam bekerja. Jadi seperti yang ditulis di situs National Sleep Foundation, NASA pernah melakukan penelitian terhadap pilot dan astronot yang tidur siang selama 40 menit. Hasilnya, tidur siang meningkatkan produktivitas mereka sebesar 34 persen.

- Tidur siang juga meningkatkan konsetrasi dan kepekaan pilot dan astronot tersebut sebesar 100 persen!

Makanya, kalau kamu mulai error pas mengerjakan sesuatu dan sering nggak teliti, mungkin kamu butuh bobok siang. Setelahnya, kamu akan kembali siap beraktivitas #pamerotot

- Efek dari tidur siang juga agak mirip dengan refreshing dan liburan. Yaitu bikin kita fresh dan mengembalikan mood positif. Cihuy! Lumayan lah, efek "berlibur" ke pulau kapuk alias bantal empuk.

- Tidur di siang hari juga bikin seseorang lebih tahan beraktivitas malam. Bisa aja kan, kamu butuh bangun malam untuk belajar atau mengerjakan tugas hingga larut.

- Pada situasi tertentu tidur siang nggak hanya bermanfaat, tapi juga URGENT dilakukan. Seperti saat kamu menyetir dalam keadaan ngantuk. Jangan anggap enteng karena masih siang dan terang-benderang. Tetap saja berbahaya, sob!

- Kalau menurut Sara C. Mednick, PhD, sleep expert dan penulis buku Take a Nap! Change Your Life, bobok siang juga meningkatkan kemampuan motorik kamu.

Langsung siap sit up, back up, kayang bolak-balik 100 kali.

- Dari segi kesehatan, selain bikin fit, tidur siang bisa mencegah stres dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Durasi dan waktu tidur siang

jam alarm

Tapi ‘kan, ada kuliah, sekolah, kerjaan dan lainnya? Gimana tidur siangnya? Justru, tidur siang yang efektif adalah tidur siang singkat, cuma sekitar 15-30 menitan, sob! Artinya kamu bisa colongan waktu pada jam istirahat atau jam-jam lowong di mana nggak ada kuliah.

Jangan khawatir, tidur siang singkat nggak bikin kamu jadi muka bantal dan lesu pas bangun. Aktivitas tersebut juga nggak ganggu tidur malam kamu, kok!

Supaya efektif, tidurnya jangan terlalu pagi dan jangan pula kesorean. Kira-kira antara jam 11-12 siang, lah. Soalnya, kalau kepagian, tubuh kamu sebenarnya belum siap buat kembali tidur. Sedangkan kalau menjelang sore, bisa bikin tidur nggak nyenyak di malam hari.

Yuk, tidur siang singkat buat energy booster seharian!

(sumber gambar: huffingtonpost.com, animemangasociety.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1