15 Tips Cemerlang yang Wajib Diketahui Para Pengguna iPhone

Tahu nggak, sih, kamu kalau iPhone kamu itu bisa melakukan banyak hal. Menurut Apple, para desainer dan engineers di perusahaan tersebut terus berusaha menciptakan produk yang gampang dipakai dan bermanfaat untuk kita para pengguna. Sayangnya, informasi ini nggak terlalu tersampaikan dengan baik dan diketahui banyak orang.

So here some tips for you, iPhone users!

1. Set sleep timer buat musik kamu

Saya termasuk tipe orang yang kadang tidur sambil mendengarkan musik. Nah, kalau kamu juga doyan mendengarkan musik sebelum tidur, tapi takut musiknya jalan terus sampai pagi, kamu bisa mengatur sleep timer untuk musik kamu di bagian aplikasi Clock. Musik akan berhenti sesuai dengan waktu yang kamu atur.

2. Ciptakan pola getar sesuai dengan keinginan kamu

Kamu bisa bikin pola getar kamu sendiri untuk nomor tertentu, lho. Misalnya, kamu ingin membedakan model getar untuk si pacar atau ortu kamu sebagai notifikasi yang berbeda. Maka kamu tingggal klik Settings>Sounds>Ringtones>Vibration>Create New Vibration dan gunakan jari kamu untuk menciptatan pola getar sesuai keinginan.

3. Flashing Alerts

Kalau kamu lagi di tempat ramai dan takut ringtone nggak terdengar atau getar nggak terasa,  maka kamu bisa dengan mudah bikin kamera LED kamu menjadi notifikasi. Tinggal klik Settings>General>Accessibility.

4. Goyangkan iPhone untuk undo ketikan yang salah

Tinggal goyangkan iPhone kamu untuk mengembalikan teks ke awal kalau kamu melakukan kesalahan pengetikan.

5. Buat iPhone kamu nggak lemot dengan rajin memebersihkan RAM

Kalau kamu menahan tombol power sampai terlihat “slide to power off”, lalu kamu tahan tombol home, layar kamu bakal blank sebentar dan home sreen kamu bakal muncul kembali. Ini cara untuk membersihkan RAM iPhone kamu.

6. Buat iPhone kamu nggak lemot dengan membersihkan Cache

Kalau membersihkan RAM masih kurang, coba bersihkan cache. Di bagian App Store, Podcasts, Music, Game Center, dan Phone apps, klik salah satu icon di bagian bawah sebanyak 10 kali untuk membersihkan cache.

7. Lihat catatan waktu dari pesan-pesan kamu

Kalau kamu pengen tahu kapan sebuah pesan (iMessage atau SMS) tepatnya dikirim, kamu bisa lihat dengan menggeser jari kamu ke sebelah kiri. Detil menit dari pesan-pesan tersebut bakal keliatan.

8. Lihat tab yang baru aja kamu tutup di Safari

Kalau kamu ingin membuka atau membaca ulang artikel yang baru aja kamu tutup di Safari, kamu tingal klik dan tahan symbol “+” di bagian bawah aplikasi Safari.

9. Pakai iPhone kamu untuk menetukan derajat putar

Kamu bisa menggunakan aplikasi Compass yang ada di iPhone dan geser ke kiri. Dengan begitu, kamu bisa menentukan derajat putar. Cobain, deh, seru banget!

10. Info medis untuk kondisi darurat

iPhone kamu bisa jadi “penyelamat nyawa” beneran, lho. Isi keterangan medis kondisi kamu sehinga kalau terjadi sesuatu seperti kecelakaan, tenaga medis bisa membuka catatan medis ini. Saran saya, isi dengan yang umum saja seperti golongan darah atau alergi obat. Soalnya, menu ini bisa dibuka tanpa membuka kunci iPhone.

11. Lihat email yang belum dibaca di kotak masuk 

Banyak banget email di iPhone kita (termasuk spam dan promosi online, hehehe…). Nah, untuk mensortir mana yang belum kita baca, kita bisa buka email dan klik “Edit” Lalu tandai “Unread” untuk email yang kita lewati. Ketika kamu buka inbox nanti, folder kamu akan berisi mana yang belum kamu baca.

12. Cari tahu pesawat apa yang lagi terbang di atas kamu

Sering, dong, melihat pesawat melintas di atas kamu. Kalau kamu iseng dan penasaran, kamu tinggal tanya Siri pesawat apa yang lagi melintas dan Siri bakal menyediakan jawabannya!​

13. Hindari signal wifi yang jelek

Klik Settings>Cellular, scroll ke bagian bawah dan nyalakan Wifi Assist. Kalau kamu sedang berada di kondisi signal wifi yang jelek, iPhone kamu bakal balik dengan sendirinya ke mode LTE connection alias balik pakai kuota. Jangan khawatir, sob, Wifi Assist nggak bakal memaksa kamu mendownload atau streaming data besar dengan kuota.

14. Gunakan Night Shift 

Apple punya mode Night Shift supaya mata kamu nggak sakit ketika melihat layar di malam hari. Kamu tinggal menyuruh Siri menyalakannya. Warna layar kamu akan berubah kekuningan dan lebih ramah untuk mata. 

15. Hard reset

Kalau iPhone kamu sering hang, berarti ini saatnya “mengistirahatkan” sejenak iPhone kamu dengan hard reset. Maksudnya, matikan total iPhone dan tunggu 10-15 menit untuk dinyalakan kembali. Mesin juga butuh istirahat, sob.

 

(Sumber gambar: cnet2.cbsistatic.com, ideaspots.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Crypton | 17 hari yang lalu

Setelah 2018 ingin masuk oseanografi di postingan ini dan sekarang sudah semester 9, sangat bersyukur bisa ada di oseanografi.. Next S2 Ocean Instrumentation!!

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Olinnn | 20 hari yang lalu

Open pp/endorse cek ig : pragunawati_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1