20 Hal Tentang Generasi Milenial, Menurut Para Bos dan Senior Angkatan Generasi X

Kalau para bos serta senior di perusahaan multinasional  ternama yang sudah bekerja puluhan tahun pada membahas tentang kita-kita, para Generasi Milenial, kira-kira komentar mereka apa, ya?

Kebetulan, minggu lalu Youthmanual diundang oleh Universitas Bina Nusantara untuk datang ke acara Human Resources Gathering yang membahas tentang Generasi Milenial. Pembicaranya keren-keren, yaitu Pieter Lydian Sutiono, Partners Group Director Microsoft Indonesia, Paulus Danang Yanri Hatmoko , Director of Human Capital Maybank Indonesia, serta Christina Southgate, Talent Team APAC LinkedIn sekaligus Co-Curator & Head of Talent TEDx Singapore.

Trus, dalam kesempatan lain, Youthmanual juga sempat ngobrol dengan Toha Hasan, Senior Manager IT & Business Improvement di Star Energy dengan pengalaman kerja lebih dari 20 tahun.

Pas ketemu mereka, langsung deh, Youthmanual langsung kasih CV mencatat komentar-komentar mereka tentang Generasi Milenial. Kalau kamu kelahiran antara tahun 1981—atau ada juga yang bilang dari tahun 1980—sampai tahun 2000, berarti yang diomongin kamu, nih!

Kata para bos-bos tersebut, anak-anak Generasi Milenial itu…

1. Ambisius. “Salah satu karakter Generasi Milenial yang bagus untuk bekerja adalah memiliki ambisi [tinggi],” jelas Pieter Lydian Sutiono.

2. Mempelajari sesuatu dengan cepat.

3. Cenderung menaiki tangga karier dengan lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

4. Punya keinginan berbuat sesuatu untuk memperbaiki keadaan. Seperti yang dikutip dari majalah Forbes, sebanyak 64% Generasi Milenial ingin menjadikan world a better place.

5. Berjiwa entrepreneur.

6. Peduli terhadap lingkungan. “Dibandingkan dengan generasi saya (Generasi X), Generasi Milenial memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan alam,” ujar Paulus Danang Yanri Hatmoko.

7. Jagoan media sosial. “Mereka menguasai teknik-teknik pemasaran di media sosial. Bahkan saya pun minta diajari oleh mereka,” ujar Pieter Lydian Sutiono.

8. Tech savvy.

9. Nggak baca koran.

10. Saat melamar kerja, Generasi Milenial sangat mempertimbangkan misi perusahaannya. Misi perusahaan adalah hal yang penting bagi Generasi Milenial. Christina Southgate mencontohkan Coca Cola sebagai salah satu perusahaan yang punya misi kuat, yaitu to inspire moments of optimism and happiness.

11. Terikat banget dengan gadget (ponsel) dan dapat dihubungi kapan saja.

12. Merasa harus bisa mengakses info dari mana saja dan kapan saja. Bagi Generasi Milenial, ini adalah kebutuhan penting!

13. Menginginkan jam kerja yang fleksibel.

14. Short attention span alias perhatiannya gampang teralihkan. Anak Generasi Milenial pada bosenan, sob!

15. “Dalam bekerja, lebih memilih berkolaborasi dibandingkan berkompetisi,” jelas Paulus Danang Yanri Hatmoko.

 

16. Suka foto-foto dan sharing foto mereka ke publik.

17. Bagi Generasi Milenial, kultur di perusahaan tempat kerja mereka adalah hal yang sangat penting. “Setiap ada calon karyawan yang datang untuk wawancara di LinkedIn, kami selalu ajak mereka keliling kantor. Selain itu, sekarang ini banyak perusahaan yang bikin creative spaces, event olahraga, dan berbagai lomba untuk pekerjanya yang terdiri dari Generasi Milenial,” jelas Christina.

18. Sering disalahpahami oleh generasi sebelumnya. “Saya nggak setuju kalau sikap Generasi Milenial dibilang nggak oke atau nggak humble. Saya rasa mereka hanya misunderstood karena faktor jarak generasi,” ungkap Toha Hasan. Menurutnya, Generasi Milenial justru memiliki sikap-sikap positif seperti…

19. Memiliki kepercayaan diri dan berani mengemukakan pendapatnya. “Hal ini kebalikan dengan dulu, ketika kebanyakan orang Indonesia masih kurang pede,” komentar Toha Hasan.

20. Ingin bisa berdiskusi dengan para bos. Mereka nggak ingin merasa berjarak dengan pimpinan perusahaan.

(sumber gambar: linkedin.com, theodesseyonline.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1