Barack Obama dan Hal yang Membuat Sosoknya Bakal Dirindukan, Khususnya Oleh Bangsa Indonesia

Saya sempat ngobrol dengan teman yang tinggal di Amerika Serikat seputar Barack Obama. Menurutnya, Obama merupakan sosok yang sangat spesial, dan Amerika beruntung bisa memilikinya. Trus, belum tentu ada presiden yang seperti Obama dalam puluhan tahun ke depan.

Ucapan teman saya ada benarnya juga. Setidaknya, inilah hal-hal yang bakal dirindukan dari Obama, khususnya oleh bangsa Indonesia:

* Nggak bisa lagi banggain alumni sekolah, “Eh, Presiden Amerika dulu SD-nya sama kayak gue!” atau "Presiden Amerika sekolah di SD Negeri sini, lho!"

Yes, Obama adalah alumni SDN Menteng 01, Jakarta alias SD Besuki. Selama 1,5 tahun, orang nomor 1 di Amerika ini bersekolah di Jakarta. Di SD negeri pula, sob, bukan sekolah internesyenel.

* Presiden pertama yang pernah menetap di Indonesia. Sempat punya ayah tiri orang Indonesia (Lolo Soetoro) dan saudara tiri (satu ibu) dengan keturunan Indonesia, Maya Soetoro.

Mungkin aja dulu Obama juga suka main layang-layang, hobi jajan es potong abang-abang, atau gangguin anak cewek main karet (ya, mungkin-mungkin).

Kehidupan Obama di Indonesia sampai dibuat versi buku dan filmnya, lho, yang berjudul Obama Anak Mentang.

* Indonesia go international, gara-gara Obama masih ingat bahasa Indonesia (walau sedikiiit) dan makanan Indonesia seperti sate, bakso, nasi goreng.

“Enak, ya?” bahkan begitu komentar Obama tentang jajanan Indonesia sewaktu beliau berkunjung ke Universitas Indonesia, semasa beliau masih menjabat sebagai presiden AS ke-44.

obama

* Ibu negara yang keren dan inspiring banget. Banyak yang bakal merasa kehilangan Michelle Obama, First Lady semasa jabatan Barack Obama.

Perempuan dengan latar belakang pendidikan dan karier di bidang Hukum ini nggak hanya sangat concern dengan pendidikan dan anak muda, tetapi juga punya pembawaan dan gaya yang asik, sekaligus tegas dan smart. Nggak jarang ibu negara yang pede berpakaian dengan warna cerah dan style modern ini sering terlibat dalam campaign seru serta menyampaikan pidato yang jleb banget.

Salah satunya adalah ketika beliau berpesan kepada para remaja perempuan,There is no boy, at this age, that is cute enough or interesting enough to stop you from getting your education…  If I had worried about who liked me and who thought I was cute when I was your age, I wouldn’t be married to the President of the United States.

 Atau ketika beliau nge-rap untuk mendukung kampanye pendidikan di video ini:

Saking cool-nya Michelle Obama, banyak yang berharap suatu saat nanti beliau akan menjadi presiden Amerika.

* Obama adalah salah satu orang yang berhasil mengatasi kebiasaan merokok yang dilakukannya selama 30 tahun. Ia melakukannya agar anak-anaknya nggak mencontoh kebiasaan buruk tersebut.

Oke, mungkin berhenti merokok bukan hal yang WOW banget, tapi ini juga bukan perkara  mudah, lho. Tanya aja sama para perokok!

Saya percaya bahwa dengan hal yang kesannya sepele seperti ini, Obama justru sudah berbuat banyak. Ia menginspirasi anak muda dan masyarakat untuk hidup lebih sehat. Sesuai jargon andalannya, "Yes, we can!"

* Di masa pemerintahan pria kelahiran 4 Agustus 1961 ini pula anak muda yang berprestasi bidang sains lebih diperhatikan. Di antaranya dengan diselenggarakannya science fair di Gedung Putih sejak 2010 lalu.

obama

As a society, we have to celebrate outstanding work by young people in science, at least as much as we do Superbowl winners,” begitu kata Mr. Obama. Menurutnya, orang yang kiprahnya di bidang sains bakal sangat bermanfaat buat masa depan.

* His family. Setuju 'kan, kalau saya bilang Barack Obama, Michelle, Sasha dan Malia memang selalu kelihatan kompak, seru, sekaligus sweet banget? Mereka pasti akan dirindukan :)

(sumber gambar: whitehouse.go, msnbc.com, telegraph.co.uk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 5 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1