Ternyata, Mayoritas Mahasiswa dari Perguruan Tinggi Top Dunia Memiliki Tipe Kepribadian Ini!

Kini nggak bisa dipungkiri kalau stereotipe alias pengelompokan berdasarkan mayoritas memang berlaku di mana saja. Dan karena kamu lagi baca jurnal Youthmanual, tentunya hal ini bakal mengacu ke stereotipe pelajar—khususnya kepribadian yang dimiliki oleh mayoritas mahasiswa perguruan tinggi top dunia.

Berdasarkan studi singkat yang dilakukan pada lima perguruan tinggi unggulan di Amerika Serikat, ternyata terdapat beberapa tipe kepribadian MBTI yang mendominasi dari mahasiswa yang berkuliah di sana. Dan bisa dibilang, tipe kepribadian para mahasiswa di universitas tersebut cenderung seragam.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini tentunya mencerminkan karakteristik individu yang worthy untuk menuntut ilmu dan mengejar kesuksesannya di perguruan tinggi tersebut, yang tentunya dapat menjadi instrumen dalam mengukur kualitas lingkungan dan atmosfer suatu pendidikan tinggi. So, berikut adalah hasil dan analisis per perguruan tinggi yang diteliti.

1. University of Chicago

1

Dari 79 sampel yang diteliti, didapatkan komposisi 5 tipe kepribadian paling dominan sebagai berikut:

INTJ: 29%, INTP: 13%, ENFJ: 12%, ENFP: 12%, INFJ: 10%

dan dengan biner dominan sebagai berikut:

I: 62%, N: 95%, T: 60%, J: 61%

Para mahasiswa di University of Chicago lebih mengandalkan intuition (N) dibandingkan dengan sensing (S). Fungsi intuition (ide, koneksi, abstraksi) memang lebih dominan dibanding sensing (detail, fokus, kekonkritan), yang berarti mereka sangan mengandalkan intuisi dibanding fungsi lainnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Mayoritas mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi ini adalah para introvert yang cerdas (INT) serta para ekstrovert yang memiliki minat dalam bidang humanitarian (ENF).

2. University of Pennsylvania

2

Dari 134 sampel yang diteliti, didapatkan komposisi 5 tipe kepribadian paling dominan sebagai berikut:

ENTJ: 14%, INTJ: 14%, ENFJ: 12%, INFJ: 10%, ENTP: 8%

dan dengan biner dominan sebagai berikut:

E: 56%, N: 76%, T: 54%, J: 71%

Dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya, University of Pennsylvania memiliki komposisi mahasiswa dengan tipe kepribadian yang lebih beragam. Tapi, dominansi yang signifikan terlihat dari fungsi kepribadian ekstrovert yang lebih banyak ditemui dibanding fungsi lainnya. Sama seperti hasil dari University of Chicago, mayoritas mahasiswa dari universitas ini juga sangat mengandalkan fungsi intuition (N). Terdapat banyak para dreamers-doer (NJ) dalam komposisi mahasiswa ini.

3. Georgetown University

3

Dari 83 sampel yang diteliti, didapatkan komposisi 5 tipe kepribadian paling dominan sebagai berikut:

INTJ: 21%, ENTJ: 19%, INFP: 10%, ENFJ: 8%, INTP/INFJ/ENFP: 7%

dan dengan biner dominan sebagai berikut:

I: 53%, N: 80%, T: 59%, J: 70%

Perguruan tinggi ini memiliki distribusi normal dalam persebaran tipe kepribadian introvert dan ekstrovert, yang jarang ditemui pada perguruan tinggi lainnya yang lebih menyenangi satu tipe dibanding tipe yang lain. Fungsi judging (J) juga terlihat lebih dominan dibanding perceiving (P). Pemikiran yang logis juga menjadi salah satu kekuatan terbesar mahasiswa Georgetown University, sehingga nggak heran jika banyak tipe goal-achieving leaders (NTJ) dan tipe artistik sensitif (NFP) dapat ditemui di sini.

4. Brown University

4

Dari 97 sampel yang diteliti, didapatkan komposisi 5 tipe kepribadian paling dominan sebagai berikut:

INTJ: 16%, ENFJ: 15%, ENFP: 15%, INFJ: 11%, INTP: 10%

dan dengan biner dominan sebagai berikut:

I: 53%, N: 83%, F: 54%, J: 60%

Yang membuat Brown University berbeda dari universitas top dunia dan para aggota Ivy league lainnya adalah besarnya diversitas tipe kepribadian yang mendominasi 3 besar tipe yang diteliti. Jika dibandingkan dengan universitas lain, fungsi feeling (F) yang dimiliki para mahasiswa di sini lebih mendominasi dibandingkan dengan fungsi thinking (T). Maka, sebagian besar mahasiswanya memiliki minat yang besar dalam mempelajari dan memahami orang lain sebagai individu (EF), dengan isu humanitarian sebagai fokus utama (ENF). Introvert dengan jalan pikiran yang lebih intuitif dan logikal (INT) juga banyak ditemui dalam perguruan tinggi ini.

5. Harvard University

5

Dari 125 sampel yang diteliti, didapatkan komposisi 5 tipe kepribadian paling dominan sebagai berikut:

ENTJ: 16%, INTJ: 15%, ENFP: 9%, ENTP: 9%, ENFJ: 9%

dan dengan biner dominan sebagai berikut:

E: 59%, N: 76%, T: 62%, J: 64%

Mahasiswa di Harvard University memiliki fungsi kepribadian dominan berupa ekstrovert (E) dan intuition (N) yang sangat signifikan dibanding perguruan tinggi lainnya. Diversitas yang dapat ditemukan dari sampel mahasiswa adalah perbandingan yang cukup seimbang diatara mereka yang lebih menyenangi berpikir rasional (T/F) dengan mengamati proses (N/S). Dengan kata lain, komposisi mahasiswa di universitas ini dipenuhi pada individu yang  outgoing dengan ide-ide cemerlang (EN), yang berarti dapat berinteraksi dengan dunia luar dalam berbagai cara.

***

Gimana, gaes? Kita-kira tipe kepribadian MBTI kamu termasuk nggak, nih?

Baca juga:

(sumber gambar: fusion.net, uchicago.edu, billypenn.com, nhs.georgetown.edu, brown.edu, boston.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1