Menu

Youthmanual Weekly: Dari Universitas Terbaik Dunia Hingga Perguruan Tinggi Swasta Favorit di Indonesia

Minggu ini, Youthmanual Weekly merangkum artikel informatif buat kamu, antara lain rilis terbaru QS Wold University Ranking 2018 yang menampilkan peringkat kampus terbaik dunia serta serba-serbi 5 perguruan tinggi swasta favorit di Indonesia.

Baca juga kabar terbaru dari dunia pendidikan yaitu aturan zonasi sekolah seputar penerimaan peserta didik baru berdasarkan domisili mereka. Ada juga berita mengenai 10 anak muda yang gagal masuk Harvard gara-gara posting-an Facebook (JENG-JENG!).  Nggak ketinggalan, bahan bacaan buat pengembangan diri kamu, yaitu membandingkan karakter introvert versus ekstrovert saat menjadi pemimpin.

Untuk membaca artikel lengkapnya, kamu bisa klik judul.

Pelajaran dari 10 Calon Mahasiswa yang Gagal Masuk Harvard Gara-Gara Postingan Medsos

Media mahasiswa Harvard, The Harvard Crimson, memberitakan tentang 10 calon mahasiswa Harvard yang surat penerimaannya dicabut gara-gara posting-an Facebook mereka. Jadi para calon mahasiswa itu suka posting meme dan gambar yang mengarah pada pornografi dan mengejek ras tertentu. Nggak tanggung-tanggung, akibat aktivitas “konyol” di medsos tersebut hilang lah tiket emas kuliah di perguruan tinggi top.

QS World University Rankings 2017-2018, Peringkat Universitas Terbaik Dunia. Cek Posisi Perguruan Tinggi Indonesia!

QS World University Rankings adalah lembaga yang memberikan penilaian pada berbagai perguruan tinggi di dunia untuk menentukan ranking mereka. Komponen penilaiannya antara lain reputasi akademik, reputasi lulusan perguruan tinggi di dunia kerja, serta publikasi, riset dan jurnal yang dikeluarkan kampus. Nah, QS World University Rankings mengeluarkan ranking perguruan tinggi 2017-2018 secara keseluruhan serta peringkat berdasarkan bidang studi. Di antaranya sebagai berikut:

10 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia Bidang Teknik dan Teknologi

(Program studi: Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Pertambangan, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, dll)

  1. Massacusetts Institute of Technology, AS
  2. Standford University. AS
  3. University of Cambridge, AS
  4. Nanyang Technological University, Singapura
  5. ETH Zurich Federal Institute of Technology, Swiss
  6. Imperial College London, Inggris
  7. National University of Singapore
  8. University of California, Berkeley
  9. University of Oxford
  10. Tshingua University, China

Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia

Cek bidang studi lainnya, plus peringkat kampus terbaik secara keseluruhan tahun 2018.

Sistem Zonasi Penerimaan Siswa Baru 2017-2018. Mendikbud: “Semua Sekolah Harus Jadi Favorit!”

Mulai tahun 2017-2018, pemerintah menetapkan sistem zonasi untuk penerimaan siswa baru, alias hanya menerima siswa yang berdomisili sesuai zona wilayah sekolahnya. Zonasi ini merupakan upaya pemerataan pendidikan. Kebayang ‘kan, kalau hanya beberapa sekolah yang jadi incaran siswa dari berbagai wilayah? Ujung-ujungnya, yang nilainya bagus bakal masuk sekolah yang dianggap unggulan. Sementara Pak Muhadjir Effendy menginginkan supaya semua sekolah menjadi favorit, “Semua sekolah harus jadi sekolah favorit. Semoga tidak ada lagi sekolah yang mutunya rendah.” Lebih lanjut soal sistem zonasi peserta didik baru bisa kamu baca pada artikel lengkapnya.

Pemimpin Ekstrovert VS Pemimpin Introvert, Lebih Baik yang Mana?

Menurut kamu lebih baik Pemimpin yang ekstrovert atau introvert?

Ada yang bilang bahwa pemimpin ekstrovert lebih baik dibanding pemimpin introvert karena mereka jago berbicara. Ada juga yang berpendapat sebaliknya. Menurut mereka, pemimpin introvert merupakan penyusun strategi andal. Trus, gimana dong? Sebelum mengambil kesimpulan, telusuri dulu karakter dan plus-minus orang tipe ekstrovert dan introvert

5 Perguruan Tinggi Swasta Favorit, Cek Info Biaya Kuliah dan Lainnya

Jadi, para pelajar mengisi kampus pilihan mereka di Youthmanual. Cek 5 kampus yang jadi favorit.

Universitas Bina Nusantara‍ (BINUS)‍

BINUS berawal dari lembaga kursus komputer di tahun 1974, kemudian menjadi akademi komputer dengan jurusan pertama Manajemen Informatika. Sekarang, kampus yang resmi menjadi universitas di tahun 1996 ini,  nggak hanya punya program komputer tapi juga berbagai jurusan lain seperti Ekonomi, Sastra, dan Desain.

Program yang ditawarkan

Jadwal pendaftaran

Pendaftaran sampai dengan 16 Juni,2017.  Tes: 18 Juni 2017

Biaya S1 Reguler

Total biaya: Rp121,000,000 – Rp173,000.000

Kata mereka:

“Jangan macam-macam sama peraturan di BINUS, khususnya yang bidang akademis. Sebab konsekuensinya berat. Trus, buat yang suka bawa kendaraan khususnya mobil, ‘good luck’ cari parkiran.” - Danita Syhfira, Mahasiswa Manajemen

“Di BINUS nggak boleh ngerokok di sekitar kampus. Trus, jangan coba-coba pakai sandal ke kampus! Rata-rata komunikasi dalam lingkungan kampus menggunakan bahasa asing. Entah itu Inggris, Jepang, atau Mandarin.  Di sini juga sangat disiplin waktu. Saat ujian harus on time, telat hitungan detik pun nggak boleh masuk.” - Izqadinda Nurhaliza, Mahasiswi Psikologi

Apa saja 4 kampus lainnya? Simak artikel lengkapnya, ya.

(sumber gambar: qsuniversityranking, tracomcorp.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 4 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©