Kegiatan-Kegiatan Sederhana Tapi Penuh Manfaat Untuk Liburan Akhir Tahun Kamu

Siapa yang liburan akhir tahunnya nggak kemana-mana? Sama dooooong… *lap aer mata* Tenang aja, gaes, Youthmanual punya beberapa pilihan kegiatan untuk menutup akhir tahun kamu. Kegiatan-kegiatan ini memang kayaknya sederhana, tapi sebenarnya membawa banyak manfaat buat jiwa dan raga kamu. Ah, maca ciiih? Cekidot!

Beberes!

Liburan di rumah 2 - Youthmanual

Menurut situs about.com, membersihkan dan merapikan barang-barang bisa menjadi stress reliever, alias pereda stres. Soalnya proses beberes itu memberikan efek therapeutic dan meditatif, sehingga bikin kita lebih rileks setelahnya.

Lagipula, akhir tahun adalah waktu yang tepat buat memilah barang-barang mana aja yang masih bisa dipakai, dan mana yang sudah waktunya disingkirkan. Bukan cuma barang-barang, lho. Kita juga perlu memikirkan siapa aja orang-orang yang perlu dipertahankan di dalam hidup kita dan siapa yang nggak.

Setalah dibersikan dan dirapikan, tinggal garage sale, deh, tahun depan! Uhuy!

Beraktifitas di luar rumah

Liburan Youthmanual 1

Meskipun nggak punya rencana kemana-mana selama liburan, bukan berarti kamu harus ngendon di dalam kamar aja. Kamu bisa melakukan berbagai aktifitas outdoor supaya badan tetap segar.

Coba bersepeda keliling komplek, berdoa di tempat ibadah terdekat, main ke tetangga, atau bantuin ibu bapak menata taman. Biasanya setiap pulang sekolah atau kuliah, kamu pasti langsung masuk kamar ‘kan? Nah, liburan akhir tahun adalah kesempatan yang oke untuk lebih mengenal lingkungan rumah kamu.

Mendekatkan diri dengan anggota keluarga dan teman

Liburan Youthmanual 2

Saat liburan akhir tahun, pasti semua anggota keluarga kamu ngumpul, dong? Nah, ini adalah kesempatan kamu untuk spend quality time dengan mereka. Bisa dengan cerita-cerita tentang kesibukan kamu di sekolah atau di kampus sambil minta wejangan sama orang tua atau kakak-kakak. Percaya, deh, quality time bareng keluarga adalah saat-saat yang bakal kamu kangenin ketika kamu udah terlalu sibuk nanti.

Kamu juga bisa mengisi liburan akhir tahun dengan menghubungi teman lama. Mungkin kamu punya teman masa kecil atau teman yang sekarang sudah tinggal di beda kota atau beda negara? Kirim e-mail agak panjang atau hubungi mereka langsung lewat telepon. Networking dan hubungan baik harus dipelihara dari usia muda, gaes! Siapa tahu mereka bakal jadi jembatan kesuksesan kamu… atau jembatan jodoh kamu. #eaaa

Belajar skill baru atau pertajam skill yang sudah kamu miliki

Liburan Youthmanual 3

Liburan akhir tahun bisa kamu gunakan untuk belajar melukis, bermain alat musik, memasak, atau mempertajam kemampuan kamu di bidang apapun. Caranya? Bisa dari buku how-to, internet atau belajar dari anggota keluarga.

Saya sendiri berencana mengisi liburan akhir tahun dengan membuat rak buku dan menjahit tas dari bahan kanvas. Saya belum pernah melakukan keduanya, dan boro-boro tahu caranya, but I will find out! *tonjok udara penuh semangat*

Last but not least, rileks!

Liburan Youthmanual 4

Segudang aktifitas kampus dan kewajiban kuliah sering bikin kamu lupa istirahat. Maka pada liburan kali ini, mungkin kamu harus rileks habis-habisan—puas-puasin ngedengerin musik kesukaan, maraton acara TV favorit, atau tidur dengan cukup.

Merenung tentang satu tahun ke belakang dan membuat rencana yang lebih baik untuk tahun depan juga akan bikin kamu lebih siap mengawali tahun 2016. Jangan lupa untuk mempraktekkan sikap-sikap penting di usia muda and be ready for more success ya, gaes!

(sumber foto: thehoopla, hercampus, citizentimes, pecsma)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1