Merasa Akun Instagram Kamu Kurang Menarik? Mungkin Ini Penyebabnya!

“Kok Instagram gue gini-gini aja, ya…” Pernah punya pikiran begitu? Mungkin pernah, ya. Apalagi hari gini, makin banyak aja akun Instagram dengan feed super keren yang mendapat ratusan likes di setiap post-nya. Langsung, deh, kamu miris melihat akun Instagram kamu sendiri, yang jadi terlihat sangat jauh dari kata menarik. Yaaah, ciyan…

Tapi kenapa, sih, sebuah akun Instagram bisa terlihat “kurang menarik”? Menurut pengamatan saya, ini beberapa penyebabnya.

1. Punya lebih banyak “following” daripada “followers

Mungkin kamu kira jumlah following (bukan jumlah followers, ya) nggak ada pengaruhnya dengan daya tarik sebuah sebuah akun Instagram.

Salah, sob.

Sebenarnya, kebanyakan following daripada followers bisa membuat kesan pertama orang terhadap akun Instagram kamu jadi negatif. Kenapa? Karena orang jadi mikir kalau kamu akun Instagram kamu nggak dikelola dengan konsisten dan “serius”, sampai-sampai nggak banyak orang yang mau follow.

Apalagi kalau jumlahnya jomplang banget. Misalnya, kamu mem-follow 3,000 akun, tapi yang follow kamu cuma 5 akun. Trus, jumlah postingan kamu juga cuma belasan. Eaaaa… kamu pasti langsung di-cap akun palsu, yang diciptakan cuma buat kepo-kepo atau nge-troll!

Alangkah lebih baiknya kalau jumlah following dan followers akun kamu diseimbangkan, supaya nggak mengesankan bahwa kamu lebih sibuk mengikuti akun-akun lain, daripada me-maintain eksistensi dan kualitas akun kamu sendiri.

2. Inappropriate photos anywhere

Inappropriate photos itu misalnya selfie berlebihan, foto-foto nggak bermakna, serta foto-foto yang bukan pada tempatnya. Emangnya kenapa, sih, foto-foto begitu bisa bikin akun Instagram jadi kurang menarik?

Well, too much selfies bakal bikin image kamu jadi narsis, sementara foto-foto nggak bermakna bakal bikin orang mikir kalau kamu cuma asal nge-post tanpa melihat estetika dari foto itu sendiri. Istilahnya, cuma mengeluarkan “stok foto” untuk di post.

Foto yang bukan pada tempatnya—alias foto kapan aja, dimana aja, tanpa melihat fotonya bagus atau nggak—juga  bakal bikin orang menganggap kamu “narsis kamera” atau bahkan “banci foto”. Jangan mau, sob!

3. Caption nggak nyambung

Walaupun misalnya kamu selalu malaaaas membuat caption, suka nggak suka, caption juga berpengaruh, lho, dalam membuat akun Instagram kamu jadi menarik. Pasalnya, caption memang merepresentasikan foto itu sendiri. Nah, kalau caption-nya nggak berhubungan sama fotonya, gimana post-nya mau dibilang bagus?

Kalau bingung mau nulis caption apa, amannya, sih, cantumkan aja quotes-quotes singkat. Tapi quotes-nya yang berhubungan sama fotonya, ya.

4. Borong hashtag demi likes

Kalau kamu suka pasang belasan hashtag di masing-masing postingan kamu, hal ini sebenarnya bikin ilfil, lho. Soalnya “borong” hashtag dalam caption ataupun komen begini cenderung mengganggu keindahan post Instagram kamu.

Tips saya, kalau mau pakai hashtag, pergunakanlah hashtag yang berhubungan dengan post-nya, dan jumlahnya nggak lebih dari tiga.

Sebenarnya hashtag memang bisa berguna untuk membuat suatu post menjadi viral, serta memudahkan tracking suatu post. Tapi kalau akun Instagram kamu adalah akun pribadi biasa, kurangin, deh, penggunaan hashtag yang berlebihan.

Kalau kamu memasang banyak hashtag demi mendapatkan banyak likes, di appstore ada banyak aplikasinya, lho. Cara kerja aplikasi ini adalah chain-liking. Jadi ketika kamu me-like post orang, post kamu baru akan mendapat like juga.

5. Editan foto kurang oke

Nah, ini juga bisa jadi alasan kenapa feed Instagram kamu kurang menarik.

Mungkin hasil bidikan foto kamu bagus, tapi editing-nya cenderung kurang se-ons, sob, sehingga hasil foto-fotonya tampak datar. Padahal sekarang ‘kan ada banyak banget aplikasi photo-editing yang gratis dan punya keunggulan masing-masing, mulai dari VSCO, Snapseed, Lightroom, atau Afterlight.

Nah, coba, deh, latihan mengedit foto-foto kamu sebelum di-post di Instagram, sehingga hasilnya “cetar”.

***

Itulah beberapa hal yang bisa membuat Instagram kamu terlihat kurang menarik. Jangan lupa, Instagram is all about building your own image. Hari gini, kalau kamu melamar pekerjaan (atau melamar cintanya seorang cewek… alias pedekate, sob!), HRD atau cewek yang bersangkutan mungkin banget nge-kepo-in Instagram kamu dulu, untuk tahu image awal dan gambaran kepribadian kamu.

Jadi sebaiknya akun Instagram kamu dibuat lebih menarik. Siapa tau ujung-ujungnya jadi banyak yang endorse?

Good luck!

(sumber gambar: giphy.com, flickr.com, hubspot.com, usmagazine.com, digitlspy.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1