10 Pilihan Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Nggak Suka Bekerja Di Balik Meja

Dunia kerja emang identik dengan sesuatu yang kaku dan formal. Bener, nggak?

Ketika kamu diminta untuk membayangkan seperti apa dunia kerja itu, pasti deh, yang terlintas di pikiran kamu berupa satu ruangan penuh cubicle yang dipenuhi oleh orang-orang berkemeja rapi yang saling menunduk di balik meja kerjanya. Dan bagi sebagian orang, bisa jadi bayangan seperti ini bukanlah bayangan dunia kerja idamannya.

Atau mungkin… termasuk kamu?

Kalau iya, jangan khawatir! Hal ini sah-sah aja, kok. Artinya, kamu lebih menyenangi kerja lapangan atau area yang luas yang memperbolehkan kamu bergerak lebih leluasa, dan lebih senang berurusan dengan mesin ataupun hal yang melibatkan lingkungan dibanding harus berdiam diri di tempat yang sama terus menerus di tempat yang penuh keramaian.

Nah, jika kamu sudah menyelesaikan modul minat di Youthmanual, kamu termasuk dalam tipe The Practical Doer dalam spektrum kepribadian RIASEC. Dan jurusan kuliah yang cocok menjadi pilihan kamu adalah…

1. Arkeologi‍ 

arkeologi

Arkeologi akan menuntun kamu untuk memperoleh pemahaman tentang sejarah, terutama peradaban kuno di mana masyarakat masih belum mengenal huruf dan angka, sehingga catatan mengenai masa itu masih terbatas. Meskipun profesi ini di Indonesia memang kurang populer, Indonesia sendiri sangat kaya dengan situs-situs peninggalan bersejarah yang mungkin masih belum dieksplorasi.

2. Dokter Hewan‍ 

Kalau kamu menyukai segala hal tentang hewan atau ingin mempelajari bagaimana sebuah penyakit dari hewan bisa menjadi membahayakan, pas banget, nih, pilih jurusan ini. Selain itu, buat kamu yang senang akan analisis dan penelitian tentang mahluk hidup atau ingin mengetahui siklus hewan (yang tentunya kudu datang langsung ke habitatnya!) juga cocok untuk mendalami ilmu di jurusan satu ini.

3. Teknik Metalurgi‍ 

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari sifat-sifat kimia yang terkandung dalam logam. Dari kandungan kimia tersebut, para mahasiswa akan memahami fungsi masing-masing jenis logam untuk kehidupan sehari-hari. Meskipun Teknik Metalurgi kalah populer dengan jurusan-jurusan teknik lain, tapi kamu bisa memilih jurusan ini karena prospek kariernya tak kalah menjanjikan jika dibandingkan dengan jurusan teknik yang lain, lho!

4. Pendidikan Kepolisian‍ 

Pendidikan Kepolisian adalah sistem pendidikan yang bertujuan untuk membentuk masyarakat umum terpilih untuk menjadi Personel Kepolisian Negara Republik Indonesia. Kalau kamu ingin terjun langsung untuk membantu menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di negara kita dengan menjadi seorang polisi, kamu wajib mengambil Pendidikan Kepolisian.

5. Budidaya Perairan‍ budidaya perairan

Jurusan ini mempelajari tentang perairan yang mencakup Biologi, Fisika, dan Kimia perairan. Selain mempelajari air secara lebih mendalam jurusan ini juga mengarahkan mahasiswanya untuk mendalami dunia perikanan mulai dari hukum tentang perikanan, penyakit ikan, teknologi pembenihan ikan, dan juga budidaya perikanan. Karena geografis Indonesia dengan 70% wilayahnya adalah laut, lulusan jurusan ini pasti dibutuhkan banget, dong!

6. Radiologi‍ 

Radiologi merupakan ilmu kedokteran untuk memindai dan mendiagnosis bagian dalam tubuh manusia dengan menggunakan sinar-X, baik berupa gelombang elektromagnetik atau gelombang mekanik. Dengan kemajuan teknologi kedokteran yang lebih modern, radiologi tak hanya mengoperasikan alat penelitan dengan sinar-X, tapi juga ultasonik seperti ultranonography (USG) dan magentic resonance imaging (MRI).

7. Pengelolaan dan Pemberdayaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan ‍ 

Jurusan Pengelolaan dan Pemberdayaan Sumber Daya Alam mengajarkan bagaimana untuk memaksimalkan dan melindungi sumber daya alam yang terbatas dan tentunya lingkungan hidup kita. Selain itu, jurusan ini mengajarkan kita untuk menganalisa dan memecahkan masalah sumber daya alam yang terbatas dan lingkungan hidup melalui ilmu biologi, kimia dan ilmu lingkungan.

8. Teknik Mesin‍ 

Mahasiswa jurusan Teknik Mesin akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin, sehingga kamu harus memperdalam kemampuan pada beberapa cabang ilmu teknik mesing, seperti mekanika, kinematika, teknik material, termodinamika, serta perkembangan teknologi. Jika kamu menyukai mesin dan hal-hal yang berkaitan dengan mekanika, kamu bakalan cocok banget dengan jurusan satu ini.

9. Penerbangan (Pendidikan Pilot)‍ 

sekolah penerbangan

Penerbangan merupakan salah satu program studi di Sekolah Pilot yang difokuskan untuk calon tenaga penerbang berkualifikasi yang membawa pesawat terbang. Perkuliahan dijalani selama sekitar 2 tahun (4 semester), yang terbagi dalam pendidikan akademis, pelatihan, dan sesi terbang. Jurusan ini dipilih oleh orang yang ingin menjalani profesi sebagai pilot/penerbang pesawat dan berkarier di industri penerbangan, dan nggak betah kerja di belakang meja, hihihi.

10. Agroekoteknologi‍ 

Kalau kamu menyukai bidang botanikal dan mempelajari tumbuh-tumbuhan serta pertumbuhan dan pengolahannya, terlebih jika kamu gemar memperhatikan kelestarian lingkungan dan suka berinovasi guna meningkatkan produksi dan pengolahan hasil tanaman, jurusan Agroekoteknologi bakal cocok banget untuk kamu. Soalnya, kamu akan diajarkan untuk berinovasi guna membawa pertanian Indonesia ke arah modern yang berkelanjutan, baik dari sisi sosial, budaya, ekonomi, lingkungan dan teknologi. Saik!

(sumber gambar: cloudfront.net, bradford.ac.uk, wp.com, faspilotacademy.aero)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 14 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1