2+1+1 = Terobosan Perkuliahan BINUS UNIVERSITY

Apa  yang membedakan kuliah di BINUS dengan di kampus lain? BINUS UNIVERSITY punya program 2+1+1 untuk mahasiswanya, yang menjadikan perkuliahan makin seru, lebih kaya pengalaman, dan kegiatannya nggak hanya di kelas. Program 2+1+1 ini merupakan salah satu terobosan di dunia pendidikan tinggi Indonesia, lho. Seperti apa, ya?

Apa Itu Program 2+1+1 BINUS UNIVERSITY

Di kebanyakan perguruan tinggi kamu akan menempuh pendidikan sarjana selama sekitar 4 tahun. Mengumpulkan kredit dengan menjalani kuliah di kelas dan mengerjakan skripsi di tahun terakhir. Pengalaman di BINUS UNIVERSITY akan berbeda karena program 2+1+1.

Program 2+1+1 ini dimulai setelah mahasiswa menjalani perkuliahan selama 2 tahun. Ketika itu fase menjadi maba sudah dilalui. Mahasiswa juga sudah mengenal kampusnya, bahkan bisa jadi mulai jenuh karena rutinitas. Inilah saat yang tepat untuk melakukan sesuatu dengan berbeda. 

Mahasiswa BINUS UNIVERSITY bisa mengikuti program 2+1+1 yang terdiri dari beberapa bagian:

* Mobility program

Setelah 4 semester berkutat dengan perkuliahan, BINUSIAN atau mahasiswa BINUS UNIVERSITY dapat mengikuti perkuliahan dari kampus yang berbeda. Jadi selama 1 tahun, mahasiswa yang memilih mobility program akan kuliah di kampus BINUS UNIVERSITY di kota yang berbeda, dengan studi yang sama.

Bayangin deh, kamu bisa menemukan teman dan suasana yang baru. Pasti banyak pula pengalaman dan ilmunya.

* Minor program

Kalau kuliah di Amerika Serikat, biasanya mahasiswa mengambil major dan minor. Major alias prodi utama yang diambil dan minor untuk studi lain yang juga dipelajari walau nggak sedalam yang “major”. Jadi, mahasiswa bisa lintas ilmu dengan kuliah di prodi lain yang menjadi minor. Program ini bersifat opsional, sehingga mahasiswa bisa memilih antara minor program atau ikutan program streaming. Apa lagi tuh? Cek poin berikutnya, ya.

* Streaming

Streaming adalah kegiatan yang mempelajari pengetahuan spesifik, untuk memperdalam ilmu sesuai prodi yang diambil. Pengetahuan spesifiknya biasanya terkait dengan perkembangan zaman. Yup, pengetahuan kan, sifatnya dinamis. Jadi selain ada ilmu dasar, tentu ada pengetahuan terkini sesuai kebutuhan di masanya.  

* Free elective

Adapula pemilihan mata kuliah bebas di luar bidang studi yang diambil saat ini. Sehingga Mahasiswa bisa memiliki keterampilan baru, di samping bidang ilmu yang dipelajari saat ini

 * Enrichment Program

Memasuki semester 7, mahasiswa bisa mengikuti enrichment program yang umumnya berlangsung selama 2 semester hingga akhir semester 8. Ini 7  pilihan kegiatan enrichment program:

  1. Penelitian. Maksudnya adalah penelitian ilmiah yang terkait dengan studi yang diambil. Seperti yang kamu tahu dunia pendidikan lagi gencar meningkatkan penelitian. Di sisi lain, penelitian bisa menjadi karya sekaligus sumbanganmu untuk kemajuan ilmu.
  2. Pengabdian sosial. Kamu juga bisa ikutan volunteer kegiatan sosial kemasyarakatan atau turut menginisiasi kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Merintis usaha. Membuka dan menjalankan usaha juga bisa jadi pilihan enrichment program. Program ini cocok banget untuk kamu yang ingin berwirausaha.
  4. Studi ke luar negeri. BINUS UNIVERSITY juga membuka kesempatan untuk mencari pengalaman dengan mengambil studi di luar negeri.
  5. Magang kerja. Magang juga bisa menjadi pilihan program kamu. Dapat ilmu sekaligus pengalaman bekerja.
  6. Further Study. Memperdalam ilmu dengan menempuh studi lanjut s2 yang tersedia di BINUS UNIVERSITY
  7. Micro credential. Pembelajaran bersertifikat untuk memperkuat keterampilan dan meningkatkan relevansi antara perguruan tinggi dengan industri dunia usaha dan dunia kerja. Sertifikat yang diberikan pada program ini sesuai dengan skill yang dibutuhkan pada profesi pekerjaan tertentu yang dicari industri saat ini.

Pilihan kegiatan dalam enrichment prorgam beragam dan semua memberikan banyak manfaat. Jadi kamu bisa memilih yang paling tepat untukmu.

Keuntungan Program 2+1+1 BINUS UNIVERSITY

Apa kata BINUSIAN mengenai program 2+1+1 yang mereka jalani?

"Gue ikut enrichment program track entrepreneurship karena ingin mencoba berbisnis sesuai passion. Produk yang dibuat adalah game (pengembang game). Manfaat dari program ini antara lain mendapat networking, bertemu coach yang mantap (kompeten), serta menambah ilmu dan skill baru. Bukan hanya skill coding, tapi juga kemampuan marketing.” Kevin Jaya Wiguna, Computer Science’

 

“Aku memilih track study abroad karena ingin merasakan tinggal di negara lain serta belajar di universitas luar negeri. Aku mengambil studi di Korea Selatan selama 1 semester. Aku mendapatkan banyak manfaat, seperti bertemu dengan mahasiswa dari berbagai negara, menambah relasi, dan mempelajari bahasa serta kultur baru. Memang, ada berbagai dokumen dan hal yang perlu disiapkan `untuk ikut study abroad, tapi jalani saja semua.” Vera Angelina, Information Systems

“Dengan mengikuti mobility (kuliah di kampus lain, dari Bandung ke Jakarta) selama setahun, pengalaman dan koneksi gue bertambah. Selain itu program ini juga mendorong gue untuk menjadi lebih mandiri. Hard skill juga makin terasah.” Yonatan Halim, DKV BINUS UNIVERSITY Bandung

Jika dirangkum, inilah 10 manfaat yang bisa mahasiswa dapatkan dari program 2+1+1.

1. Tidak jenuh, karena banyak variasi program dan kegiatan perkuliahan. Mulai dari mobility, lintas ilmu (minor program), magang, penelitian, studi di luar negeri, buka bisnis, dan lain sebagainya.

2. Beragam pengalaman ini bisa ditulis di CV kamu dan menjadi modal pengalaman ketika nanti mencari kerja.

3. Yang lebih penting daripada CV adalah pengalaman yang diperoleh dari program 2+1+1 ini. Yup, pengalaman merupakan “dosen” yang sangat baik.

4. Ilmunya pun jadi lebih luas dan mendalam lewat berbagai program yang diikuti. Tentunya skill jadi meningkat, terutama jika mengikuti kagiatan magang atau membuka usaha.

5. Daya saing dan kemampuan kolaborasi tinggi. Misalnya, dengan mengikuti kegiatan seperti mobility program, kamu bisa melakukan studi banding dengan mahasiswa dari daerah lain. Kamu juga bisa bekerja sama atau belajar bareng mereka. Sehingga kemampuan kalian sama-sama meningkat.

6. Jejaring alias networking kamu jadi luas, baik dengan sesama mahasiswa, mentor, senior, hingga koneksi ke para professional di bidangnya.

7. Kegiatan seperti penelitian akan menjadi nilai plus bagi kamu di dunia akademik. Apalagi jika penelitian kamu tembus jurnal ilmiah internasional.

8. Membuka banyak kesempatan baru. Menjalani program 2+1+1 dengan baik bisa membuka banyak pintu kesempatan untukmu, seperti mendapatkan pekerjaan, beasiswa, membuka usaha, menghasilkan karya yang bisa dikembangkan jadi bisnis, dan lain sebagainya.

9.  Lebih mandiri. Berbagai program di atas menuntut kamu untuk bisa mandiri.

10. Lebih siap menghadapi dunia kerja/usaha setelah lulus, karena kamu sudah pernah magang/melakukan pengabdian masyarakat/merintis usaha/melakukan penelitian dan lainnya.

Program 2+1+1 BINUS UNIVERSITY telah cukup lama dijalani BINUSIAN. Menariknya, kini pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan program Kampus Merdeka yang memiliki semangat yang sama untuk diterapkan di semua kampus Indonesia. Alhasil bisa dibilang bahwa BINUS UNIVERSITY terdepan dalam penerapan terobosan perkuliahan melalui program 2+1+1. Keren!

(Sumber gambar: Gerd Altmann Pixabay)

LATEST COMMENT
Zanita Safitri | 20 jam yang lalu

Bismillah masuk farmasi

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
Naufal Ganteng | 1 hari yang lalu

Sama gua juga ijin ke guru Dan guru nya izinin

Perlu, Nggak, Sih, Pelajar Bawa Kendaraan Pribadi Ke Sekolah?
Siti Nur Halimah | 2 hari yang lalu

Halo, izin bertanya, Kak! Jika lulusan SMK mendaftar UTBK SBMPTN dengan pilihan prodi SAINTEK, apakah UTBK-nya hanya SAINTEK/IPC? Terima kasih

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Ariel Mickey | 3 hari yang lalu

Permsi min saya mau nanya, kalau kategori nya B terus seseorang dapat C+ Itu diajukan remedial nggak min Terimakasih.

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
Dasri Dsr | 6 hari yang lalu

Nah klo tipe pelajar bunglon bagaimana biar efektif belajarnya sedangkan mood itu susah bgt diaturnya

Tipe Pelajar Macam Apakah Kamu? Cari Tahu Di Sini, Supaya Cara Belajar Kamu Nggak Sia-Sia!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1