Bedah Faculty of Economics and Communications BINUS UNIVERSITY

Ilmu bidang Komunikasi dan Ekonomi sangat dibutuhkan di dunia industri. Kamu yang tertarik belajar dan berkarier di bidang ini perlu mengecek pilihan prodi yang ada di Faculty of Economics and Communications BINUS UNIVERSITY. BINUS UNIVERSITY sendiri nggak hanya memberikan pengetahuan dan skill pada mahasiswanya. Ada pula materi kewirausahaan sesuai bidang perkuliahan. Nah, inilah program studi yang ada di Faculty of Economics and Communications BINUS UNIVERSITY.

Marketing Communication

Secara umum, tujuan perusahaan adalah menjual. Bisa berupa barang, jasa, atau kampanye tertentu. Dalam penjualan ada dua aspek kunci: pemasaran dan komunikasi. Nah, inilah yang dipelajari dalam prodi Marketing Communication. Kemampuan berkomunikasi dan pemasaran dipelajari dari yang paling dasar hingga soal teknologi digital. Yup, sebab Marketing Communication perlu mengikuti perkembangan zaman.

Jika masuk prodi ini, ada 2 konsentrasi yang bisa kamu pilih. Pertama Corporate Communications yang mempelajari strategi komunikasi internal dan eksternal. Kedua konsentrasi Brand Communications yang mempelajari strategi komunikasi yang tepat dan efektif untuk sebuah brand.

Contoh mata kuliah: Strategic Brand Management, Public Relations Management, Digital Public Relations, Event Management, Crisis and Reputation Management, Writing for Branding, Integrated Marketing Communication

Prospek Karier: Tim marketing communication perusahaan, humas, tim corporate communications, konsultan komunikasi, spesialis media, humas departemen pemerintahan, EO, Spesialis Hubungan Komunitas, Brand Consultant, dan lainnya.

Kata alumni: “(Prodi) Marcomm Binus mengajarkan saya untuk percaya diri dan yakin dalam mengejar cita-cita,” Rizki Darmansyah, alumni.

Komunikasi/Komunikasi Massa

Di prodi ini kamu akan belajar mengenai komunikasi dan penyiaran. Materinya antara lain teori  komunikasi, pra produksi, produksi, dan pasca produksi di media massa. Terdapat 2 peminatan di prodi Komunikasi yakni Journalism Broadcasting yang mempelajari program jurnalistik dan Creative Broadcasting yang mempelajari mengenai program kreatif seperti drama, musik, dan lainnya. Lulusannya diharapkan bisa mengimplementasikan teori komunikasi, membuat analisa komunikasi,  hingga memproduksi program di berbagai media.

Contoh mata kuliah: Statistics in Communication Context, Intercultural Communication, Media Convergence, Organizational Communication, Editing for Multimedia, Digital Broadcasting Program, Media Promotion & Marketing in Multimedia

Karier: Producer of TV/Radio, penyiar radio, konsultan media massa, presenter, TV/Radio reporter, digital media specialist, multimedia specialist, content creator.

Kata alumni: “Kuliah di Jurusan Komunikasi fun banget. Banyak banget belajar mengenai skill presentasi serta cara berkomunikasi yang baik dan benar. Dan itu bisa diimplementasikan di pekerjaan saya sekarang, di mana saya harus presentasi setiap hari.” Michael Cornelius, alumi.

Public Relations

Public Relations merupakan salah satu prodi di bidang komunikasi yang mempelajari kemampuan mengkomunikasikan pesan dan imej dari suatu produk, institusi, ataupun personal. Selain skill komunikasi, dipelajari juga cara menganalisa dan menyusun strategi komunikasi. Mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan dan keahlian teknologi yang berhubungan dengan dunia humas dan branding. Prodi Public Relations dibuka di BINUS Malang.

Contoh mata kuliah: Crisis Management, Corporate Social Responsibility, Social Design Thinking, Consumer and Audience Analytics, SEM and SEO Management, Public Relations Photography, dan Visual Design

Peluang karier: PR perusahaan/institusi, konsultan PR, staf corporate communication, bagian media relation, social media specialist, dan lainnya, agensi iklan.    

Finance

Ilmu keuangan, akuntasi, serta fin-tech (financial technology) merupakan inti dari apa yang dipelajari di prodi ini. Mahasiswa dibekali dengan skill ketiga bidang tersebut sehingga dapat menganalisa dan melakukan investasi serta menyusun langkah keuangan. Mahasiswa juga mempelajari tren fin-tech dan perkembangannya.

Contoh mata kuliah: Financial Audit, Financial Accounting, Corporate Financial Management, Lab Trading Simulation, International Finance, Entrepreneurship: Market Validation, dan Big Data Analytics in Financial Service.

Peluang karier: Analis keuangan, analis investasi, equity analyst, broker and dealer, banker, analis risiko, treasurer, dan Auditor.

Kata alumni: “BINUS UNIVERSITY terbukti total dalam mengembangkan jurusan Finance. Mulai dari materi pembelajaran yang aplikatif hingga kegiatan jurusan yang membuka kesempatan bagi mahasiswa mengasah pola pikir serta kreativitas. Antara lain lewat kegiatan seminar, praktek entrepreneurship dan kesempatan mengikuti kompetisi tingkat nasional maupun internasional.

(Selain itu) Dengan program 3+1 saya berkesempatan menyelesaikan studi saya selama 3,5 tahun serta pengalaman magang. (Hal tersebut) menjadi jembatan saya berkarier di dunia pasar modal saat ini.” Caroline Claudia Christy, alumni

Tourism

Pariwisata Indonesia punya potensi yang besar apabila dikelola secara profesional. Nah, prodi ini mempersiaapkan siswa untuk terjun di bisnis pariwisata, baik sebagai pekerja professional ataupun senagai pengelola usaha pariwisata. Ada 3 hal utama yang dipelajari di prodi ini yaitu: Inovasi dan usaha pariwisata, Perancangan pariwisata, serta manajemen dan pelayanan pariwisata. Pariwisata termasuk prodi baru dalam prodi baru BINUS UNIVERSITY yang dibuka sejak 2015 lalu.

Contoh mata kuliah: Tourism Heritage, Tourism Law and Regulation, Tourism Economics,  Hospitality Knowledge, Statistics, Tourism Marketing, Ecotourism and Sustainable Development, Digital Media for Tourism, Travel Behaviour, Travel Industry.

Peluang karier: Penulis travelling, tour leader, pengusaha pariwsiata, pengelola tempat wisata, konseptor wahana wisata, bekerja pada pemerintah.  Entrepreneur in Tourism, Tourism Destination Planner, Tour & Travel Manager, Event Planner, Tourist Career, Attraction Manager, Travel Writter,  Tour Leader, Tourism Marketer, Event Organizer, Resort Activities Conceptor, Pegawai Pemerintahan Bidang Pariwisata, konsultan travel

Taxation

Prodi Taxation atau Perpajakan secara umum mempelajari 3 hal. Pertama, akuntansi, dimulai dari akuntansi dasar, akuntansi perpajakan, akuntansi manajerial, sistem informasi akuntansi, ilmu auditing, dan lainnya. Kedua, mempelajari perencanaan dan strategi pajak baik di dalam negeri maupun skala internasional.  Ketiga, mempelajari teknologi perpajakan, seperti aplikasi untuk pajak.

Dalam perkuliahan, Prodi Taxation menerapkan pendekatakan case based learning, alias pembelajaran berbasis kasus, untuk mengasah kemampuan analisa mahasiswa.

Peluang karier: Konsultan Pajak, Ahli Pajak Perusahaan, Ahli Transfer Pricing (Transfer Pricing Special) Perencana Pajak Dalam Negeri & Internasional (Domestic &Internasional Tax planner)

Accounting

Akuntansi merupakan prodi yang banyak digemari, dan banyak pula kampus yang memiliki program ini. Nah, prodi Akuntansi BINUS Univers itu berkolaborasi dengan beberapa institusi antara lain, Indonesian Institute of Accountants (IAI Global), Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI), Ditjen Pajak, Chartered Institute of Management Accountants (CIMA), Institute of Chartered Accountant in England and Wales (ICAEW), Association of Chartered Certified Accountants (ACCA), CPA Australia, and lainnya. Ada juga prodi Akuntansi (Teknologi), yang memperdalam studi teknologi.

Contoh mata kuliah: Managerial Accounting, Financial Modeling Laboratory, Manajemen Audit, Taxation Accounting, Public Sector Accounting, Internal Audit.

Peluang Karier: Akuntan publik, akuntan untuk perusahaan, akuntan untuk negara, perencana keuangan, auditor, analis keuangan, auditor sistem akuntansi, dan Capital Market Analyst

Kata alumni: “Program 3+1 (3 tahun di Kampus dan 1 tahun Enrichment program pilihan yaitu magang) sangat membantu saya untuk dipersiapkan dalam dunia kerja. Kita (mahasiswa) mendapatkan kuliah_ tidak hanya  dalam kampus, namun juga mendapatkan pendidikan luar kampus yang dapat mengembangkan soft skill mahasiswa. Sehingga ketika lulus, kita sudah memiliki pengalaman serta hard skills dan soft skills yang memadai.” Ilham Ramadan, alumni.

Program Diploma

Selain program S1, Faculty of Economics and Communications BINUS UNIVERSITY juga memiliki program diploma yaitu Business Hotel Management dan Hotel Management.

Secara umum, prodi tersebut mempelajari seluk beluk praktik usaha perhotelan. Ada 2 penjurusan yang bisa dipilih yaitu Culinary Art dan Hotel Operation Services. Studinya pun seimbang antara mempelajari aspek manajemen dengan keahlian praktik. 

Peluang karier lulusannya antara lain adalah sebagai accommodation manager, event manager, hotel manager, chef, food stylist, instruktur memasak, dan lainnya.

Biaya kuliah 2022 (Program Sarjana)

Inilah total biaya kuliah (kisaran mulai dari masuk hingga lulus) untuk mahasiswa baru 2022.

  • Accounting: Rp200,920,000
  • Finance: Rp200,920,000
  • Taxation: Rp200,920,000
  • Communication – Marketing Communication: Rp200,440,000
  • Communication – Mass Communication: Rp200,440,000
  • Hotel Management: Rp213,040,000
  • Business Hotel Management:  Rp213,040,000
  • Tourism: Rp213,040,000
  • Communication (BINUS Malang): Rp120,320,000
  • Public Relations (BINUS Malang): Rp120,320,000

(Sumber gambar: Photo by Kaboompics .com from Pexels)

 

LATEST COMMENT
pipi | 3 jam yang lalu

Hai min! aku mau cerita. Dari beberapa poin di atas aku merasakan hal yang sama. Jujur, dulu aku termasuk orang yang ambis untuk masuk jurusan di rumpun kesehatan. Dari kelas 9 aku sudah memiliki plan untuk kuliah di jurusan gizi, tetapi seiring berjalannya waktu, aku memilih untuk mengambil jurusan…

Kamu Salah Ambil Jurusan Kuliah? Cek 15 Tanda Mahasiswa Salah Jurusan!
Yoga Sinaga | 14 jam yang lalu

keren! coba baca juga http://news.unair.ac.id/2021/02/10/tips-etika-berkomunikasi-digital/

20 Panduan dan Etika Mengirim Email Untuk Keperluan Akademis, Organisasi, Atau Kerja
Fatimah Ibtisam | 3 hari yang lalu

Hai Safiqah, untuk lebih jelasnya kamu bisa mengecek perguruan tinggi yang dituju. Secara umum, jika lewat jalur SBMPTN bisa saja.

Kenal Lebih Dekat dengan Program Studi Ilmu Perpustakaan, Yuk!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1