Bedah Prodi English, Chinese, dan Japanese Literature BINUS UNIVERSITY

English Literature, Chinese Literature, dan Japanese Literature. Inilah 3 prodi literatur yang menjanjikan karena lulusannya banyak dicari. Cek info 3 prodi literatur yang ada di BINUS University beserta keunggulannya.

Chinese Literature

Seperti yang kita ketahui, China merupakan bangsa terbesar di dunia. Selain jumlah pengguna bahasa China yang sangat banyak, China juga merupakan salah satu negara dengan keunggulan ekonomi terbesar. Banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja dengan kemampuan berbahasa Mandarin. Selain itu, bahasa Mandarin juga merupakan salah satu bahasa diplomasi dunia.

Di Indonesia, belum banyak orang yang menguasai bahasa Mandarin. Maka akan menjadi keunggulan dalam karier jika seseorang memiliki kemampuan ini. Di dalam negeri, ada sekitar 26 prodi Sastra China atau Chinese Literature. BINUS University merupakan kampus yang memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

Ada 3 hal utama yang dipelajari di prodi ini, yakni bahasa, budaya, dan bisnis. Bahasa mencakup kemampuan membaca, menulis, dan berkomunikasi. Sejarah, tradisi, hingga kehidupan masyarakat modern China juga dipelajari di sini. Adapula berbagai perkuliahan mengenai bisnis. O iya, walaupun belajar Chinese Literature, tapi ada sejumlah mata kuliah bahasa Inggris, seperti English Savvy, English for Business Presentation, serta English for Written Business Communication. Ini supaya mahasiswanya juga cukup menguasai bahasa Inggris.

Di semester 5, mahasiswa bisa memilih elective course atau mata kuliah pilihan sesuai minat yang ingin diperdalam. Ada 3 peminatan, yaitu Teaching Elective, Business Elective, dan Culture Elective.  

Contoh mata kuliah: Chinese Computer, History of China, Entrepreneurship: Market Validation, Chinese Language, Chinese Scientific Writing, Contemporary China Studies, Chinese Culture

Peluang karier: Beragam bidang mulai dari bekerja di bank, divisi keuangan, public relations, HRD, translator, bekerja di divisi pariwisata, berwirausaha, sekretaris, bekerja di departemen pemerintahan, diplomat, dan lainnya.

“Selama berkuliah di sini, saya mampu untuk membaca, menulis, dan berkomunikasi dalam bahasa Mandarin dengan orang native, walaupun belum sampai level mahir. Tetapi ini adalah progress yang sangat baik, mengingat saya memulai bahasa Mandarin dari nol.” Flinn Nickola Susantyo, mahasiswa Chinese Literature BINUS UNIVERSITY

Biaya total kuliah: 158.540.000

English Literature

Salah satu keuntungan kuliah di prodi English Literature adalah nggak terlalu sulit untuk menguasai kemampuan bahasanya, mengingat kamu sudah punya dasar di sekolah atau dari tempat les. Jadi agak beda dengan bahasa lain, di mana banyak mahasiswa harus memulai dari dasar. Dari tahun ke tahun, prodi English pun memiliki banyak peminat, sehingga persaingan untuk masuk cukup ketat.

Tujuan dari prodi English Literature BINUS University antara lain adalah agar mahasiswa bisa menguasai bahasa Inggris dengan sangat baik sehingga dapat menggunakannya dalam berbagai kegiatan, seperti agenda bisnis, menerjemahkan dokumen, serta kegiatan formal dan nonformal lainnya. Ada beberapa pendalaman materi yang bisa dipilih salah satunya oleh mahasiswa yaitu:

  • English for Business Professionals
  • English as Foreign Language Learning
  • Creative Writing & Media
  • Translation

Contoh mata kuliah: Entrepreneurship: Ideation, Academic Writing, Western Culture and Society, English Syntax, History of English Language and Literature, Language in Use, Survey of English Prose, Poetry and Drama, English Qualification, Desktop Publishing, Projects in Language, Literature and Culture, Entrepreneurship: Prototyping

Peluang karier: language instructor, perencana pendidikan, translator and interpreter copywriter, content writer, jurnalis, diplomat, public relations, pekerja media massa, wirausaha di bidang bahasa, dan lainnya.

“Belajar English Literature di BINUS UNIVERSITY jadi pengalaman yang menyenangkan. Karena bukan hanya keahlian berbahasa Inggris (yang dipelajari), kemampuan berpikir kritis dan kreatif juga akan diasah. Serunya lagi, prodi ini juga selalu menyediakan ruang bagi mahasiswa untuk berkarya, berinovasi, dan berekspresi, baik di level nasional maupun internasional. Dosen-dosen Sastra Inggris juga dikenal ramah dan suportif.” Paramita Ayuningtyas, S. Hum., M. Hum., Dosen dan Subject Content Specialist Literary Expression

Biaya total kuliah: 158.540.000

Japanese Literature

Jepang merupakan negara yang unggul dalam berbagai hal, seperti teknologi, pendidikan, pariwisata, dan budaya. Salah satu keunikannya adalah Jepang sangat mengikuti perkembangan zaman, namun bisa tetap mempertahankan sisi tradisional mereka. Jepang juga bisa bersaing secara global, dengan mempertahankan identitas mereka. Tak mengherankan bila penguasaan bahasa dan literatur Jepang menjadi salah satu hal yang penting di dunia usaha, pengetahuan, dan budaya.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak perusahaan Jepang atau usaha yang bekerja sama dengan pihak Jepang. Makanya lulusan Japanese dengan skill mumpuni akan banyak dicari di dunia kerja.

Prodi Japanese Literature BINUS UNIVERSITY sendiri membekali mahasiswanya dengan kemahiran berbahasa Jepang lisan maupun tulisan. Penguasaan karakter tulisan kanji, hiragana, and katakana juga dipelajari di sini. Selain bahasa, aspek sosio-kultural Jepang juga menjadi materi perkuliahan.

Contoh mata kuliah: Composition and Presentation, Japanese Computer, Japanese Work Ethics, Japanese Literary Criticism, Entrepreneurship: Prototyping, Japanese Language & Business Culture, Japanese Grammar & Reading, Japanese Corporate Culture and Management, Japanese Business Culture and Communication

Peluang karier: Japanese business correspondent, interpreter atau translator, PR, pengajar bahasa Jepang, bekerja di perusahaan Jepang, wirausaha di bidang yang berhubungan dengan bahasa atau budaya, pekerja industri pariwisata, dan lainnya.

“Pas kuliah, gue berpikir bahwa jika hanya belajar di kelas, akan sulit untuk menguasai bahasa Jepang. Gue pun mencari cara agar kemampuan bisa meningkat pesat. Akhirnya gue mengikuti speech contest. Walaupun kalah, gue mendapatkan banyak pengalaman dan bisa meningkatkan skill bahasa. Intinya, belajar di perkuliahan penting, namun cari juga tempat untuk menerapkan ilmu kalian. Karena dengan melakukan itu, kalian akan meningkatkan kemampuan sekaligus membangun networking.”  Sandi, Alumnus Japanese Literature BINUS UNIVERSITY yang saat ini sedang meniti karier di Sakura Forest Co,LTD di Jepang.

Biaya total kuliah: 158.540.000

(Sumber gambar: Pixabay)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 5 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 16 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 17 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1