Bedah School of Information System BINUS UNIVERSITY

Di School of Information System BINUS UNIVERSITY terdapat 4 program studi yang lulusannya sedang banyak dicari. Yup, ada prodi Business Analytics, Business Information Technology, Information Systems, serta Information Systems Accounting and Auditing. Jurusan bidang ini memang sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan saat ini dan di masa depan. BINUS UNIVERSITY sendiri memiliki reputasi sangat baik di bidang studi Information System dan Computer Science hingga menduduki peringkat 451-550 di dunia versi QS World University Rankings 2021. Yuk, bedah prodi di School of Information System.

Business Analytics

Inilah prodi yang baru dibuka di BINUS UNIVERSITY. Mahasiswa di prodi ini akan mempelajari bagaimana mengelola dan menganalisa data untuk kepentingan bisnis. Ilmu dan kemampuan Business Analytics memegang peranan penting dalam pengambilan keputusan, penyusunan rencana usaha, hingga strategi menghadapi masalah dan tantangan bisnis.

Skill dan pengetahuan seputar pengolahan data, keterampilan digital dan teknologi, serta ilmu ekonomi, keuangan, dan marketing dipelajari dalam perkuliahan. Dibutuhkan pula pemikiran yang kritis, kejelian, kemampuan analitis, serta kepiawaian menampilkan dan menerjemahkan data.

Durasi perkuliahan: 8 semester 

Total biaya kuliah: Rp205,240,000

Peluang Karier: Analis data, konsultan, analis riset, konsultasn, Divisi Manajemen Data, Value Optimization Executive, Analyst Consumer Banking Analytics, dan lain sebagainya.

Materi perkuliahan: “Di prodi Business Analytics kita akan mempelajari mengenai data management. Tetap data menjadi yang utama. Selain itu, dipelajari mengenai Predictive Analytics, Social Media Analytics, serta Information Security and Governance.

Prodi Business Analytics lebih fokus bagaimana menginterpretasikan dan memvisualisasikan hasil data untuk kepentingan bisnis. Tetap ada (materi) Matematika, namun Matematikanya tidak sebanyak di prodi Data Science.” DR. Yohannes Kurniawan, S.Kom, S.E, MMSI, Dean School of Information System.

Business Information Technology

Teknologi informasi memegang peranan penting dalam menentukan strategi dan langkah bisnis. Diperlukan profesional yang memiliki kemampuan teknologi informasi sekaligus pengetahuan bisnis  serta kewirausahaan. Hal inilah yang menjadi inti dari prodi Business Information Technology. Terdapat tiga hal utama  yang dipelajari dalam prodi ini yakni analisa bisnis, media sosial, and IT Entrepreneurship.

Mahasiswa prodi ini antara lain mempelajari mengenai pengembangan sistem informasi, analisa bisnis, serta platform teknologi bisnis. Tujuannya, agar pengetahuan dan skill tersebut dapat diterapkan dalam industri untuk mengembangkan bisnis.

Kurikulum prodi ini disusun berdasarkan referensi dari Association for Computing Machinery (ACM) serta Association for Information Systems (AIS). Selain itu, perkuliahannya juga terinspirasi dari kurikulum yang diterapkan di perguruan tinggi internasional ternama.

Durasi perkuliahan: 8 semester 

Total biaya kuliah: Rp205,240,000

Mata kuliah: Business Application Development, Enterprise System, Information Systems Analysis and Design, Management Fundamental, Social Media Fundamental, Data and Information Management, Testing and System Implementation, Mobile Application Development, Entrepreneurship: Market Validation, Business Analytics, Current Issue in Business and Technology, dan lainnya.

Peluang karier:  konsultan web analytics, konsultan media sosial social media consultant, systems developer, systems analyst, business analyst, project manager, database developer, data analyst, software developer, programming consultant, information manager, applications developer, dan konsultan manajemen informasi.

“Di prodi ini saya mempelajari antara lain mengenai business inteligence, analisa bisnis, serta bagaimana membangun bisnis startup. Metode pengajarannya juga menyenangkan. Saya dan teman teman diminta membuat proyek ide bisnis, membuat perencanaan, mendesain, dan menganalisa apakah bisnis tersebut layak dieksekusi. Saat kuliah saya juga berkesempatan mengikuti kompetisi business plan di tingkat nasional,” Nindya Prabowo, S1 Business Information Technology

Information Systems Accounting and Auditing

Saat ini aktvitas perusahaan dan konsumen yang berhubungan dengan keuangan nggak lepas dari teknologi sistem informasi. Mulai dari transaksi jual beli, pengelolaan keuangan perusahaan, transfer uang, dan lainnya. Nah prodi  Information Systems Accounting and Auditing (ISAA) mempelajari bagaimana mengelola dan mengaudit sistem informasi tersebut. Dengan kata lain, inilah prodi yang mengintegrasikan ilmu di bidang akuntansi keuangan dengan teknologi informasi.

Bagian auditor, firma akuntan, divisi akunting internal perusahaan, serta usaha fintech (jasa finansial berbasis teknologi) membutuhkan SDM dengan pengetahuan sistem informasi sekaligus keuangan akuntansi. Nah lulusan prodi ISAA bisa menjadi sumber daya yang memiliki keahlian akuntansi, wawasan bisnis, serta skill IT dan analis sistem.

Durasi perkuliahan: 8 semester 

Total biaya kuliah: Rp205,240,000

Peluang karier: Auditor IT internal, auditor IT eksternal, analis sistem, konsultan keamanan sistem informasi, information system risk management and assurance advisor, forensic analyst (IT), analis keuangan, analis keamanan siber, business process analyst, desainer sistem.

Materi perkuliahan:  Ilmu dasar akuntansi, proses bisnis, dan keterampilan analisa sistem pengeloaan IT dan sistem informasi, IT service delivery and support, keterampilan wirausaha, dan lainnya.

Information System

Saat ini, hampir semua perusahaan membutuhkan sistem informasi antara lain untuk mengelola data dan informasi. Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah juga dibantu oleh sistem informasi.

Hal yang dipelajari dalam dalam perkuliahan prodi Information System adalah

  1. sistem informasi, proses bisnis, dan sistem perusahaan
  2. Database serta manajemen informasi dan pengetahuan
  3. Information and Knowledge Management.
  4. Analisa sistem informasi dan perancangan.
  5. Programming, testing, and implementasi.
  6. Financial Accounting, statistika bisnis, metodelogi riset

 

Tedapat pula peminatan yang bisa dipilih oleh mahasiswanya, yaitu Strategic Information System, Business Intelligence, Digital Business, Applied Database, dan Applied Enterprise Resource Planning (ERP).

Durasi perkuliahan: 8 semester 

Total biaya kuliah: Rp205,240,000

Mata kuliah: Information Systems Analysis and Design, Enterprise System, Business Application Development, Testing and System Implementation, Research Methods in Information Systems, Data and Information Management, Advanced Information System Analysis and Design, Information Systems Project Management, dan lainnya.

Peluang karier: System Analyst, Business Analyst, Business Process Analyst, Digital Business Specialist, Enterprise Resource Planning (ERP) Specialist, IT Architect, IT Consultant, System Designer, Database Analyst, Data Scientist, dan Web-Developer/Web-Designer

"Lulusan Information System akan memiliki keahlian seperti menganalisa data dan sistem digital, membuat dan mengembangkan program, merancang website, mengelola data , mengelola dan menganalisa database, digital marketing, menganalisa SEO, hingga mengelola media sosial.

Di BINUS UNIVERSITY, mahasiswa Information System lebih diarahkan menjadi entreprenur di bidang teknologi, atau technopreneur. Di kampus, diajarkan mengenai teori entrepreneurship, membuat business plan sampai eksekusi ke konsumen.” Kinandya Deryan, S1 Information System BINUS UNIVERSITY.

(Sumber gambar: Pexels)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1