Kenapa Kamu Perlu Berbagi Cerita Mengenai Jurusanmu di Youthmanual

Saat baca-baca laman jurnal Youthmanual, kamu akan menemukan artikel Jurusanku. Di situ, kamu bisa melihat profil mahasiswa kece, atau dosen, yang mengupas (apel kali pake’ dikupas) mengenai jurusan kuliah mereka. Dari informasi yang basic sampai yang detail, dan dari yang berfaedah, sampai info receh tapi seru buat diketahui.

Kami ingin mengajak KAMU, mahasiswa/i baik hati dan tidak sombong, untuk berbagi cerita serta pengalaman mengenai jurusanmu dengan mengisi link ini.

Inilah alasan kenapa kamu perlu sharing mengenai jurusanmu.

Karena ‘adik’ butuh bimbingan ‘kakak’

Ini jelas bukan cerita “adik-kakak” ketemu gede. Halah! Maksudnya, informasi tentang jurusan dari kamu bakal sangat bermanfaat bagi adik-adik pelajar atau orang-orang yang sedang hunting kuliah. Mereka 'kan, butuh mengeksplor berbagai bidang dan jurusan. Apalagi, kebanyakan pelajar (sekitar 90 persen!) bingung menentukan jurusan kuliah. Kamu pun pasti pernah mengalaminya bukan?

Informasi yang kamu berikan bisa menjadi pencerahan, lho. Menariknya lagi, sharing kamu tentang jurusan nggak bakal bisa ditemukan di text book atau brosur. Soalnya, ada cerita pengalaman dan opini dari mahasiswa yang menjalani perkuliahan. Hal seperti ini, nih, yang penting diketahui pelajar serta bisa menginspirasi mereka.  

mahasiswi hi

Meluruskan salah kaprah tentang jurusanmu

Gaes, masih banyak anggapan yang kurang tepat bahkan menyesatkan tentang jurusan kuliah. Misalnya, anggapan bahwa jurusan Teknik Komputer dan Ilmu Komputer adalah jurusan yang sama, atau berpikir bahwa yang dipelajari di jurusan Hubungan Internasionalserupa dengan pembahasan di jurusan Hubungan Masyarakat‍. Ada juga yang menganggap jurusan Sastra seperti kursus bahasa. Egimana?

Kalau kamu nggak meluruskannya, miskonsepsi ini bisa fatal, lho. Salah satunya akibatnya adalah salah jurusan. Jadi, jurusan yang dipilih nggak nyambung dengan yang dikehendaki dan yang dibayangkan. Misalnya, pengen belajar mengenai dunia Public Relations, tapi malah masuk HI. 'Kan, nggak nyambung, tuh!

Mempromosikan jurusanmu

Dengan sharing dan mengisi informasi mengenai jurusan, kamu ibarat menjadi juru bicara jurusanmu. Kamu bisa menceritakan apa saja keunikan dan keseruan di situ. Apalagi kalau belum terlalu banyak yang mengetahui dan berminat menekuni jurusan tersebut. Sayang banget, 'kan, kalau sampai sepi peminat, padahal jurusannya menarik dan prospeknya bagus.

Nah, tak kenal kan, maka tak sayang. Jadi di sini lah ajang kamu memperkenalkan plus mempromosikan jurusan kuliahmu.

sastra arab

Bikin pelajar lebih mudah berdiskusi dengan ortu

Informasi dari kamu juga membantu para junior yang masih sekolah atau akan kuliah untuk berdiskusi dengan orang tua. Jadi ortu juga ada gambaran tentang jurusan kuliah tersebut.

Apalagi jika seseorang tertarik kuliah di jurusanmu, tapi ia perlu meyakinkan orang tuanya. Keterangan yang kamu berikan bisa membantu memberi pemahaman ke ortu.

Membuatmu makin kenal dan bangga dengan jurusanmu

Mungkin sekarang kamu menjalani kuliah dengan biasa aja. Tapi saat kamu diminta menceritakan mengenai jurusan kuliahmu plus pengalamanmu selama kuliah, otomatis kamu akan lebih menggali tentang jurusanmu. Kamu pun jadi aware dan paham mengenai jurusanmu.

Dengan menceritakan kembali pengalamanmu serta mencari info lebih dalam mengenai jurusanmu, kamu bisa makin suka dan bangga dengan jurusan tersebut.

arsitektur

Mejeng di Youthmanual

Lewat berbagi pengalaman seputar kuliah dan jurusan di Youthmanual, kamu berkesempatan untuk diprofilkan dan nampang di website. Keren kan, kalau kamu dikenal bahkan viral untuk hal positif dan bermanfaat untuk banyak orang? Siapa tahu abis itu banyak yang endorse. Eh!

***

Jadi tunggu apa lagi, bantu kami dan banyak pembaca Youthmanual lainnya merancang masa depan dengan berbagi cerita dan pengalaman seputar jurusan kuliah di sini.

Baca juga:

Alasan Kenapa Kamu Harus Mengulas Kampus Kamu di Youthmanual

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 28 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1