Serba-Serbi Program Studi Teknik Elektro Beserta Pilihan Kampus Terbaiknya

Teknik Elektro adalah salah satu jurusan di bidang Teknik yang mempelajari mengenai seluk-beluk kelistrikan dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, jurusan ini mempelajari tentang aplikasi dan pemanfaatan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, serta teknologi yang terkait. Cakupannya luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya oleh pengguna akhir.

Secara khusus, jurusan Teknik Elektro mempelajari bagaimana merekayasa listrik sehingga bermanfaat bagi kehidupan, membuat instrumentasi (alat dan sistem yang besar dan kompleks), elektronika (barang-barang elektronik), komunikasi, mendesain IC, hingga membangkitkan, mendistribusikan, serta mengonversi listrik, hingga membuat robot dan juga alat-alat diagnosa kedokteran.

Jangan dikira ketika masuk jurusan Teknik Elektro, kamu hanya akan berurusan dengan solder dan sirkuit-sirkuit listrik. Memang, hal tersebut akan seringkali kamu temui dalam kegiatan belajar mengajar, tapi ilmu dari Teknik Elektro nggak hanya sampai di situ aja. Kamu juga akan mempelajari soal pemrograman digital dan ‘arsitektur’ sebuah sistem komputer.

Jurusan Teknik Elektro sendiri terbagi ke dalam beberapa konsentrasi yaitu: seperti teknik elektronika, teknik listrik, teknik instrumentasi, sampai teknik komputer dan telekomunikasi.

Kenapa Teknik Elektro?

Hidup kita sehari-hari nggak bisa dilepaskan dari peralatan elektronik, setuju?

Luasnya cakupan Teknik Elektro membuka banyak kesempatan bagi kamu untuk mempelajari hal-hal terkait teknologi beserta inovasi-inovasinya. Lagipula listrik adalah energi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dan perkembangan teknologi yang semakin cepat menjadikan Teknik Elektro menjadi semakin relevan. Dengan beberapa konsentrasi yang ada di program studi ini kamu bahkan nggak hanya akan belajar tentang instalasi listrik aja, tapi juga mengenai IT dan bahkan robotik.

Untuk masuk ke jurusan ini, tentunya kamu harus memiliki minat yang besar di bidang elektronika dan ketertarikan terhadap teknologi yang terus-menerus berkembang tanpa henti. Akan sangat membantu jika sejak SMA kamu telah mendalami pelajaran-pelajaran seperti Fisika dan juga Matematika, karena di jurusan ini nanti kamu akan banyak menemukan mata kuliah maupun tugas yang membutuhkan penalaran matematika yang mumpuni.

Nih, sebagai gambaran, berikut mata kuliah yang akan kamu dapatkan di jurusan Teknik Elektro:

  • Matematika Teknik

  • Elektronika

  • Struktur Diskrit

  • Struktur Diskrit

  • Termodinamika dan Penggerak Awal

  • Iluminasi dan Instalasi Listrik

  • Sistem Energi Baru dan Terbarukan

  • Arsitektur Sistem Komputer

  • Sistem Kendali

  • Pengolahan Sinyal Digital

  • Sistem Tenaga Elektrik

Oh ya, di jurusan Teknik Elektro bentuk tugas dan ujian yang akan banyak kamu temui adalah berupa praktikum di lab. Kamu juga akan menemui tugas-tugas yang mengharuskan kamu untuk mendesain suatu alat atau sistem yang bisa digunakan untuk meyelesaikan suatu persoalan. Wih, seru ya?

Pilihan Kampus dengan Jurusan Teknik Elektro Terbaik

Tertarik masuk Teknik Elektro? Ada beberapa kampus nih yang menyediakan jurusan Teknik Elektro dengan kualitas yang cukup mumpuni seperti:

  1. Universitas Indonesia 

  2. Institut Teknologi Bandung 

  3. Universitas Hasanuddin 

  4. Politeknik Negeri Padang 

  5. Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT-PLN)

Nah, di antara kampus-kampus tersebut, STT-PLN termasuk salah satu perguruan tinggi swasta dengan prodi Teknik Elektro yang layak dipertimbangkan, apalagi kalau kamu ingin bekerja di perusahaan-perusahaan kelistrikan ketika lulus nanti. Perguruan tinggi yang telah berdiri sejak tahun 1998 ini memiliki program studi Teknik Elektro dengan jenjang sarjana (S1) dan diploma 3 (D-III). Prodi Teknik Elektro di STT-PLN mencakup 2 bidang keahlian utama yaitu bidang Tenaga Listrik dan bidang Elektronika Industri. Bidang Tenaga Listrik memiliki kompetesi lulusan yang menguasai asas-asas sistem tenaga listrik yang digunakan pada pembangkit tenaga listrik, dan mampu merancang dan mengoperasikan peralatan Transmisi, Distribusi Tenaga Listrik, dan Energi Terbarukan. Sementara itu bidang Elektronika Industri memiliki kompetensi lulusan yang menguasai elektronika yang digunakan pada dunia industri, serta mampu merancang dan mengoperasikan alat-alat elektronika yang digunakan dalam dunia industri.

STT-PLN memiliki program kelas kerjasama sehingga lulusannya bisa langsung bekerja di perusahaan-perusahaan pilihan ketika mereka lulus nanti. Mahasiswa yang pengen kerja di PLN atau perusahaan yang bergerak di industri listrik dan energi bisa menempuh program Kelas Kerjasama ini. Nggak main-main, STT-PLN menggandeng perusahaan-perusahaan besar seperti PT PLN (Persero), PT PJB, dan PT Indonesia Power untuk menyukseskan program ini, lho!

Gimana, gaes? Tertarik untuk belajar Teknik Elektro di kampus kece yang satu ini?

Artikel ini merupakan hasil kerja sama Youthmanual dengan Sekolah Tinggi Teknik PLN.

Baca juga:

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Tiara Windi | 22 hari yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 22 hari yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Akun Tum | 27 hari yang lalu

Hi min bagaimana kalau semester 5 ini gua punya maksimal 24 sks dan sks yg dapat ku ambil cuman 23, nah bagaimana itu klau ada mk wajib 1 yg 3 sks nya saya buang dan menggantikan dengan mk pilihan 2 yang 2 sks-2 sks, untuk mempas kan sks 24.. Menurut mimin bagaimana baiknya

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Indriani | 1 bulan yang lalu

min masa cuti saya sudah selesai terus sya lanjut kuliah lgi tpi pas penawaran batas SKS yang saya ambil cmn 16 SKS pdhl sy ingat IPK sebelum cuti saya 3.20 hrusanya kn 24 SKS kn bantu jawab min sya smpe gk bisa tdr gara2 mikirin ini

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Deni Y | 1 bulan yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1