Ingin Berkarier di Bidang STEAM? Kenali Dulu Tipe STEAM Mana yang Kamu Kuasai

Di abad ke-21 ini, bisa dibilang bidang STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Math) adalah bidang yang paling dibutuhkan di dunia. Soalnya, banyak banget kebutuhan manusia yang kini hanya dapat dipenuhi oleh inovasi-inovasi tingkat dewa. Nggak salah, sih, kalau profesi-profesi bidang ini memiliki level gaji yang tinggi bingit.

Nah, lho… jadi tertarik dong, ya, berkarier di bidang STEAM. Hihihi.

Eits, sebelum memutuskan untuk mendalami bidang STEAM, ada baiknya kalau kamu kenali dulu tipe STEAM yang mana yang paling kamu kuasai dan sesuai dengan apa yang kamu sukai. Secara, STEAM itu cakupannya luas banget. So, menurut situs stemjobs, berikut adalah pengelompokkan tipe-tipe STEAM yang bisa kamu cocokkan dengan minat dan kemampuanmu.

1. Tipe Advisor

1

Kalau kamu termasuk dalam tipe Advisor, artinya kamu adalah individu yang super duper care dengan lingkunganmu—terutama dengan lingkungan hidup. Kamu senang berkonsultasi dan memberikan solusi bagi siapa saja yang membutuhkan ilmu mengenai kesehatan fisik maupun mental secara keseluruhan. Pokoknya, tiap kali ada kegiatan sosial yang dilaksanakan di sekitarmu, kamu pasti nggak pernah absen.

Beberapa prospek karier untuk tipe ini antara lain: Ahli Epidemiologi, Perawat, Dokter Hewan, Penyuluh Kesehatan, Peneliti Alam

2. Tipe Designer

Kalau kamu termasuk dalam tipe Designer, artinya kamu adalah individu yang sangat visioner dan mengedepankan inovasi orisinil. Nggak cuma punya ide-ide yang ciamik, tapi kamu juga mampu mewujudkan ide tersebut menjadi nyata. Selain suka mendesain sesuatu yang konkrit, kamu juga senang berkutat dengan sesuatu yang nggak “berwujud” seperti software komputer. Jago di dua alam, nih!

Beberapa prospek karier untuk tipe ini antara lain: Astronom, Programer, Arsitek, Ahli Pembangunan, Manajer Keuangan

3. Tipe Explorer

3

Kalau kamu termasuk dalam tipe Explorer, artinya kamu adalah individu yang memiliki minat yang mendalam terhadap salah satu hal yang sangat, sangat spesifik. Kamu selalu terdorong untuk membuat suatu penelitian menyeluruh terhadap sesuatu hanya demi memuaskan rasa kepo kamu terhadap hal tersebut. Serunya lagi, kamu juga nggak kalah bersemangat untuk membagi pengetahuan yang kamu punya kepada orang lain.

Beberapa prospek karier untuk tipe ini antara lain: Ahli Matematika, Ahli Fisika, Ahli Kimia, Ahli Biologi, Dosen

4. Tipe Integrator

Kalau kamu termasuk dalam tipe Integrator, artinya kamu adalah individu yang nggak cuma menganggap ilmu pengetahuan eksak itu penting, tapi juga “seni” dalam interaksi interpersonal dan sosial. Kamu lebih suka menggali pengetahuan melalui komunikasi terhadap orang lain dan sangat memperhatikan sikap dan perilaku manusia ketika saling berinteraksi. betewe, kamu adalah tipe yang paling fleksibel dibanding tipe-tipe STEM lainnya, lho!

Beberapa prospek karier untuk tipe ini antara lain: Entrepreneur, Pengajar Pengembangan diri, Manajer Logistik, Ahli Diet dan Nutrisi, Ahli Pertanian

5. Tipe Investigator

5

Kalau kamu termasuk dalam tipe Investigator, artinya kamu adalah individu yang menjunjung tinggi logika di atas segala-galanya. Nggak heran kalau kamu yang termasuk tipe ini paling jago dalam hal pelajaran Matematika-dan kawan-kawan. Kamu juga lebih suka jika pekerjaanmu diintervensi dengan teknologi, which means kamu dan teknologi adalah partner kerja yang saling melengkapi satu sama lain. Ahsoy.

Beberapa prospek karier untuk tipe ini antara lain: Polisi, Detektif, Aktuaris, Programmer, Ahli Pajak

6. Tipe Maker

Kalau kamu termasuk dalam tipe Maker, artinya kamu adalah individu yang senang dengan keteraturan. Hobi kamu adalah terlibat dalam hal-hal yang melibatkan kordinasi antara struktur yang kompleks agar prosesnya bisa berjalan dengan efektif dan efisien, baik itu dari sekadar ngerakit rak buku atau mengorganisir sebuah tim. Bisa ditebak, nih, kalau kamu lagi buka Youtube, pasti history kamu isinya video tutorial DIY semua, hihihi.

Beberapa prospek karier untuk tipe ini antara lain: Manajer Sumber Daya Manusia, Ahli Ekologi Industri, Ahli Mekatronik, Ahli Kesehatan dan Keselamatan Industri, Ahli teknik Elektronik

7. Tipe Producer

7

Kalau kamu termasuk dalam tipe Producer, artinya kamu adalah individu yang sangat mengandalkan kemampuan teknismu dalam melakukan segala pekerjaan. Kalau disuruh memilih, kamu cenderung menyukai pekerjaan yang memberikan kamu ruang gerak seluas mungkin. Pastinya kamu sangat senang bereksperimen dan mengontrol apa pun yang sudah kamu buat agar dapat terus menjadi seperti yang kamu inginkan.  

Beberapa prospek karier untuk tipe ini antara lain: Manajer data Klinis, Spesialis Kimia, Ahli Teknik Industri, Ahli Teknik Material, Staf Ahli Perhubungan

8. Tipe Solver

Kalau kamu termasuk dalam tipe Solver, artinya kamu adalah individu yang mampu memanfaatkan ilmu pengetahuannya untuk memahami permasalahan, menganalisa kemungkinan, dan memberikan solusi yang reasonable untuk masalah tersebut. Karena kamu memiliki concern di berbagai hal, kamu selalu berusaha untuk keep up dengan isu-isu terkini. Wah, anaknya apdet bingit, nih!

Beberapa prospek karier untuk tipe ini antara lain: Spesialis Hubungan Masyarakat, Perencana Meeting dan Acara, App Developer, Mekanisi Radio, Psikolog

***

Oya, untuk dapat berkarier di bidang STEAM, pastinya kamu harus menempuh pendidikan STEAM dengan keahlian yang sesuai dengan minat dan kemampuannya. Sebagai salah satu kampus yang menerapkan pendidikan tinggi berbasis STEAM, Sampoerna University  menawarkan berbagai program studi yang menjawab tantangan di masa depan. Sebut aja Teknik Mesin, Teknik Industri, DKV New Media, dan Computer Science and Informatics.

Trus, apa yang membedakan belajar STEAM di Sampoerna University dengan kampus-kampus lain?

Alih-alih belajar secara tradisional, kurikulum STEAM yang diterapkan di Sampoerna University menekankan diskusi aktif dalam kegiatan belajar mengajarnya. Dalam beberapa pertemuan, akan ada sesi ngobrol bersama praktisi profesional agar mahasiswa bisa menggali langsung ilmu dari mereka yang sudah terjun langsung ke dalam industri.

Nggak cuma itu, kampus Sampoerna University juga dilengkapi dengan gedung laboratorium super canggih untuk mendukung proses belajar mengajar. Bahkan kalau kamu ingin melanjutkan kuliah STEAM di luar di Amerika Serikat, Sampoerna University juga bekerjasama dengan Lousiana State University agar kamu bisa mendapatkan gelar profesi yang terakreditasi. What's not to love?

Jadi, kamu punya minat dan kemampuan di tipe STEAM yang mana, nih?

 

Baca juga:

(sumber gambar: tedtqn.com, wowamazing.com, istockphoto.com, hdux.com, dreamstime.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Deni Y | 1 hari yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
miaaa | 4 hari yang lalu

Assalamualaikum minn Saya baru masuk Smt 3 nih min saya mau ambil 24 SKS masing² 2 SKS per matkul Saya berencana memadatkan jadwal saya hanya Senin-Kamis aja Jadi dalam shari ada 4 matkul Apa itu wort it atau bagaimana Saran dong min

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
mustika | 5 hari yang lalu

Open pp/endorse : Klik Link Ig : https://www.instagram.com/naaan_n_n_/ cek ig : naaan_n_n_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Gina Ajeng | 5 hari yang lalu

Kalo aku maba dr kampus sdh otimatis

SKS dan KRS Itu Apa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1