11 Hal Paling Menyenangkan Saat Kembali ke Kampus Setelah Libur Panjang

Liburan memang nikmat. Tapi suka nggak suka, pada akhirnya setiap liburan akan berakhir juga. Kamu pun harus kembali ke kenyataan… alias ke kelas masing-masing! Yaaah, sedih deh.

Tapi kenapa harus sedih? Sebenarnya balik ke kampus itu menyenangkan, lho!

Lupakan sejenak derita begadang, ujian, dosen galak, mata kuliah momok, tugas kuliah yang nggak ada habisnya, apalagi skripsi. Coba pandang perkuliahan dengan optimis, khususnya saat awal tahun ajaran baru, seperti sekarang ini.

Berikut adalah 12 hal menyenangkan yang “sensasinya” hanya bisa kamu alami di awal tahun ajaran baru, setelah liburan lama.

1. Ketemu teman-teman lagi. Kalau kamu adalah mahasiswa rantau yang menghabiskan liburan panjangnya di kampung halaman, berarti saat liburan panjang, kamu juga “libur” ketemu teman-teman kampus. Kangen juga, ya, setelah lama absen nongkrong bareng mereka. Memang, sih, ada medsos dan aplikasi chatting, tetapi nggak ada yang bisa menggantikan serunya main kartu sama teman-teman di kantin kampus, atau begadang bareng di kosan.

2. Belanja peralatan sekolah. Walaupun mungkin kamu sebal terhadap kegiatan perkuliahannya itu sendiri, alat-alat tulis untuk pendukung perkuliahan, tuh, menyenangkan banget, lho. Saya, sih, senang banget mencatat materi dari dosen di notes baru yang wangi, dengan stabilo warna-warni serta pulpen yang tintanya masih penuh (kalau di akhir semester, tintanya udah seret, sob. Atau pulpennya malah udah hilang sekalian!).

Dulu saya memang termasuk mahasiswa yang maniak belanja stationary. Bahkan di angkatan saya ada “geng” pencinta stationary. Tiap awal tahun ajaran baru, kami pasti heboh belanja alat tulis, buku catatan, dan pernak-pernik back-to-school lainnya di toko buku. Apalagi zaman dulu, gadget dan laptop nggak umum ditenteng-tenteng ke kampus. Materi perkuliahan harus dicatat dengan manual, maka alat-alat pendukungnya juga harus mumpuni, dong.

3. Ketemu dengan yang “serba baru”. Di tahun ajaran baru, ada aja mahasiswa yang pindah asrama atau pindah kosan. Kalau kamu termasuk mahasiswa yang pindah tempat tinggal bulan ini, berarti kamu punya kamar baru untuk di dekor, kawasan baru untuk dieksplor, dan tetangga-tetangga baru untuk digebet #eh.

4. Minggu perkenalan. Biasanya, di seminggu pertama awal semester baru, ada yang namanya “minggu perkenalan”. Saat “minggu perkenalan” ini, para dosen belum memulai perkuliahan, tapi perkenalan dulu. Mulai dari perkenalan dosennya sendiri (supaya hubungannya akrab dan nggak kaku dong, shay), membahas silabus satu semester ke depan, membahas aturan-aturan yang diberlakukan dosen di kelas, textbook apa aja yang harus disiapkan, dan sebagainya. Asyik, lah, masih nyantai! We love “minggu perkenalan”!

Masih bisa nyantai di minggu perkenalan!

5. Punya semangat yang membara. Saya nggak tahu kalau kamu gimana, tapi setiap awal tahun ajaran baru, saya pasti bersemangat dan terinspirasi untuk menjadi mahasiswa yang lebih baik! Entah karena terlalu lama libur atau terlalu banyak nonton film motivasional, pokoknya saya merasa bersemangat dan berambisi aja, gitu.

Terlepas pada akhirnya ambisi saya benar-benar terlaksana atau nggak, awal semester baru selalu menimbulkan perasaan bersemangat yang menyenangkan, dan pastinya nggak pernah muncul di tengah, apalagi akhir, semester.

6. Bisa memamerkan apapun yang kamu dapatkan saat liburan kemarin. Punya potongan rambut baru? Tindikan baru? Sepatu baru? Makeup baru? Skill baru? Oleh-oleh liburan? Pacar baru? Walaupun hal baru tersebut mungkin sudah kamu pamerkan duluan di medsos, pastinya lebih asyik dipamerkan ke teman-teman secara langsung, dong!

7. Bisa kenalan dengan junior-junior baru. Sempat patah hati, berantem, bahkan putus sama pacar sebelum liburan semesteran? Lupakan, sob! Karena di tahun ajaran baru, sudah tiba, nih, seangkatan anak-anak baru yang siap membuat hari-harimu lebih seru. Mungkin aja salah satu dari junior itu pada akhirnya akan jadi kecengan, pacar, atau sahabat kamu.

8. Belum bosan dengan makanan seputar kampus dan kosan. Setelah libur lama, mungkin kamu malah jadi kangen sama makanan kantin atau seputar kampus.

9. Mencoba mata kuliah baru. Saya paling senang memulai semester baru, karena saya jadi bisa menjajal mata kuliah baru yang bikin penasaran. Apalagi kalau saya bisa memilih mata kuliah pilihan dari luar jurusan saya. Biasanya lebih menarik, tuh!

10. Memulai lembaran baru dengan para dosen. Mungkin semester lalu, kamu bermasalah dengan beberapa dosen karena kamu memang hobi bolos kelas dan mengumpulkan tugas lewat deadline (iih… siapa, suruh?). Nah, di semester ganjil baru, kemungkinan besar kamu akan mendapat dosen-dosen baru yang nggak tahu reputasi kamu di semester lalu, hihihi. Ibaratnya, kamu bisa memulai lembaran baru, deh.

11. Akhirnya bisa jadi mandiri lagi. Kalau kamu anak kos, liburan balik ke rumah orangtua memang asyik banget. Bisa santai leyeh-leyeh, makan nggak perlu diirit-irit, dan cucian selalu beres!

Tetapi salah satu kebahagiaan dan kebanggaan jadi anak kuliahan adalah bisa hidup mandiri. Setelah sekian lama tinggal di kenyamanan ketiak orangtua, kangen juga bisa balik ke kosan, lalu mengatur hidup sendiri lagi. Asalkan jangan lupa sering-sering telpon orang rumah juga ya, sob!

Baca juga:

 

(sumber gambar: daraz.pk, rmpfa.com, unnes.acid, theodysseyonline.com, tenor.co)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 26 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1