4 Drama Skripsi dan Cara Mengatasinya

Skripsi merupakan salah satu syarat agar kamu dapat lulus dari jenjang perkuliahan strata satu. Banyak orang yang mengeluh bahwa skripsi merupakan suatu hal yang paling berat dan menakutkan dalam jenjang perkuliahan. Bahkan, banyak orang yang memanggil skripsi dengan skripsh*t karena merasa terbebani dengan hal tersebut.

Kamu perlu tahu, memang skripsi sulit untuk dikerjakan namun tidak ada yang tidak mungkin kan, gaes? Buktinya saja, sekarang banyak kok sarjana-sarjana dari berbagai universitas. Sebenarnya apa sih yang bikin sulit dari mengerjakan skripsi dan bagaimana cara penyelesaiannya? Nah, check these out!

Skripsi-block

terkena skripsi-block

Yang satu ini merupakan drama skripsi yang paling sering terjadi oleh para mahasiswa, yap skripsi-block. Kalau kamu sering mendengar istilah writer’s block, nah skripsi-block pun hampir sama dengan istilah writer’s block. Skripsi-block merupakan suatu kondisi yang terjadi kepada mahasiswa ketika para mahasiswa merasa bahwa dirinya kehilangan motivasi atau kreativitas dalam menulis skripsinya.

Penyebab terjadinya skripsi-block ini bermacam-macam, gaes. Tapi yang paling sering terjadi nih, biasanya karena para mahasiswa sering sekali mendapatkan banyak revisi yang diberikan oleh para dosen pembimbingnya.  Selain itu, para mahasiswa tingkat akhir biasanya mulai mencari pekerjaan magang nih, gaes. Pekerjaan magang yang cukup menyita waktu akhirnya menjadi suatu alasan para mahasiswa mengalami penurunan motivasi dalam menulis skripsi.

Terus, gimana sih caranya untuk mengatasi drama skripsi-block ini? nah, karena hal yang “diserang” dari skripsi-block adalah motivasi dan kreativitasanmu, maka kamu harus mencari motivasi yang dapat me-booster kreativitasmu. Bisa loh kamu mengerjakan skripsi sambil nongkrong-nongkrong cantik di café yang tidak terlalu ramai. Suasana baru dan secangkir kopi pasti akan membantumu dalam meningkatkan kreativitasmu.

Atau kamu ingin tetap mengerjakan skripsi di rumah? Bisa banget! Sediakan berbagai macam makanan kesukaan untuk menemani hari-harimu dalam mengerjakan skripsi. Jangan lupa, berikan jeda waktu untuk beristirahat ya.

Kalau kamu tetap merasakan skripsi-block walaupun sudah menjalankan cara-cara di atas, cobalah untuk tinggalkan skripsimu sejenak. Kamu bisa melakukan liburan singkat seperti pergi ke pegunungan, ke pantai dan ke tempat wisata alam lainnya. Selain meningkatkan kreativitas, dengan berwisata alam kamu pun dapat merileksasi pikiran, meningkatkan mood dan juga membuat tubuhmu segar.

Dosen Pembimbing Susah untuk Diketemui

susah mencari jadwal bertemu dengan dosen pembimbing

Nah, ini nih drama skripsi yang paling dikeluhkan. Coba bayangkan, gaes, kamu lagi on fire banget nih untuk mengerjakan skripsimu, eh tiba-tiba ketika dosen diajak untuk bertemu malah dosennya yang sibuk. Duh, pastinya sangat menyebalkan ya.

Banyak dari mahasiswa, akhirnya kehilangan motivasi untuk mengerjakan skripsinya karena hal seperti ini. yang seharusnya, skripsi sudah di revisi oleh dosen pembimbing tapi karena kesibukannya, skripsimu malah stuck disitu-situ saja.

Daripada kamu diam-diam saja di rumah, lebih baik kamu lanjutkan skripsimu berdasarkan apa yang kamu ketahui. Setidaknya, walaupun kamu sulit bertemu dengan dosen pembimbing, skripsimu tetap memiliki progres. Jangan lupa juga gaes, dosen pembimbingmu perlu diberikan perhatian ekstra misalnya seperti mengirimkan chat untuk mengingatkan dosen pembimbingmu untuk bertemu atau merevisi skripsimu. Tapi, kamu tentunya harus mengingat etika mengirim chat ke dosen ya supaya dosenmu tidak merasa di teror dengan chat-chat darimu, hehe.

Data Skripsi Hilang

data skripsi hilang

Nggak cuma ngeselin, kalau data skripsimu hilang pastinya akan menghambatmu dalam menyelesaikan skripsi, bukan? Banyak dari mahasiswa yang merasakan bahwa drama data skripsi hilang merupakan hal yang paling menyusahkan karena kamu harus mengulang penulisan skripsimu dari awal.

Duh, sebelum hal tersebut terjadi dalam masa penulisan skripsimu dan mengganggumu dalam penyelesaian skripsi, coba lah untuk me-backup data skripsimu di banyak tempat. Jaman sekarang, media penyimpanan sudah banyak sekali, gaes. Kamu bisa me-backup data skripsimu di media penyimpanan data online seperti google drive, dropbox, iCloud, OneDrive dan sebagainya. Dengan media penyimpanan online, kamu dapat dengan mudah menyimpan dan mengunduh kembali data-data skripsimu.

Selain media penyimpanan online, kamu juga bisa menyimpan skripsimu di media-media lainnya seperti di hardisk, flashdisk, handphone dan sebagainya. Kamu pun harus make sure untuk berhati-hati dalam menggunakan alat-alat tersebut agar tidak terkena virus dan berdampak kepada hilangnya data skripsimu.

Susah Mencari Narasumber yang Berkaitan dengan Tema Skripsi

Drama skripsi selanjutnya yang sering terjadi adalah sulitnya mencari narasumber yang berkaitan dengan tema skripsi. Banyak dari para mahasiswa memiliki tema skripsi yang cukup unik seperti misalnya meneliti tentang mantan napi, meneliti tentang waria dan sebagainya.

Narasumber unik seperti yang telah disebutkan di atas, terkadang sulit untuk ditemukan karena bisa jadi mereka yang menutup dirinya untuk bercerita atau karena kamu sama sekali tidak memiliki jaringan untuk mencapai narasumber tersebut.

Dahulu, narasumber skripsi saya ialah para model perempuan. Karena saya tidak memiliki jaringan ke para model perempuan tersebut, akhirnya hal tersebut menjadi drama tersendiri untuk saya. Awalnya, saya bingung bagaimana caranya mencari narasumber model perempuan, tapi pada akhirnya saya menemukan cara yang termudah dan paling efektif. Cara ini dapat dijadikan referensi buat kamu loh dalam mencari narasumber skripsi.

Cara yang termudah dan paling efektif, kamu bisa mencari narasumber skripsi melalui internet dan juga sosial media. Jika kamu tetap merasa kesulitan dalam mencari narasumber dengan cara tersebut, kamu bisa pergi ke tempat-tempat yang memang berhubungan dengan tema skripsimu. Misalnya, kamu meneliti tentang mantan napi kamu bisa banget mendatangi Balai Pemasyarakatan a.k.a BAPAS.

Kamu juga bisa banget nyari narasumber skripsi dari jaringan pertemananmu, siapa tahu temanmu memiliki jaringan lagi untuk mencapai narasumber skripsimu. Maka dari itu, yuk kita perluas jaringan pertemanan kita karena jaringan itu tentunya akan memberikanmu banyak manfaat.

***

Nah, dari keempat drama tersebut, drama mana yang menurutmu paling menyebalkan? Semoga dengan artikel ini, kamu bisa mengatasi drama-drama perskripsianmu ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: unsplash.com)

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 6 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1