Ingin Skripsi Selesai Tepat Waktu? Ikuti 5 Tips Mudah Ini!

S-k-r-i-p-s-i. Satu kata yang jadi momok bagi hampir seluruh mahasiswa, terutama mahasiswa yang udah menginjak masa-masa semester tua. Nggak jarang, banyak dari mereka yang menyerah atau gugur selama proses pengerjaannya saking mengerikannya tugas akhir yang satu ini. Akibatnya, waktu masa studi pun harus bertambah dan file skripsi hanya teronggok nggak tersentuh di sudut laptop.

Hmm, tapi apakah skripsi emang semengerikan itu? Ada nggak sih tips-tips yang bisa dilakukan agar skripsi kamu nggak terbengkalai begitu aja? Tenang, ada banyak cara, kok, yang bisa kamu lakukan agar semangat mengerjakan skripsi tetap terjaga sampai akhir. Yuk, kita bahas bareng-bareng!

Skripsi, "makhluk" apakah itu?

Pada hakikatnya skripsi atau tugas akhir hanyalah sebuah mata kuliah yang kebetulan berada di akhir masa studi dengan jumlah SKS yang juga kebetulan lebih banyak daripada mata kuliah lainnya. Pembeda utama skripsi dengan matkul lain ada pada proses pembelajarannya. Kalau di matkul lain kamu akan duduk di kelas, dengerin dosen ceramah, dan ngumpulin tugas makalah, nah skripsi ini lebih condong pada proses perancangan dan penyusunan sebuah karya tulis yang merupakan hasil pikiran kamu sendiri.

Meski ada dosen pembimbing, tapi kamulah yang akan dituntut untuk aktif mencari topik, memilih lokasi, hingga mengolah data untuk nantinya dirangkai menjadi sebuah karya akademis yang menjadi penutup masa perkuliahan kamu.

Jadi, anggap aja ngerjain skripsi itu kayak lagi bikin sebuah mahakarya pamungkas sebelum kamu hengkang dari kampus dan melanjutkan kehidupan di level selanjutnya. Ngerjain mahakarya masa males-malesan? Nggak mungkin, ‘kan?

Oke, skripsi adalah mahakarya. Tapi, kalo memang udah mentok ngerjainnya, kita bisa apa?

Nah, ada beberapa tips nih yang bisa kamu ikutin buat mengatasi rasa stuck selama ngerjain skripsi. Ini dia:

1. Bikin buddy system dengan temen-temen kamu yang juga lagi nyusun skripsi. Skripsian bareng sama temen se-geng bisa jadi kegiatan yang seru lho. Selain bisa memotivasi satu sama lain, kamu juga bisa saling tukar pikiran dengan temen kamu yang kebetulan memiliki topik skripsi yang mirip. Sekiranya kamu merasa malas di tengah jalan, kamu pun bisa minta tolong geng kamu untuk mengingatkan kamu buat kembali semangat lagi.

2. Tentukan jadwal bimbingan rutin. Ketiadaan waktu bimbingan yang pasti selama ngerjain skripsi, bisa jadi biang kemalasan nih! Apalagi kalau dosbing kamu bukan tipe yang suka ngejar-ngejar progress mahasiswanya. Kalau udah gini, kamu pasti akan berpikir ‘Ah nanti aja deh masih lama’. Ujung-ujungnya kamu bakal ngerasa males dan skripsi pun jadi terbengkalai.

Solusinya? Buat perjanjian dengan dosen pembimbing untuk menyusun jadwal bimbingan rutin, misal satu atau dua minggu sekali. Dengan begini, kamu jadi ngerasa punya tanggung jawab untuk menyelesaikan skripsimu sesuai dengan target yang sudah ditentukan sebelumnya.

3. Pembimbing kamu super sibuk? Coba tawarkan untuk bimbingan via e-mail agar lebih praktis dan kamu tetap bisa ber-progress meski tanpa harus bertatap muka langsung. Dengan cara ini, kamu nggak akan lagi lama-lama stuck dan bingung sendirian dalam mengerjakan skripsi.

4. Temukan motivasi pribadimu buat ngelarin skripsi! Ingin segera lulus biar bisa membahagiakan orang tua? Mau cepet-cepet kerja? Pengen liburan? Atau mau balas dendam ke mantan dengan lulus duluan? Apapun itu, jadikan hal tersebut motivasi yang memacu kamu untuk segera menyelesaikan tugas akhir. Penat dan lelah mungkin akan datang menghampiri, tapi dengan mengingat motivasi-motivasi tadi kamu pastinya bakal dapet tambahan semangat untuk melanjutkan skripsi yang tertunda.

5. Bikin timetable dengan detail, lengkap dengan target mingguan yang ingin kamu capai. Memiliki goal dan perencanaan yang jelas merupakan langkah menuju sukses dan menghindarkan kamu dari "khilaf" lalai ngerjain skripsi sampai tiba-tiba udah di ujung semester.

***

Itu dia tadi tips simpel yang bisa kamu lakukan agar skripsimu bisa selesai tepat waktu. Jadi, mulai sekarang jangan males-malesan lagi ya ngerjainnya!

(sumber gambar: theodysseyonline.com, pinterest.com)

Baca juga: 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1