Kalau Kamu Mahasiswa Sibuk, Kamu Pasti Sering Merasakan 5 Hal Ini

Setiap hal pasti ada suka dan dukanya, termasuk kuliah. Yup, kehidupan kampus memang kayak permen aneka rasa—ada sisi manis, asam, dan pahitnya.

Salah satu sisi pahit kuliah adalah, bisa bikin kamu sibuk luar biasa! Kegiatan perkuliahan aja udah JAUH lebih padat daripada kegiatan belajar zaman sekolah dulu, apalagi kalau kamu juga aktif di keorganisasian mahasiswa. Beuuh.

Kalau kamu termasuk mahasiswa sibuk, pasti kamu sering merasakan hal-hal berikut ini.

1. Kecapekan 24/7, setiap hari, setiap saat

Jadi mahasiswa memang capek. Setiap saat, kamu harus selalu mengerjakan tugas—entah itu tugas individu ataupun kelompok—serta belajar untuk aneka ragam ujian. Belum lagi kalau kamu ikut dalam keorganisasian dan punya pekerjaan part-time.

Padahal kalau dipikir-pikir, mungkin kamu seringkali merasa kecapekan bukan karena sibuk mengerjakan kewajiban-kewajiban kamu, tetapi karena sibuk mikirin kewajiban-kewajiban tersebut. Dikerjakan, sih, belum tentu. Benar nggak?

2. Merasa bersalah kalau refreshing

Di saat kamu merasa jenuh dengan belajar dan mengerjakan tugas, pasti jadi kepengen refreshing, dong, agar otak break sebentar dari rutinitas perkuliahan. Entah itu maraton serial TV favorit, baca-baca komik, atau nge-mall. Tap, tap, tapi, kok, melakukannya bikin merasa bersalah, ya?

Memang, sih, perkuliahan adalah prioritas utama kamu sebagai mahasiswa, sehingga mungkin kadang kamu merasa bersalah kalau refreshing, karena merasa membuang-buang waktu. Apalagi kalau kamu sedang kepepet deadline.

Padahal, sih, seharusnya kamu nggak usah merasa begitu. Refreshing sejenak, tuh, nggak apa-apa banget, lho. Asalkan sehabis refreshing, kamu langsung semangat lagi menjalani seabrek kegiatan dan kewajiban.

3. Selalu merasa kurang tidur

“Kembalikan waktu tidur kami!” Kalau ketemu dosen, rasanya kepengen ngomong gitu nggak, sih?

Sebagai mahasiswa, kamu pasti seringkali harus begadang untuk menyelesaikan tugas-tugas. Kalau begadangnya sekali-kali, sih, nggak apa-apa. Misalnya, ketika harus ngebut menyelesaikan sebuah makalah dalam satu malam. Pada kenyataannya, kamu seringkali harus begadang beberapa malam berturut-turut, karena tugas kuliahnya memang nggak habis-habis!

Nah, hal ini yang lama-lama bisa bikin frustrasi. Apalagi kalau besoknya kamu harus masuk kelas pagi. Rasanya pengen teriak, “BUTUH TIDUR, NIH, DEMI APAPUN!”

4. Nggak bisa menikmati jam kosong

Saat kuliah, kadang-kadang kelas mendadak libur karena, misalnya, dosennya tiba-tiba berhalangan hadir. Sama kayak zaman SMA, lah. Bedanya, kalau pas SMA ada jam kosong, rasanya hepi banget karena kamu jadi bisa leha-leha. Tapi saat kuliah, jam kosong, tuh, nggak berasa, sob!

Kenapa? Karena saking banyaknya tugas yang harus diselesaikan, kelas kosong pun seringkali harus dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas, entah tugas yang udah kepepet deadline, maupun tugas yang deadline-nya masih lama tapi mau dicicil dari sekarang. Sedih!

5. Kamu jadi jarang diajak nongkrong bareng

Kalau kamu termasuk mahasiswa sibuk, suka nggak suka, pasti waktu kamu untuk nongkrong bareng teman ataupun quality time bareng keluarga jadi berkurang. Alhasil, kamu jadi sering menolak ajakan hang-out bareng dengan orang-orang terdekat, apalagi ajakan short getaway alias liburan singkat bareng.

Mungkin awalnya mereka protes, tapi lama-lama mereka jadi maklum. Dan saking “maklum”nya, lama-lama… mereka jadi nggak pernah ngajak kamu gabung bareng lagi. Yaaah :(

Kalau hal ini terjadi, nggak usah baper, sob! Teman-teman kamu bukannya nggak suka berteman sama kamu lagi, tapi mereka udah pasrah sama kesibukanmu. Mereka nggak mau ganggu, apalagi mendistraksi kamu.

Yang penting, kalau ada teman butuh bantuan—atau kalau ada teman yang mengundang kamu datang ke hajatan penting mereka—usahakan selalu hadir, ya. Lagian kamu ‘kan pasti terhubung dengan teman-teman dan keluarga lewat grup Line dan Whatsapp. Minimal komunikasi di situ jangan sampai putus, deh.

Dan nanti, ketika kesibukanmu mulai renggang, jangan lupa gantian ajak teman dan keluarga untuk quality time bareng, ya.

***

Jadi, yang sering mengalami salah satu hal di atas, mana suaranyaaa…?

(sumber foto: theguardian.com, giphy.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 21 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1