Sebelum Lulus Kuliah, Kamu Harus Kuasai 5 Bekal Ini Terlebih Dulu

Saat kamu udah kuliah, kamu akan punya tanggung jawab yang lebih besar, gaes. Kamu nggak cuma bertanggung jawab ke orang tua aja, tapi kamu juga bertanggung jawab sama diri sendiri. Beda banget, ‘kan, sama masa-masa sekolah dulu? Hehehe.

Ya, bisa dibilang, kuliah merupakan fase penentuan masa depanmu. Oleh karena itu, selain hard skills yang kamu pelajari di kelas, ada juga beberapa bekal yang harus kamu kuasai demi masa depan yang lebih baik.

Kalo keterampilan akademis bisa kamu dapatkan saat di kelas, keterampilan soft skills ini bisa jadi nggak akan kamu temukan di dalam kelas perkuliahan manapun. Tapi, bisa kamu temukan saat kamu mengikuti berbagai kegiatan di luar kelas perkuliahan (misalnya, kegiatan BEM Fakultas atau UKM), gaes.

Nah, sebelum terlambat, berikut ini beberapa soft skills yang harus kamu pelajari sebelum masa-masa kuliahmu berakhir.

1. Berkarakter baik

Berkarakter baik

Ya, emang, sih, kompetensi akademis yang kamu dapatkan selama masa pendidikan di perkuliahan mampu membantu kamu jadi seorang yang profesional. Tapi, kalo kamu cuma pintar tapi nggak punya karakter yang baik, pasti orang-orang juga nggak akan respect sama kamu, gaes.

Nah, kualitas karakter baik menurut abad 21—di antaranya adalah punya rasa ingin tau yang tinggi, berinisiatif, berdaya juang, adaptif, berjiwa pemimpin, serta memiliki kesadaran sosial dan budaya.

2.  Jiwa kepemimpinan

Jiwa kepemimpinan

Entah kamu sadari atau nggak, tapi jiwa kepemimpinan itu adalah poin penting yang seharusnya dimiliki oleh semua orang. Lho, kok bisa?

Soalnya, setiap orang adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Kalo kamu udah bisa memimpin dirimu sendiri dengan baik, maka kamu bisa memotivasi orang lain untuk mencapai hal besar yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

3. Peka terhadap sesama

Peka terhadap sesama

Masa perkuliahan juga merupakan salah satu waktu terbaik untuk mengabdikan diri ke masyarakat, lho. Sebelumnya harus kamu pahami dulu, kalo kuliah itu bukan cuma untuk dirimu sendiri. Sedikit banyak, kamu juga punya tanggung jawab kepada masyarakat.

Misalnya aja, kalo kamu ikut kegiatan KKN yang notaben-nya harus terjun langsug ke masyarakat dan harus tinggal selama beberapa minggu. Tentunya, kamu harus peka dan menolong mereka bila ada yang kesusahan.

Fyi, sering peka terhadap sesama pun bisa mengasah pemikiran kritis dan kemampuan kreatif dalam memecahkan masalah, lho. Dua skill ini benar-benar penting di dunia kerja. Pengalaman ini kadang jadi track record kamu juga untuk bekal pendidikan lanjutan, lho.

4. Adaptif terhadap perubahan

Adaptif terhadap perubahan

Seperti yang kamu ketahui, hidup ini penuh dengan ketidakpastian. Sehingga satu-satunya yang pasti di hidup ini adalah ketidakpastian. Memang terdengar klise, sih, gaes. Hahaha.

Namun ini adalah fakta yang harus diterima oleh semua orang. Untuk itu kamu sebaiknya bersikap adaptif dan merespon baik setiap perubahan yang terjadi dalam hidupmu.

5. Etos kerja yang kuat

Etos kerja yang kuat

Secara sederhana, etos kerja adalah kemampuan untuk menyelesaikan sesuatu secara tepat waktu dengan kualitas tinggi. Etos kerja ini juga penting, gaes.

Soalnya, etos kerja itu menandakan satu halyakni kemampuan dan keinginan untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas diri. Sehingga nggak jarang perusahaan lebih memilih orang yang biasa-biasa aja dengan etos kerja yang kuat daripada orang pintar tapi malas.

***

Itu dia lima soft skills yang harus kamu pelajari sebelum kamu lulus kuliah, gaes. Semoga bisa membantu dalam mengasah keterampilan-keterampilan yang belum kamu ketahui, ya!

 

Baca juga:

(Sumber gambar: lancaster.ac.uk, xinxingyuan.com.cn, kent-teach.com, futurelearn.com, getheroik.com, mycustomstaffing.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1