Menu

10 Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris

Pada saat ini, bahasa Inggris merupakan suatu bahasa yang sangat penting untuk dikuasai. Baik kamu sedang bersekolah, berkuliah, mencari kerja atau bahkan sudah bekerja, bahasa Inggris tetap menjadi suatu hal yang cukup penting untuk kamu kuasai. Ketika kamu bersekolah, kamu akan menemukan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran yang diujikan. Ketika kamu berkuliah, bahasa Inggris menjadi sangat penting karena kamu akan mendapatkan banyak literatur dalam bahasa Inggris.

Ketika kamu sedang mencari pekerjaan, kemampuan dalam berbahasa Inggris menjadi salah satu persyaratan untuk masuk ke suatu perusahaan. Bahkan, ada, lho, gaes beberapa perusahaan yang melakukan diskusi atau wawancara dalam bahasa Inggris untuk menyeleksi calon karyawannya. Ketika bekerja pun, kemampuan berbahasa Inggris dibutuhkan saat kamu berbalas email dengan kolega-kolega kantor.

Ternyata, kemampuan berbahasa Inggris ini sangatlah penting, ya. Nah, buat kamu yang merasa belum bisa berbahasa Inggris, yuk, belajar bahasa Inggris dengan cara mudah dan cepat berikut ini!

1. Sering mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan membaca liriknya

mendengarkan musik

Cara pertama yang bisa kamu lakukan dimanapun dan kapanpun tanpa mengganggu aktivitasmu ialah mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Kamu bisa mendengarkan lagu berbahasa Inggris ketika kamu sedang diperjalanan, saat waktu istirahat sekolah, sebelum tidur dan sebagainya.

Nah, kalau kamu sudah familiar dengan lagu tersebut, biasanya, nih, pasti, kamu ingin ikut menyanyikannya, kan? Biar kamu bisa ikut menyanyikan lagu tersebut, mulailah untuk cari liriknya. Dengan menyanyi sambil membaca liriknya, kamu akan mengetahui bagaimana pronunciation atau pelafalan suatu kata. Jangan lupa juga, ya, untuk caritahu arti kata-kata dan makna dari lirik tersebut!

2. Mencari literatur seru yang berbahasa Inggris

Kalau kamu ingin menambah kosakata bahasa Inggris, membaca literatur dalam bahasa Inggris merupakan kegiatan yang tepat. Dengan membaca literatur, kamu pasti akan menemukan banyak sekali kosakata baru.

Ketika kamu menemukan kosakata baru, pastinya, kamu akan translate kata tersebut, kan, agar kamu mengerti keseluruhan kalimat dari literatur tersebut? Nah, jangan lupa, ya, untuk tandai kata yang nggak kamu pahami dan tulis arti kata disampingnya agar kamu dapat terus mengingat kata tersebut dan artinya.

3. Menonton film berbahasa Inggris

menonton film

Nggak suka mendengarkan lagu dan membaca literatur dalam bahasa Inggris? Eits, jangan khawatir, kamu bisa kok belajar bahasa Inggris sambil menonton film yang kamu suka. Dengan menonton film, kamu bisa belajar cara pronunciation yang benar dan juga arti dari masing-masing kata.

Jangan lupa juga, gaes, untuk menuliskan kata-kata yang baru saja kamu dapatkan dari menonton film. Kamu pun perlu menuliskan arti dari kata-kata tersebut, sehingga, jika kamu lupa dengan kata-kata tersebut, kamu bisa membacanya ulang.

4. Cari idola yang berasal dari negara yang menggunakan bahasa Inggris

Ketika kamu memiliki idola, pasti kamu akan termotivasi untuk mengetahui lebih banyak tentang idolamu tersebut. Ketika saya masih duduk di bangku sekolah, saya memiliki idola yaitu merupakan seorang penyanyi. Nah, karena saya memiliki idola, akhirnya saya mencoba mencari tahu tentang idola saya tersebut di website yang menggunakan bahasa Inggris. Walaupun kesulitan untuk mengerti, namun, idola saya tersebut dapat menjadi motivasi saya untuk mengerti artikel di website tersebut. Jadi, dapat dikatakan bahwa dengan memiliki idola dari negara yang menggunakan bahasa Inggris, akan memotivasimu belajar untuk memahami dan bisa dalam berbahasa Inggris.

5. Rajin-rajin buka google translate

google translate

Kalau kamu sedang pergi ke suatu tempat dan menemukan tulisan dalam bahasa Inggris, namun, ada beberapa kata yang nggak kamu pahami, jangan malas untuk buka google translate, ya! Nah dengan sering-sering mengecek arti suatu kata, kamu secara tidak langsung sedang berusaha untuk memperkaya kosakatamu, lho.

Kalau kamu bingung bagaimana mengucapkan suatu kata, kamu juga bisa, lho, untuk mengklik fitur audio di google translate, sehingga, kamu bisa mengetahui bagaimana melafalkan kata-kata tersebut. Karena google translate ini sangat praktis, maka, jangan malas-malas untuk mengecek arti dari suatu kata, ya!

6. Jangan malu untuk mempraktekkan kemampuan bahasa Inggrismu

Nah, kalau kamu sudah punya banyak kosakata, kalau nggak digunakan, pasti kamu akan lupa dengan koskata tersebut dan artinya. Nggak mau, kan, capek-capek menghafalkan kosakata namun pada akhirnya kamu melupakannya?

Biar kamu nggak lupa dengan kosakata yang sudah kamu hafal, kamu harus sering mengucapkan kosakata tersebut. Caranya gimana? Ya, kamu harus berlatih untuk mengucapkannya dengan melakukan percakapan dengan orang lain. Kamu bisa mengajak temanmu yang jago bahasa Inggris untuk sama-sama melatih kemampuan berbahasa Inggris masing-masing.

7. Download aplikasi belajar bahasa Inggris

Nah, kalau kamu mau belajear bahasa Inggris tapi nggak punya waktu, nggak punya teman buat les bareng, bingung mau les dimana dan sebagainya, kamu bisa kok download aplikasi belajar bahasa Inggris.

Penasaran ada aplikasi apa saja yang bisa kamu download untuk belajar bahasa Inggris? Kamu bisa klik di artikel yang satu ini, ya: Aplikasi Bahasa Inggris Beken yang Bikin Kita Tambah Keren! Udah saatnya banget, nih, untuk memanfaatkan smartphone-mu dengan maksimal!

8. Sering-sering menulis sesuatu dalam bahasa Inggris

menulis untuk memperlancar bahasa inggris

Nah, waktu saya masih duduk di bangku sekolah, ketika waktu kosong, saya suka iseng menulis dalam bahasa Inggris. Halnyang saya tulis juga hal-hal yang sederhana seperti pengenalan diri mulai dari nama, alamat rumah, hobi dan sebagainya.

Setelah merasa punya kosakata yang cukup banyak, akhirnya saya pun mencoba untuk menulis dengan tema selain pengenalan diri. Akhirnya, tema yang saya pilih ada curhat. Iya, curhat. Saya curhat tentang kejadian-kejadian di sekolah, tentang teman-teman saya di sekolah dan sebagainya. Setelah saya luls sekolah, saya sangat mensyukuri kebiasaan sewaktu sekolah ini. Saya jadi nggak kagok ketika berurusan dengan bahasa Inggris.

9. Hilangkan mindset bahwa bahasa Inggris sulit untuk dipelajari

Kalau kamu masih memiliki mindset bahwa bahasa Inggris merupakan suatu bahasa yang sulit, mau sampai kapanpun, kamu akan kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Ketika kamu merasa bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa yang sulit untuk dipelajari, kamu akan kehilangan motivasi untuk belajar dan cenderung takut, lho. Maka dari itu, hilangkan mindset bahwa bahasa Inggris itu sulit.

10. Cari teman maya yang menggunakan bahasa Inggris

teman maya untuk belajar bahasa inggris

Nah, kalau kamu malas untuk berbincang-bincang secara langsung dengan temanmu dalam menggunakan bahasa Inggris, kamu bisa kok cari teman maya yang menggunakan bahasa Inggris. Meskipun kamu nggak ngobrol langsung, seenggaknya kamu akan chat-an dengannya.

Dengan kamu memiliki teman maya yang aktif berbahasa Inggris, pasti kamu akan tertantang untuk mengobrol dengannya. Selain itu, sebagai teman, pasti kamu ingin mengetahui keadaannya, kan? Nah, karena hal ini, pasti, mau tidak mau kamu akan menyapanya dan mengobrol dengan bahasa Inggris.

***

Gimana, nih, gaes? Gampang, kan, tips-tipsnya? Menurut saya, kalau kamu ingin jago berbahasa Inggris, kunci satu-satunya ialah konsisten. Lho, kok, konsisten? Iya dong, coba deh kamu konsisten melakukan kesepuluh tips di atas setiap hari, saya yakin dalam waktu enam bulan saja, pasti kamu sudah memiliki banyak kosakata.

Nah, sekarang tunggu apalagi? Nggak ada alasan, kan, untuk menunda belajar bahasa Inggris? Yuk, terapkan kesepuluh tips di atas agar kamu jago dalam berbahasa Inggris!

Baca juga:

(Sumber gambar: careeraddict.com, bestlaptopsworld.com, wbur.org,  searchengineland.com, ministrytech.com,)

LATEST COMMENT
fauzyiahputri | 1 hari yang lalu

Kak mau tanya. Apakah benar tahun 2020 tidak boleh pindah jurusan?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Tisam Ali | 2 hari yang lalu

Setahu kami, mata pelajaran yang umum.

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Tisam Ali | 2 hari yang lalu

Pendaftaran SNMPTN gratis. Namun setelah masuk kamu perlu membayar biaya kuliah sesuai kebijakan kampus. Untuk keringanan/beasiswa, bisa mengikuti program Bidikmisi.

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Tisam Ali | 2 hari yang lalu

Kamu perlu menanyakannya pada pihak kampus, apa saja persyaratan yang perlu dipenuhi.

Organisasi Kampus: BEM, HM, DPM dan Serba-Serbinya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©