Aplikasi Bahasa Inggris Beken yang Bikin Kita Tambah Keren

Pada setuju dong, ya, kalau saya bilang bahasa Inggris itu penting banget. Untuk kebutuhan kerja, maupun pergaulan sehari-hari, bahasa Inggris wajib kita kuasai dengan baik. Apalagi kalau gebetan bahasa Inggrisnya lancar. Makin wajib! Malu, ah, kalau cuma bisa ngomong yes, no, dan no smoking.

Tentunya, belajar bahasa Inggris bisa darimana aja. Tapi untuk melatihnya, kadang kita malas nggak, sih?

Untungnya, ada banyak aplikasi gratis dan seru yang bisa ngebantu kita latihan bahasa Inggris. Karena tersimpan di smartphone, kita bisa ‘mainin’ aplikasi-aplikasi ini kapan saja, misalnya sambil antri di bank… atau nongkrong di toilet.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa saya rekomendasikan.

Elevate – Your Personal Brain Trainer

Elevate

Elevate nggak hanya melatih kemampuan bahasa Inggris kita, tetapi juga kemampuan penting lainnya, seperti daya ingat dan matematika sederhana, dengan cara menawarkan soal-soal yang variatif. Contohnya, ada listening part yang melatih kita mengingat nama orang beserta aktifitas mereka, speaking part yang melatih kita menyusun kalimat dari huruf-huruf yang diacak, serta hitung-hitungan matematika dengan pilihan jawaban yang melatih otak tapi nggak bikin stress.

Selain itu, Elevate juga menawarkan latihan harian yang record-nya bisa kita simpan. Semakin baik hasil latihannya, materi yang ditawarkan pun semakin beragam.

Memrise

Memrise

Memrise adalah sebuah aplikasi yang bertujuan memperkuat kosakata bahasa asing kita. Nggak hanya bahasa Inggris, tetapi juga berbagai bahasa lainnya. Metodenya adalah mengulang-ulang pertanyaan agar materi kosakata bahasa yang kita pelajari benar-benar ngelotok di luar kepala. Dijamin, kita nggak akan hanya hapal, tetapi juga paham hal-hal yang kita pelajari.

Selain itu, materi Memrise bisa di-download sehingga kita bisa tetap latihan offline tanpa koneksi internet. Hebatnya lagi, demi mendapatkan metodologi pengajaran yang tepat, Memrise bekerjasama dengan University College London untuk mengadakan kompetisi sains tiap tahun, lho. Niat!

Duolingo

Duolingo

Awalnya saya nge-download Duolingo karena tertarik dengan ikonnya yang ngegemesin. Pas dibuka, eh, kok latihan bahasa Inggrisnya juga asik?

Sebelum mulai menggunakan aplikasi ini, kita akan ditanya apakah kita pemula atau bukan. Kalau kita merasa bukan pemula, Duolingo akan memberikan tes untuk menentukan tingkat kemahiran kita. Meski demikian, kita tetap bisa belajar materi-materi dasar, kok, just in case kita mau memperkuat kemampuan bahasa Inggris dari akarnya (pohon kali, aaah!).

Oya, soal-soal latihan di aplikasi Duolingo ini pendek-pendek tapi bermanfaat, dengan materi-materi ilmu grammar seperti kata hubung, kata tunggal vs kata jamak, frasa, dan sebagainya.

Learn English with Busuu

Learn English with Busuu

Pada aplikasi ini, kita akan banyak mendengar percakapan dalam bahasa Inggris, lalu kita harus menjawab soal-soal berdasarkan isi percakapan tersebut.

Keunggulan Busuu adalah visual dan pengemasannya yang atraktif. Busuu juga bakal ngasih reward berupa Busuu-Berries setiap kali kita belajar. Jadi makin sering belajar, kita makin banyak dapet Busuu-Berries. Kalau Busuu-Berriesnya sudah banyak, kita bisa unlock materi berikutnya, deh!

LearnEnglish Podcast

Learn English Podcast

Kalau kamu pengen mempertajam skill listening dalam bahasa Inggris, aplikasi LearnEnglish Podcast dari British Council ini bisa jadi pilihan yang tepat, terutama dengan native speaker serta metode reading along listening-nya.

***

Dari semua aplikasi di atas, sejauh ini favorit saya, sih, Elevate. Soalnya di setiap materi, Elevate ngasih batas waktu untuk kita menyelesaikan soal-soalnya. Jadi bikin deg-degan sendiri, deh!

Untuk download aplikasi-aplikasi ini, kamu bisa langsung cari di Google Play (untuk Android), App Store (untuk iOS) atau Microsoft Store (untuk Windows).

Selamat belajar sambil bersenang-senang!

(sumber gambar: smartappsforkids.com, Phone Arena, Definitive Gear, Forcefield, Google Play)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Crypton | 15 hari yang lalu

Setelah 2018 ingin masuk oseanografi di postingan ini dan sekarang sudah semester 9, sangat bersyukur bisa ada di oseanografi.. Next S2 Ocean Instrumentation!!

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Olinnn | 19 hari yang lalu

Open pp/endorse cek ig : pragunawati_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1