Menu

4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Tiga Bulan Terakhir Tahun 2019

2020 akan datang 3 bulan lagi. Secepat itu. Jauh-jauh dari semua yang bikin buang-buang waktu. Apa dan siapa. - Tulus -

Nggak terasa, sekarang ini kita sudah memasuki mingu-minggu terakhir di bulan Oktober. Itu artinya, sekitar 2 bulan lagi kita akan segera berpisah dengan tahun 2019 dan memasuki tahun baru a.k.a tahun 2020.

Of course, banyak hal yang sudah kamu lalui di tahun ini. Banyak kenangan-kenangan yang nggak bisa kamu lupakan saat akan meninggalkan tahun ini—ada tawa, tangis, sedih, bahagia, hingga kegagalan.

Kamu pastinya sudah nggak sabar untuk menanti tahun baru 2020 bukan? Well, agar tahun 2019 ini nggak berlalu begitu saja seperti kata Tulus. Kamu masih punya waktu untuk melakukan hal-hal positif di tiga bulan terakhir tahun ini. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

1. Menyelesaikan resolusi-resousi yang telah kamu buat diawal tahun 2019

Di awal tahun 2019 kemarin, di antara kamu ada yang membuat sebuah resolusi atau target-target yang ingin kamu capai selama tahun 2019 ini nggak, sih?

Kalau ada, maka hal yang bisa kamu lakukan adalah segera mengerjakan dan menyelesaikan target-target yang telah kamu buat itu. Meskipun sudah memasuki bulan-bulan terakhir di 2019, kamu tetap mempunyai kesempatan untuk mewujukannya, kok.

Saran saya, selama tiga bulan terakhir ini, cobalah untuk membuat strategi-strategi baru, agar kamu bisa mencapai target dan menyelesaikan resolusi yang kamu buat. Misalnya, dengan bekerja lebih keras lagi, bangun lebih pagi lagi, lebih rajin lagi, hingga berdoa lebih ikhlas.

Oyaa,  semangat kamu untuk bisa mencapai target tersebut juga jangan sampai kendor alias menurun, ya, gaes.

2. Membudayakan hidup sehat

Buat saya, mau sepintar apapaun kamu, mau serajin kamu apapun kamu, mau sekaya apapun kamu, itu percuma saja kalau kamu sering sakit-sakitan. Entah itu cuma pusing, pilek, batuk, dan lain-lain.

Kesehatan adalah hal yang paling penting dan paling berharga daripada apapun. Karena dengan sehat, kamu bisa melakukan dan menikmati banyak hal.

Apalagi, akhir-akhir ini, cuaca sangat sulit sekali untuk ditebak, ‘kan? Di beberapa wilayah panas terik, di wilayah lainnya turun hujan, dan sebagainya. Alhasil, hal tersebut juga akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan kamu.

Nah, kalau bulan-bulan sebelumnya kamu belum membiasakan diri untuk hidup sehat. Maka sekarang ini adalah waktu yan tepat. Makanlah makanan yang sehat, sering-seringlah olahraga dan jaga kebersihan lingkungan dengan baik.

Selain menjaga kesehatan fisik, kesehatan mental juga amat sangat penting untuk diperhatikan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi-aplikasi ponsel pintar—seperti moodpath, calm harm, mood tools dan myoasis. Informasi selengkapnya bisa kamu baca di sini.

3. Perbaiki cara mengatur keuangan

Hayoo.. kamu termasuk ke dalam orang yang suka kehabisan uang di akhir bulan nggak? Pasti kebanyaan iya, apalagi kalau kamu anak kuliahan atau anak kantoran. Betul nggak? Hehehe.

Kehabisan uang di akhir bulan memang hal lumrah yang sering terjadi. Penyebabnya banyak hal, gaes. Atau bisa jadi karena kamu melakukan beberapa kesalahan dalam mengatur keuangan yang nggak kamu sadari. Misalnya, kamu banyak membeli barang-barang yang nggak terlalu diperlukan, nggak mencatat pengeluaran, malas untuk menabung, dan lain sebagainya.

That’s why, mulai dari sekarang perbaiki cara mengatur keuanganmu agar lebih baik dan efektif. Soalnya, kalau kebiasaan seperti itu terus menerus kamu lakukan. Maka, jangan harap di tahun berikutnya, kondisi keuangan kamu akan bisa baik-baik saja, ya.

Saya akui hal-hal yang baik itu memang sulit untuk dilakukan, tapi kalau mulai membiasakan diri untuk mengatur keuangan, itu pasti akan sangat membantumu di tahun 2020 nanti.

4. Introspeksi diri

Last but not least, kamu jangan lupa untuk merenungkan semua kesalahan yang sudah kamu lakukan di tahun 2019 ini. Mulai dari kesalahan dalam mengambil keputusan, berharap penuh kepada manusia, hingga kesalahan-kesalahan yang sengaja atau nggak sengaja yang telah kamu lakukan kepada orang terdekat—seperti orang tua, kakak, adik, sahabat, guru, dan yang lainnya.

Setelah kamu merenungi apa yang sudah kamu lakukan, jangan lupa juga untuk memperbaiki semua kesalahan-kesalahan tersebut, ya. Nggak ada kata terlambat untuk memperbaiki kesalahan yang sudah pernah kamu lakukan. Percayalah, kalau kamu bisa introspeksi diri akan sangat bermanfaat buat kehidupan kamu selanjutnya.

***

Sekali lagi, tiga bulan ini jangan kamu biarkan berlalu begitu saja, gaes. Carilah berbagai hal positif untuk bisa mewujudkan segala target yang sudah kamu rencanakan di awal tahun 2019, agar tiada menyesal di kemudian hari.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: calendar.com, dailytelegraph.com)

LATEST COMMENT
Rika Pratiwi | 15 jam yang lalu

mau tanya, kalo pindahan semester 3 ga terima jalur undangan snmptn ga?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©