Cara Memberikan Kesan Pertama yang Baik Kepada Setiap Orang yang Kamu Temui

Menciptakan kesan pertama yang baik adalah hal yang paling penting di setiap momen dalam hidup kamu, seperti saat kenalan dengan teman baru, atau ketika kamu melakukan wawancara kerja.

Kamu hanya punya satu kesempatan untuk menciptakan kesan pertama, dan pastinya kamu harus bisa melakukan yang terbaik.

Tetapi ternyata masih banyak orang yang mengira “kesan pertama yang baik” berarti “harus memiliki penampilan yang super menarik”. Bukan!

Sure, kesan pertama pasti dimulai dari hal yang paling luar, alias penampilan, karena penampilan adalah hal yang paling mudah dinilai dengan sekali lirik. Tetapi bukan berarti kamu harus punya tampang dan penampilan seperti model runway, lho, demi menciptakan kesan pertama yang baik!

So, gimanapun kondisi kamu, inilah cara-cara yang bisa kamu terapkan untuk memberikan kesan pertama yang baik kepada setiap orang yang kamu temui.

1. Kenakan apapun yang membuat kamu nyaman

1

Usaha tampil kece demi menciptakan kesan yang baik itu nggak apa-apa banget. Tetapi kalau penampilan kamu terlalu ribet dan ujung-ujungnya bikin kamu risih sendiri, kamu malah bakal bikin orang di sekitar kamu ikutan risih. Ujung-ujungnya, kamu jadi kelihatan trying too hard to impress people.

Padahal, cukup dengan berpenampilan “pantas”, kamu sudah bisa menciptakan kesan yang baik, kok!

Berpenampilan “pantas” itu maksudnya gimana, sih? Maksudnya adalah dengan mengenakan pakaian yang sesuai dengan sikon, alias nggak saltum. Jangan lupa juga untuk merawat diri kamu dengan cara yang paling dasar, seperti rajin mandi, cuci muka, dan menyisir rambut. Kalau kamu nyaman dengan diri sendiri, orang di sekitar kamu akan ikut merasa nyaman dengan kehadiran kamu.

2. Ketika ada kontak mata: senyum!

2

Tersenyum memang salah satu kunci utama untuk memberikan kesan baik kepada semua orang, tapi bukan berarti kemana-mana kamu harus nyengir 24/7 sampai gigi kamu kering, sob!

Menurut penelitian Princeton University, kalau kamu murah senyum, kamu terkesan dapat dipercaya dan diandalkan. FYI, orang-orang selalu melakukan snap judgement—alias penilaian singkat—mengenai apakah seseorang dapat dipercaya atau tidak hanya dengan melihat wajah orang tersebut selama 34 milidetik, lho. That’s hella quick!

Makanya, nggak ada gunanya kalau kamu terus-terusan pasang “senyum palsu” hanya demi meninggalkan kesan baik. Cukup pasang senyuman yang tulus dari hati ketika seseorang melakukan kontak mata dengan kamu, karena nggak butuh waktu lama, kok, untuk membuat mereka terkesan.

3. Bahas hal-hal yang menarik dan netral

3

Ketika ngobrol dengan orang baru, topik obrolan kamu nggak harus berat. Bahasan-bahasan klise seperti cuaca pun nggak masalah, asalkan kamu selalu update soal hal yang kamu bahas agar pembicaraan kamu semakin menarik.

Trus, jaga pembicaraan kamu untuk tetap netral. Kamu nggak akan memberikan kesan yang baik, kalau obrolan kamu berubah menjadi adu argumen, apalagi sampai berdebat sengit!

Kalau kamu ragu atau merasa nggak punya topik obrolan yang menarik, bahaslah apapun yang menyangkut makanan! Percaya, deh. Membahas makanan nggak pernah salah.

4. Ask more, say less

4

Mengobrol dan membuka diri memang hal yang oke, tapi jangan lupa bahwa obrolan yang baik selalu melibatkan dua sisi. Jangan egois dan terus-terusan mendominasi pembicaraan. Nanti kamu malah bikin lawan bicara kamu bete.

Kamu juga jadi dianggap nggak sok ramah dan basa-basi ketika kamu memperhatikan apapun yang ingin mereka sampaikan. Ingat, jadi pendengar yang baik itu adalah skill paling kece yang bisa banget bikin orang di sekitar kamu terkesan!

(sumber gambar: medellinbuzz.com, tumblr.com, giphy.com, pandawhale.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 26 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1