Hal-Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Ketika Menggunakan Ask.fm

Anak muda zaman sekarang kayaknya udah nggak mungkin dipisahkan dari media sosial ya, sob. Sayangnya, media sosial nggak cuma punya dampak positif, tapi juga dampak negatif. Apalagi kalau kita nggak bijak dalam menggunakannya.

Diolah dari Koran Sindo, berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika menggunakan Ask.fm. Melalui Ask.fm, kita bisa bertanya kepada orang lain dengan menggunakan identitas atau tanpa identitas (anonim).

1. Jadikan tempat berbagi ilmu

Ask.fm bisa banget dijadikan sarana untuk berbagi ilmu. Seperti Riri Setio Rini, yang memanfaatkan Ask.fm sebagai sarana untuk berdakwah. Sementara Rafiq Aziz bilang, Ask.fm juga mudah diakses dan dilihat oleh siapa saja, penyebaran informasi dari berbagai pengguna pun gampang dilihat. "Kita bisa tahu hal-hal baru. Misalnya, destinasi wisata, life hacks, hingga kafe-kafe baru yang enak," katanya.

2. Tanggapi anonim dengan santai

Judging dan bullying adalah dua hal yang sering terjadi di Ask.fm, terutama oleh pengguna anonim. Lalu, bagaimana cara menghadapi user anonim yang bertanya dengan kata-kata kasar dan tidak sopan? Menurut Tiara Ayu Pramesti, kita bisa menjawab dengan baik-baik tanpa perlu kebawa emosi. “Tanggapi anonim usil sewajarnya. Soalnya, kalau mereka ditanggapi nanti malah makin menjadi-jadi dan nggak menyelesaikan masalah.”

Tips ask.fm 1 - Youthmanual

3. Tempat bersosialisasi

Ask.fm merupakaan media bagi penggunanya untuk bersosialisasi. Sebagai pengguna bijak, sudah sepatutnya menggunakan media sosial untuk saling berinteraksi. Seperti yang diutarakan Rafiq Aziz. "[Di Ask.fm] kita bisa buka koneksi sama orang-orang, jadi kenalan kita nggak cuma itu-itu saja".

4. Jangan menghakimi

Tiara Ayu, mahasiswa yang sudah bermain Ask.fm lebih dari 5 tahun ini sepakat bahwa tindakan asal menghakimi itu nggak baik dan nggak pantas. Sebaiknya, kalau kamu memang tidak suka terhadap suatu hal, sebaiknya cari tahu dulu mengenai hal tersebut lalu jadikan hal tersebut sebagai pelajaran buat kamu.

Tips ask.fm 2 - Youthmanual

5. Pintar menyaring informasi

Hal-hal yang dipost di media sosial seringkali nggak sesuai sama aslinya. Begitupun sebaliknya, hal yang nggak seharusnya beredar, malah langsung viral begitu aja. Nah, di sinilah kita harus pintar-pintar memilah informasi. Nggak semua informasi di Ask.fm memiliki fakta akurat dan penting untuk diketahui. Sebaiknya, lakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu sebagai data tambahan kamu juga untuk menghindari kesalahpahaman. Atau jangan buang waktu kamu untuk hal-hal yang kurang penting.

(sumber gambar: yummymummyclub.ca, makeameme.org, nobullying.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 26 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1