Sebelum Balik ke Rutinitas Harian, Yuk "Detoks" Diri Kamu!

Oleh Galih Kenyo Asti*

Durasi liburan tahun ini memang lebih panjang bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Maka, hawa–hawa mager pun kembali menguasai diri. Padahal seabreg tugas sudah menanti, belum lagi aktivitas yang super padat (ciyeee sibuk amat!). Sebelum balik ke rutinitas sekolah atau kuliah, coba detoks diri dan pikiranmu.

1. Berhenti sejenak

Semangat liburan masih menggelora, sementara ajakan nongkrong makin banyak. Rasanya, nggak ada waktu buat istirahat dan me time. Menjelang penghujung liburan, coba deh, "rem" kegiatanmu. Luangkan waktu untuk melakukan hal yang membuat diri kamu benar-benar rileks. Bisa sekadar istirahat di kamar, main game, manjain binatang peliharaan, dan lainnya.

2.  Makan makanan yang bikin bahagia

makanan burger

Angpao hari raya dan uang saku liburan masih bersisa, 'kan? Coba kamu bikin list resto atau kafe yang pengen kamu kunjungi sejak lama tapi belum kesampaian. Atau boleh juga membeli/bikin menu favorit. Dijamin kenyang dan happy, deh!

3. Istirahat yang cukup dengan "diet" smartphone

Selain menenangkan pikiran, tentu kamu mesti memperhatikan kondisi tubuh. Nggak mau dong, back to school/campus dengan kondisi badan yang nggak prima? Langkah awal yang perlu dicoba adalah  menjaga kualitas istirahat dengan mengurangi durasi pemakaian smartphone dalam keseharian.

Apa hubungannya? Soalnya smartphone sering bikin orang kesulitan tidur dan istirahat, saking terlampau asyik kepoin timeline yang nggak ada habisnya. 

4. Motivasi diri sendiri

Pernah mendengar kata-kata bijak yang menyebutkan bahwa musuh terbesarmu adalah diri kamu sendiri? Nah, bila "musuh terbesar" bisa datang dari sendiri begitu pula sebaliknya. Yup, support system terkuat juga datang dari kita sendiri. Dengan terus menerus memikirkan hal-hal positif maka hasil positif pun akan mengikuti. Sebaliknya, jangan pernah membiarkan hal negatif menguasai pikiran. Coba untuk percaya bahwa dirimu mampu melaksanakan tugas dan kewajiban yang ada. Ditambah lagi menjalani semester depan dengan baik. Alhasil, kamu pun bakal makin semangat.

Selamat menempuh semester baru, gaes!

***Tulisan ini dibuat oleh pembaca. Kamu juga bisa menulis untuk Youthmanual dengan submit tulisanmu di sini

(sumber gambar: englishalarabiya.net, today.com, beautifulinspiringgoddess.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 30 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1