The Weekend Workaholic Detox: 7 Langkah Simpel untuk Menikmati Waktu Istirahat Kamu di Akhir Pekan

Bayangin, deh. Selama lima-enam hari seminggu, kamu udah sibuk belajar, bikin tugas, ikut bimbel, ngerjain anu-itu, dan sebagainya. Makanya, saat akhir pekan, kamu butuh banget untuk bersantai, dan seratus persen "memutuskan" diri dan pikiran dari rutinitas weekdays kamu yang melelahkan.

Otak kamu butuh istirahat, sob!

Kalau kata seorang freelance writer Georgia Frances King, dalam tulisannya di majalah Kinfolk, sudah seharusnya kamu meluangkan satu hari dalam seminggu—tepatnya hari Minggu—untuk menyegarkan pikiran diri kamu dari kemumetan pekerjaan serta pelajaran. All things can wait until Monday, dan kamu cuma perlu mengikuti tujuh langkah ini untuk menikmati “hari detox” kamu.

1. Tinggalkan segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan / sekolah / kuliah

1

Sebisa mungkin, jangan biasakan untuk menunda-nunda tugas atau pekerjaan selama kamu masih bisa dan sanggup untuk menyelesaikannya. Don’t be a big, bad procastinator, gaes!

Dengan begitu, kamu bisa meluangkan hari Minggu kamu dengan total, dan nggak perlu mengerjakan apapun yang berhubungan pekerjaan/sekolah/kuliah. Kamu juga nggak akan dikejar rasa bersalah karena belum menyelesaikan tugas dan pekerjaan kamu sampai hari Senin datang.

2. Buat to-do list khusus akhir pekan

Di hari Minggu, kamu punya 24 jam yang bisa kamu gunakan untuk melalukan apa pun yang kamu mau. Nah, cobalah untuk membuat to-do list yang berisi hal-hal simpel yang bisa bikin kamu hepi.

Misalnya, kamu ingin menelepon nenek-kakek kamu yang nun jauh disana, membersihkan kamar tidur, atau sekadar jalan-jalan keliling kompleks sambil minum teh botol. Nah, tulis aja semuanya. Trus, setiap hari Minggu datang, lakukan salah satu aktivitas dari daftar kamu tersebut. Dijamin kamu bakal merasa seperti melakukan sesuatu yang nggak kalah seru dari hari-hari reguler kamu.

3. Atau, jangan lakukan apapun!

2

Nggak ada cara istirahat yang lebih baik dari nggak turun dari tempat tidur kamu seharian, kecuali untuk urusan makan, kamar mandi, atau saat orang tua kamu manggil kamu dari ruangan lain, hihihi.

4. Lakukan kegiatan yang nggak membutuhkan gadget

Ada kalanya kamu butuh rehat sejenak dari gadget, walapun rasanya pasti susah banget pisah sama smartphone tersayang, apalagi buat kamu para milenial yang dikenal sebagai “generasi nunduk”. Amirite?

Sebenernya, kamu bisa, kok, bertahan tanpa teknologi selama satu hari. Cukup temukan hobi yang bisa melepas stres, seperti menggambar atau memasak, trus lakukan hobi tersebut di akhir pekan.

Bodo’ amat, deh, kalau gambar kamu nggak bagus-bagus amat atau masakan kamu agak gosong. Yang penting kamu merasa rileks saat melakukannya.

5. Libatkan diri dalam hiburan yang konstan

Banyak yang bilang kalau nonton serial TV satu season seharian adalah guilty pleasure (termasuk saya), tapi sesungguhnya kegiatan ini sah-sah aja untuk akhir pekan.

Soalnya dengan melakukan hal yang membuat kamu stasis, seperti menonton TV atau membaca buku, kamu bisa melepas kepenatan, baik dari segi fisik maupun psikis. Shedap! *lanjut nonton Game of Thrones season 6*

6. Jadilah orang yang realistis

3

Seandainya kamu punya target tertentu pada minggu itu—misalnya, menyelesaikan Bab 2 skripsi—namun ternyata kamu nggak sanggup untuk mencapai target tersebut, nggak ada gunanya kalau disesali, lho. Jadilah orang yang realistis. Boleh banget, kok, kalau kamu mau menantang diri sendiri, tapi sesuaikan juga dengan kapasitas kamu. Kalau dipaksa, kapan kamu istirahatnya?

Remember, working hard is good, but working smart will do more things.

7. Beri hadiah untuk diri kamu sendiri!

Seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel ini, nggak ada salahnya kamu memberikan reward pada diri sendiri setiap kamu meraih pencapaian sekecil apapun, termasuk merayakan hari istirahat kamu. So, jangan lupa beri hadiah untuk diri kamu sendiri di akhir pekan yang bisa bikin kamu semangat menyambut hari Senin, ya!

(sumber gambar: redfairyproject.com, gettyimages,com, newrelics.com, blogspot.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1