Sumber Materi Persiapan SBMPTN dan Seleksi Mandiri Selain Buku Pelajaran dan Kumpulan Soal

Selain dari buku pelajaran dan kumpulan soal, kita juga bisa belajar untuk SBMPTN dan Seleksi Mandiri dari sumber lain yang mungkin nggak kamu duga sebelumnya.

Materi SBMPTN sendiri adalah TPS yang terdiri dari Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Sementara materi seleksi mandiri lebih beragam, seperti kemampuan dasar, IPA, IPS, pengetahuan umum, dan lainnya. Cek apa saja yang bisa kamu jadikan bacaan dan sumber persiapan SBMPTN 2020 plus seleksi mandiri perguruan tinggi.

1. Koran/artikel online

Baca, baca, baca! Dengan banyak membaca bacaan berkualitas, kemampuan berbahasa dan pemahaman terhadap bacaan kamu jadi meningkat. Kegiatan membaca dapat menambah pengetahuan kosa kata dan tata bahasa alias grammar.

Pengetahuan umum kamu juga akan meningkat, terutama dengan update perkembangan berita. Yup, biasanya ada aja soal ujian yang berkaitan dengan hal situasi terkini dan pengetahuan umum

2. Buku/novel/ensiklopedia

Hampir sama dengan poin 1, yaitu tujuannya meningkatkan kemampuan memahami bacaan. Kamu juga bisa membaca novel berbahasa Inggris. Dari situ, kamu bisa menambah pengetahuan bahasa Inggris yang sudah diterapkan dalam kalimat dan cerita.   

3 Film/tayangan berbahasa Inggris

Menonton merupakan cara mudah dan menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Yah, meskipun jauh lebih santai ketimbang membaca. Apalagi sekarang banyak banget tayangan berfaedah di televisi dan Youtube, seperti film bertema sains, sejarah, filsafat dan pengetahuan lain yang dikemas secara menarik.

4. Kuis/games berhitung

Banyak banget kan, kuis dan games seputar materi hitung-hitungan. Sekalian refreshing, cobalah permainan yang ada hitung hitungannya, supaya kamu makin mahir, cepat, dan teliti dalam berhitung. Ini tentu akan membantu menghadapi ujian Kemampuan Kuantitatif.

5. Games kata: TTS,  scrabble, dan semacamnya.

Kegiatan di waktu santai yang asyik, sekaligus memperkaya kosa kata serta mengasah pengetahuan ejaan yang benar dan pemahaman artinya. Daripada sibuk ghibah dan kepo di medsos?

6. Kamus, baik KBBI maupun kamus bahasa Inggris.

Tiap kali menemukan kata yang kurang kamu mengerti atau ejaannya nggak kamu ketahui pasti, jangan ragu membuka kamus bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Tenang, nggak perlu membawa setumpuk kamus tebal, karena sekarang udah ada aplikasi kamus online dan websitenya.  

7. Platform persiapan masuk PTN seperti Rencanamu.id *Uhuk*

Yup, ilmu nggak   hanya diperoleh dari situs yang berisi teori pelajaran dan kumpulan soal. Website seperti Rencanamu juga membantu persiapan SBMPTN dan seleksi mandiri kamu dengan berbagai informasi dan tipnya. Misalnya, do’s and don’ts pada hari-H ujian, trik belajar, informasi seputar seleksi mandiri, hingga cara meningkatkan kemampuan bahasa dan berhitung.

8. Biografi dan buku pemikiran para penemu dan filsuf.

Biasanya kan, kamu belajar teori text book IPA dan IPS. Dengan membaca biografi dan pemikiran para tokoh sains dan sosial, kamu pun jadi lebih mengerti latar belakang sebuah teori. Harapannya sih, supaya kamu lebih memahami ilmu yang dipelajari. Soalnya paham > hafal. Selain itu, buku ini bisa membuat kamu makin tertarik untuk belajar.

Agak berat sih memang, tapi bisa dimulai dengan membaca artikel rangkuman  biografi yang lebih singkat ketimbang buku atau artikel mengenai sejarah suatu teori. Dan voila, mendadak rumus pitagoras dan hukum gravitasi pun terasa lebih menyenangkan.

(Sumber gambar: Image by <a href="https://pixabay.com/users/Comfreak-51581/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=794978">Comfreak</a> from <a href="https://pixabay.com/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=794978">Pixabay</a>)

 

 

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 3 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1