Sumber Materi Persiapan SBMPTN dan Seleksi Mandiri Selain Buku Pelajaran dan Kumpulan Soal

Selain dari buku pelajaran dan kumpulan soal, kita juga bisa belajar untuk SBMPTN dan Seleksi Mandiri dari sumber lain yang mungkin nggak kamu duga sebelumnya.

Materi SBMPTN sendiri adalah TPS yang terdiri dari Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Sementara materi seleksi mandiri lebih beragam, seperti kemampuan dasar, IPA, IPS, pengetahuan umum, dan lainnya. Cek apa saja yang bisa kamu jadikan bacaan dan sumber persiapan SBMPTN 2020 plus seleksi mandiri perguruan tinggi.

1. Koran/artikel online

Baca, baca, baca! Dengan banyak membaca bacaan berkualitas, kemampuan berbahasa dan pemahaman terhadap bacaan kamu jadi meningkat. Kegiatan membaca dapat menambah pengetahuan kosa kata dan tata bahasa alias grammar.

Pengetahuan umum kamu juga akan meningkat, terutama dengan update perkembangan berita. Yup, biasanya ada aja soal ujian yang berkaitan dengan hal situasi terkini dan pengetahuan umum

2. Buku/novel/ensiklopedia

Hampir sama dengan poin 1, yaitu tujuannya meningkatkan kemampuan memahami bacaan. Kamu juga bisa membaca novel berbahasa Inggris. Dari situ, kamu bisa menambah pengetahuan bahasa Inggris yang sudah diterapkan dalam kalimat dan cerita.   

3 Film/tayangan berbahasa Inggris

Menonton merupakan cara mudah dan menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Yah, meskipun jauh lebih santai ketimbang membaca. Apalagi sekarang banyak banget tayangan berfaedah di televisi dan Youtube, seperti film bertema sains, sejarah, filsafat dan pengetahuan lain yang dikemas secara menarik.

4. Kuis/games berhitung

Banyak banget kan, kuis dan games seputar materi hitung-hitungan. Sekalian refreshing, cobalah permainan yang ada hitung hitungannya, supaya kamu makin mahir, cepat, dan teliti dalam berhitung. Ini tentu akan membantu menghadapi ujian Kemampuan Kuantitatif.

5. Games kata: TTS,  scrabble, dan semacamnya.

Kegiatan di waktu santai yang asyik, sekaligus memperkaya kosa kata serta mengasah pengetahuan ejaan yang benar dan pemahaman artinya. Daripada sibuk ghibah dan kepo di medsos?

6. Kamus, baik KBBI maupun kamus bahasa Inggris.

Tiap kali menemukan kata yang kurang kamu mengerti atau ejaannya nggak kamu ketahui pasti, jangan ragu membuka kamus bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Tenang, nggak perlu membawa setumpuk kamus tebal, karena sekarang udah ada aplikasi kamus online dan websitenya.  

7. Platform persiapan masuk PTN seperti Rencanamu.id *Uhuk*

Yup, ilmu nggak   hanya diperoleh dari situs yang berisi teori pelajaran dan kumpulan soal. Website seperti Rencanamu juga membantu persiapan SBMPTN dan seleksi mandiri kamu dengan berbagai informasi dan tipnya. Misalnya, do’s and don’ts pada hari-H ujian, trik belajar, informasi seputar seleksi mandiri, hingga cara meningkatkan kemampuan bahasa dan berhitung.

8. Biografi dan buku pemikiran para penemu dan filsuf.

Biasanya kan, kamu belajar teori text book IPA dan IPS. Dengan membaca biografi dan pemikiran para tokoh sains dan sosial, kamu pun jadi lebih mengerti latar belakang sebuah teori. Harapannya sih, supaya kamu lebih memahami ilmu yang dipelajari. Soalnya paham > hafal. Selain itu, buku ini bisa membuat kamu makin tertarik untuk belajar.

Agak berat sih memang, tapi bisa dimulai dengan membaca artikel rangkuman  biografi yang lebih singkat ketimbang buku atau artikel mengenai sejarah suatu teori. Dan voila, mendadak rumus pitagoras dan hukum gravitasi pun terasa lebih menyenangkan.

(Sumber gambar: Image by <a href="https://pixabay.com/users/Comfreak-51581/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=794978">Comfreak</a> from <a href="https://pixabay.com/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=794978">Pixabay</a>)

 

 

 

LATEST COMMENT
Vitra Anisya | 10 menit yang lalu

Kalau anak ipa kedua pilihan prodi soshum, bisa gak yaa kak?

Lintas Jurusan SBMPTN 2020: IPS Sulit Ambil Saintek, IPA Bebas Pilih Prodi
Fatimah Ibtisam | 1 jam yang lalu

Hai Claudya, untuk UTBK 2020 hanya ada TPS. Ini berlaku untuk semua pilihan prodi.

Tes Potensi Skolastik UTBK 2020: Tanpa Ujian Saintek, Soshum, dan Campuran, Apakah anak IPS bisa masuk Kedokteran?
Fatimah Ibtisam | 1 jam yang lalu

Cek link di dalam artikel, Rizky. Semoga berhasil!

Kuliah S1 Gratis dengan Beasiswa dari Telkom University x Rencanamu, Begini Caranya!
Fatimah Ibtisam | 1 jam yang lalu

IPA leluasa memilih prodi Saintek maupun Soshum. Namun supaya lebih pasti, cek syarat jurusan SMTA di prodi yang kamu minati tersebut.

Lintas Jurusan SBMPTN 2020: IPS Sulit Ambil Saintek, IPA Bebas Pilih Prodi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1