Profesiku: Digital Creative Group Head, Luddy Gilang Prayogi

Dalam seri "Profesiku", kamu bisa kenalan dengan berbagai profesi, lewat cerita para senior yang menekuninya. Kali ini, yuk, kenalan dengan profesi digital creative group head bareng Luddy Gilang Prayogi!

Luddy Gilang Prayogi (Luddy) bekerja di Digital Identity (PT Fortune Indonesia) sebagai Digital Creative Group Head alias pimpinan grup kreatif di bidang digital advertising. Luddy dulu bersekolah di SMA Negeri 4 Bogor dan merupakan lulusan S1 Universitas Prof. Dr. Moestopo‍ jurusan Ilmu Komunikasi‍. Meskipun Luddy kuliah di jurusan Komunikasi, dia memulai karirnya di Digital Identity sebagai Desainer Grafis, lho.

Profesiku:

Digital creative group head di Digital Identity (PT Fortune Indonesia).”

Tugasku sehari-hari:

1. "Memimpin dan mengarahkan tim kreatif untuk menciptakan kampanye digital bagi klien. Biasanya, proses kreatif dimulai dengan brain storm ide dan mengenal produk serta klien terlebih dahulu."

2. "Menjaga proses eksekusi, baik dari sisi kualitas kreatifitas, teknologi, atau media sosial."

3. "Bekerja sama dengan pihak internal, seperti misalnya tim bisnis, media sosial, IT, pelayanan klien dan segala pihak yang terlibat dengan sebuah kampanye."

4. "Bekerja sama dengan vendor seperti PH photo/video, talent artist, key opinion leader (influencer) dan siapapun di luar tim yang bisa menyukseskan sebuah kampanye."

5. "Mengevaluasi hasil akhir dari sebuah kampanye digital."

Luddy bersama tim Fortune

Jalan untuk mencapai profesi ini:

“Awalnya, gue adalah seorang desainer grafis yang membantu tim kreatif bikin sebuah kampanye. Karena banyak terlibat dengan proses kreatif, gue jadi belajar banyak soal kreatifitas digital. Gue juga jadi mengerti konsep komunikasi lebih dalam lagi. Misalnya, gue jadi paham bahwa platform digital itu ternyata bisa dipakai untuk kampanye dan dikembangkan dengan luas.

Setelah itu, gue pun akhirnya beralih jadi art director. Saat jadi art director, gue belajar bagaimana cara mempertajam sebuah ide, supaya nggak cuma “wow", tapi juga efektif. Ibaratnya, ide lo boleh keren, tapi jangan sampe orang nggak ngerti apa maksudnya.

Ketika jadi creative group head, tanggung jawab gue lebih besar lagi. Gue nggak cuma bekerja untuk menghasilkan karya dan bisnis yang baik, tetapi juga harus menelurkan anggota tim yang produktif.”

Tantangan dalam menjalani profesi ini:

“Bekerja di digital advertising sebetulnya sangat menantang dan menyenangkan. Kita harus membuat sebuah brand "terlihat" di mata calon konsumen atau konsumennya. Maksudnya, kampanye kreatif kita harus bisa bikin calon konsumen dan konsumen paham dan suka dengan apa yang kita coba sampaikan.

Karena bidang gue adalah digital, komunikasi dengan konsumen bisa langsung dua arah. Biasanya lewat media sosial. Intinya, it’s possible for us to create anything and change anything very fast, karena feedback-nya lebih kelihatan dan terukur."

Luddy 2 - YouthmanualLuddy (kemeja putih) saat baru menyelesaikan proses syuting salah satu brand 

Hal-hal yang disukai dari profesi ini:

“Anehnya, I love the deadline! Ide kreatif bakal bermunculan kalau udah mepet. Mungkin karena gue orang yang suka semua proses kreatif kali, ya. Gue menikmati proses syuting video, web series, website launch, bahkan brain storm untuk membuat sebuah content. Rasanya, kalau sebuah kampanye sukses, gue merasa kerja keras kebayar lunas!”

Modal yang dibutuhkan untuk profesi ini:

Passion. Mungkin kedengarannya klise, ya, tapi betul, lho. Lo butuh passion untuk bekerja. Tanpa passion, hasil kerja di bidang kreatif akan mediocre alias biasa aja. Karya lo bakal datar, karena lo nggak punya rasa penasaran untuk mengembangkan ide.

Selain itu, bekerja di bidang kreatif memang nggak kaku, tetapi bukan berarti kita nggak punya konsistensi. Konsistensi terhadap kualitas yang bagus itu yang harus kita jaga.”

Luddy 4 - Youthmanual

(sumber gambar: Luddy)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1