Menu

PhotoMath, Aplikasi yang bisa Menyelesaikan Rumus Matematika

Siapa yang nggak suka sama pelajaran Matematika, angkat tangan!

*angkat tangan pelan-pelan*

Kalau kamu sama seperti saya, jangan khawatir, gaes. Sekarang ada aplikasi yang bisa membantu kamu menyelesaikan rumus matematika dengan mudah. Cara menggunakannya? Tinggal scan rumus matematika pakai kamera HP, jawabannya langsung keluar, deh!

Media sosial sempat heboh menanggapi “smart camera calculator” ini. Pasalnya, beberapa orang yang nggak setuju merasa aplikasi ini bisa membuat pelajar jadi nggak mengasah otak, berpikir sendiri, dan yang terpenting, berusaha sendiri. Mereka jadi nggak berusaha untuk memahami rumus, karena aplikasi ini memberikan jalan pintas untuk menyelesaikan soal-soal. Mental pelajar bisa makin lembek, lho, karena unsur-unsur kehidupannya semakin instan.

Tetapi menurut beberapa orang yang setuju, PhotoMath ini sebetulnya memang diciptakan untuk menemani belajar matematika. Penggunanya diimbau untuk mengerjakan soal-soal sendiri dulu, baru kemudian mencocokkan hasil dengan aplikasi ini. PhotoMath bisa jadi "guru pembimbing", bukan untuk “menggantikan” otak penggunanya saat mengerjakan soal-soal matematika ya, gaes!

PhotoMath 1 - Youthmanual

Induk perusahaan pengembang PhotoMath, MicroBLINK, meluncurkan aplikasi ini minggu lalu di TechCrunch Disrupt Europe di London. Kamu bisa langsung download PhotoMath di Playstore (untuk pengguna Android) atau Appstore (untuk pengguna iOS).

Terlepas pro-kontranya, saya suka aplikasi ini karena sangat mudah digunakan. Jadi dari segi experience, cukup user-friendly, deh. Memang, sih, fitur scan kamera yang ada di PhotoMath nggak bisa membaca tulisan tangan. Sebagai solusinya, PhotoMath punya fitur mengetik rumus secara manual dan memberikan jawabannya secara akurat.

Biar lebih jelas, coba tonton video ini ya, gaes.

Selamat mencoba!

Baca juga:

4 Aplikasi yang Bisa Bikin Kamu Lebih Fokus Belajar

5 Aplikasi Wajib untuk Pelajar dan Mahasiswa

Aplikasi Bahasa Inggris Beken yang Bikin Kita Tambah Keren

(Sumber gambar: neowin.com, psfk.com, youtube.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©