21 Pola Pikir Pelajar yang Perlu Diubah

Ada banyak mindset di kalangan pelajar yang kurang tepat atau out of date sehingga perlu diubah. Walau kesannya sepele, pola pikir seseorang menentukan niat, tujuan, serta tindakannya.  Untuk rencana masa depan yang lebih baik, kamu harus mengubah beberapa pola pikir. Kalimat dan penjelasan di awal menunjukkan hal yang perlu diubah. Sementara kalimat yang di-bold merupakan contoh perubahannya.  

  1. Mikir soal kuliah dan rencana masa depan di kelas 12 aja. < Eksplorasi minat bakat dan cari tahu informasi berbagai program studi dan karier sejak kelas 10, dong!
  2. Belum bisa nabung karena masih pelajar yang belum punya penghasilan tetap. < Latihan menabung sejak muda, dari sisa uang jajan, hadiah, atau rezeki tak terduga.
  3. Jualan? Aduh, nggak bakat! < Cari pengalaman jualan atau bisnis kecil-kecilan untuk mengasah skill kewirausahaan.
  4. Nggak ikut ekskul karena khawatir mengganggu pelajaran. < Menjalankan ekskul sekaligus fokus di bidang akademik akan meningkatkan kemampuan manajemen diri.
  5. Ingin menjadi yang terdepan dalam menyebar informasi < Memastikan kebenaran informasi sebelum memberitahukan pada orang lain/menyebarkan.
  6. Ngambek karena ortu hobi melarang. < Mencari cara untuk berdiskusi dengan orang tua.
  7. Ikutan posting dulua, karena mulai ramai dibahas. < Berpikir sebelum posting atau komentar sesuatu dan mencari tahu segala sesuatunya.
  8. Masuk perguruan tinggi idaman. < Masuk prodi yang sesuai dengan minatmu. Percuma aja kalau berhasil masuk kampus yang diidamkan, tapi salah jurusan.
  9. Berhasil masuk sekolah favorit dan kampus negeri ternama merupakan pencapaian menuju sukses < Sekolah/kampus terbaik bukan segalanya.    
  10. Karena nilai rapor bagus, pasti akan keterima SNMPTN < Walau terpilih sebagai peserta SNMPTN, tetap mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk SBMPTN serta seleksi mandiri.
  11. Junior dan senior nggak bisa berteman. < Bisa berteman dengan siapa saja dari berbagai angkatan.
  12. Mengambil prodi kuliah sesuai pilihan ortu < Berdiskusi dengan mama papa soal rencana kuliah, sehingga bisa menemukan prodi yang sesuai minat
  13. Telat masuk sekolah, apalagi sekolah jarak jauh, merupakan hal lumrah. < Membiasakan tepat waktu dengan persiapan yang tepat.
  14. Kompak sama teman, walaupun seringkali perilakunya membuat kamu nggak nyaman. <  Jauhi toxic friends yang membawa pengaruh buruk pada dirimu.
  15. Mendukung apapun yang dilakukan sahabat. < Berani mengingatkan teman jika ia salah.
  16. Mengonsumsi makanan apapun. Mumpung masih muda < Menjalani pola makan sehat sejak muda. Biar makin fit.
  17. Belajar mati matian untuk mendapat nilai yang bagus. < Belajar untuk mendapatkan ilmu dan memperluas wawasan.
  18. Beasiswa hanya untuk pelajar superpintar. < Berusaha mencari dan meraih beasiswa.
  19. Aku nggak bisa bahasa Inggris/nggak berbakat public speaking/nggak bisa memimpin.  < Gimana caranya supaya aku bisa menguasai bahasa Inggris/skill presentasi dan public speaking/kemampuan kepemimpinan?
  20. Aku nggak mau nilai/pencapaiannya lebih baik dariku karena kami bersaing. < Bagaimana cara agar kami bisa bekerja sama dengan baik sehingga menghasilkan sesuatu yang hebat?
  21. Aku gagal. Hiks! < Aku gagal, dan akan bangkit mencoba lagi!

Bagaimana dengan kamu? Apa pola pikir yang ingin atau telah berhasil kamu ubah? Cerita di kolom komen, ya.

(Sumber gambar: Pixabay)

 

 

LATEST COMMENT
Helena Chirsty | 2 jam yang lalu

sekedar saran dan sepengetahuan saya dari teman sih, biasanya kalau udah kuliah &#x28; preklinik &#x29; baru ketahuan minat dan kemampuannya nya ke arahmana, baru nentuin mau ambil spesialis apa.soalnya kan mata kuliahnya beda - beda , ada patologi klinik , forensik , anatomi ,reproduksi, kardiovaskuler,&#8230;

Kamu Nggak Cocok Ambil Prodi Kedokteran dan Jadi Dokter, Kalau…
Septi Alma Kurnia | 4 jam yang lalu

Kapan tanggal pendaftaran tahun 2021

Serba-Serbi Informasi mengenai PMB Mandiri ISI Yogyakarta 2019
Septi Alma Kurnia | 4 jam yang lalu

Doain saya ya supaya bisa diterima di ISI yogyakarta aamiin, saya harap kalian yang membaca ini bisa ikut men -aamiin kan hehe,makasi.

SNMPTN 2021 Universitas Indonesia: Keketatan Persaingan Prodi UI di SNMPTN 2020 dan Lainnya
Septi Alma Kurnia | 4 jam yang lalu

Doain saya ya gais,semoga di terima di ISI yogyakarta,saya sangat terima kasih apabila kalian yang membaca kalimat ini dan mengaminkannya,sekian makasi.

21 Pola Pikir Pelajar yang Perlu Diubah
Desy Damayanti | 2 hari yang lalu

Terima kasih kak, artikelnya sangat membantu, sukses selalu.

Materi UTBK SBMPTN 2021: Ada TPS dan TKA
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1