Mendukung Seniman, Tuh, Nggak Ada Ruginya, Lho! - Sebuah Komik yang Bakal Bikin Kamu Semangat Mengejar Mimpi

Banyak anak SMA—dan juga orang tua—yang SAMA SEKALI NGGAK MELIRIK program studi dan karier Seni sebagai pilihan masa depannya, lantaran (katanya) nggak menjanjikan. Nggak hanya di Indonesia, lho. Di negara maju kayak Amerika pun, pemikiran ini masih ada, walaupun tentunya nggak “separah” di Indonesia.

Makanya, banyak anak SMA terpaksa harus mengubur mimpi dan bakatnya di bidang seni, karena nggak mendapat dukungan. Boro-boro didukung ortu, kadang-kadang pacar aja ngetawain! Mirisss…

Kalau kamu punya kerabat atau kenalan yang berminat di bidang seni, jangan sekali-kali dibikin patah semangat ya, sob. Soalnya kalau kamu mendukung mereka, suatu hari, kamu juga yang untung. Hah, maksudnya? Tanya aja sama Kevin Smith.

Kevin Smith adalah seorang filmmaker indie (yang pernah memenangkan penghargaan di Sundance Film Festival, saat dia berumur 25 tahun), penulis, comic geek, dan pencipta podcast.

Meskipun Smith nggak terlalu terkenal, kalau kamu comic geek, mungkin kamu pernah dengar namanya, berhubung beberapa film Smith didasari oleh komik (Mallrats, Chasing Amy).

Gavin Aung Tan, seorang komikus dari situs Zen Pencil, kebetulan nge-fans banget sama Kevin Smith, terutama karena Smith selalu, selalu, selalu ngedukung para seniman muda yang masih “berjuang” mencari kesuksesan.

Suatu waktu, Kevin pernah ngomong gini:

“Mendukung seniman itu nggak ada ruginya, lho! Tapi efek positifnya bisa jadi luar biasa.

Kalau kamu menyemangati seorang seniman kenalan kamu, bisa aja suatu hari dia menciptakan film, animasi, atau lagu yang dahsyat banget, sampai-sampai mengubah hidup kamu.

Kalau kamu NGGAK mendukung seniman, kamu nggak akan mendapatkan apa-apa sama sekali. Nggak rugi, tapi juga nggak untung.

Di setiap pemutaran film saya, saya sering banget berdiri dan memberikan kata-kata penyemangat kepada para calon seniman di penonton, dan menggunakan diri saya sendiri sebagai contoh bahwa siapapun bisa mewujudkan mimpinya.

Saya melakukan ini bukan karena saya orangnya mulia banget. Cuma, saya sering mikir, kalau saya bisa meyakinkan orang untuk mengikuti passion mereka di bidang filmmaking atau storytelling, suatu hari saya bakal bisa menikmati karya yang dahsyat, yang siapa tahu dibuat oleh mereka!”

Berdasarkan ucapan Kevin Smith yang inspiring itu, Gaving Aung Tan membuat komik ini.

Saya yakin, walaupun kamu bukan seniman, kamu juga bakal termotivasi meraih mimpi dengan versi komik dari kata-kata Kevin Smith ini!

zen comic kevin smithzen comic kevin smith

zen comic kevin smith

zen comic kevin smith

zen comic kevin smith

zen comic kevin smith

zen comic kevin smith

zen comic kevin smith

zen comic kevin smith

(sumber artikel dan gambar: zenpencils.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 25 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1