Tips Hemat Nonton Konser Musik

Baru kemarin Ariana Grande konser The Honeymoon Tour di Jakarta, eh, sebentar lagi Bon Jovi juga mau ikutan datang. Nggak ketinggalan artis-artis lokal, seperti Rio Febrian dan Andien, juga akan menggelar konser tunggal tahun ini. Belum lagi konser-konser rutin seperti Java Jazz. Belum lagi konser-konser di negara-negara tetangga. Maroon 5 mau datang ke Singapura, nih!

Gawaaat! Kok gawat? Soalnya nasib dompet mahasiswa cekak jadi terancam. Terancam bokek sampai tahun depan.

Seperti yang kita ketahui, biaya nonton konser musik nggak murah. Harga tiket konser musik musisi lokal berkisar antara Rp450,000 hingga Rp3,500,000, sedangkan konser musisi mancanegara berkisar Rp750,000 hingga Rp6,000,000. Buset. Harus dibayar pakai rupiah tuh, nggak bisa pakai daun.

Dengan begitu, kalau kamu termasuk orang yang hobi nonton konser musik, kamu harus punya strategi keuangan untuk memelihara hobi tersebut.

Berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan dana nonton konser musik tanpa bikin bokek:

1. Tentukan prioritas. Cari tahu jadwal-jadwal konser 3-12 bulan ke depan. Tentukan konser-konser yang pengen kamu tonton, lalu prioritaskan berdasarkan konser yang paling kamu idamkan. Kalau ternyata jadwalnya ada yang bentrok dengan jadwal kamu yang lain, cari tahu apakah konser tersebut juga akan digelar di negara tetangga—misalnya Singapura atau Malaysia—dan apakah kamu bisa ngejar kesana.

2. Siapkan dana. Ketika sudah menentukan konser musik mana saja yang mau kamu tonton, mulailah cek harga tiketnya. Usahakan beli tiket early bird yang lebih murah.

Kalau nggak memungkinkan beli tiket early bird gimana, dong?

Mulai nabung! Sishkan uang bulanan kamu, misalnya Rp200,000 per bulan untuk harga tiket konser sekitar Rp1,200,000 yang digelar enam bulan lagi (halo, Indomie… halo, nasi pake garem…). Prinsipnya, lebih baik siapkan dana yang lebih besar daripada harga tiket untuk jaga-jaga. Pastikan penyisihan uang ini nggak mengganggu kebutuhan finansial bulanan kamu yang lain. Jangan sampai nunggak SPP demi konser!

IYA!!! *napsu*

3. Buat budgeting atau perencanaan anggaran menyangkut hal-hal yang diperlukan saat nonton konser, karena kamu akan mengeluarkan uang bukan cuma untuk tiket, lho. Kita juga akan perlu dana untuk makanan, belanja merchandise sampai transportasi.

Contohnya, konser musik biasanya digelar sampai tengah malam, sehingga kalau nggak bawa kendaraan sendiri, kamu perlu menyiapkan budget untuk taksi (stay safe, people!).

Lalu, kalau konsernya digelar di luar kota atau luar negeri, sudah pasti kamu perlu dana untuk transportasi ke kota atau negara tersebut serta akomodasi di tempat tujuan. Jelilah dalam mencari harga-harga promo. Biasanya kalau kamu booking tiket pesawat dan hotel jauh-jauh hari, harganya lebih murah daripada saat beli mepet.

Terakhir, ketika sudah mendekati hari-H nonton konser, cocokkan dana yang sudah kamu siapkan dengan perencanaan anggaran yang dibutuhkan. Kalau kamu pintar mengatur keuangan, dana yang disiapkan pasti pas.

Have fun!

(sumber gambar: hottytoddy.com, youtube.com)

LATEST COMMENT
Najwa Raina | 18 jam yang lalu

Terimakasih banyak

Persiapan UTBK dan SBMPTN 2021 untuk Kelas 12
Luthfiyah Rahma | 24 jam yang lalu

kalo suka matematika bisa ga masuk ke akutansi, meskipun saya anak mipa?

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
tiara rara | 1 hari yang lalu

Kaka kalau S2 psikologi lulusan luar negeri, apakah gelarnya bisa digunakan di Indonesia/bisa nggak kerja di Indonesia

Q & A Bedah Jurusan Kuliah Psikologi
Isabellass | 2 hari yang lalu

Open pp endorse Ig : ibell.s Sekalian follow

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Isabellass | 2 hari yang lalu

Open pp endorse murah bgtt!!! @ibel.s

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1