10 Universitas dengan Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Terfavorit dan Keunikannya Masing-Masing

Di zaman digital begini, jurusan Desain Komunikasi Visual‍ (DKV) memang lagi booming banget, gaes. Pasalnya, hampir setiap bidang dan industri membutuhkan keahlian seorang Desainer Grafis. Jadi nggak heran kalau jurusan DKV banyak dipilih anak muda.

Untuk menjadi seorang desainer grafis yang oke, salah satu caranya tentu aja dengan berkuliah di tempat terbaik serta sesuai dengan yang kamu inginkan. Soalnya tiap kampus memiliki ciri dan keunggulan masing-masing. Berikut kami rangkum 10 universitas dengan jurusan DKV terfavorit versi Youthmanual.

Apa, sih, keunikan jurusan DKV di masing-masing kampus ini? Yuk kita tengok satu persatu!

1. Jurusan DKV Institut Teknologi Bandung‍ 

Di Institut Teknologi Bandung (ITB), jurusan DKV berada di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain. Setelah melalui berbagai mata kuliah dasar komunikasi visual, pada semester 6, mahasiswa DKV ITB akan dijuruskan pada 3 jalur minat program studi, yaitu:

  • Komunikasi Grafis
  • Visual Periklanan
  • Komunikasi Multimedia

Mahasiswa di jurusan DKV ITB seringkali mengikuti berbagai kompetisi nasional dan keluar sebagai juara, lho. ITB juga dikenal sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mencetak banyak lulusan kreatif. Nggak heran kalau ada calon mahasiswa mengeluh bahwa ujian masuk jurusan DKV ITB itu susah!

Menurut salah satu blog calon mahasiswa DKV ITB, ujian keterampilan dibagi menjadi tiga bagian. Yaitu menggambar "Still Life", "Suasana" dan "Kreatifitas". Jadi, banyak-banyak latihan gambar sebelum masuk jurusan DKV ITB, ya.

2. Jurusan DKV Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Salah satu faktor yang membedakan DKV ISI Yogyakarta dengan lembaga pendidikan DKV yang lain adalah faktor sejarah dan lingkungan. Secara historis, DKV ISI Yogyakarta lahir dari pusat pendidikan seni rupa tertua di Indonesia, yaitu ASRI Yogyakarta. Makanya nggak heran kalau ISI banyak melahirkan seniman besar.

Di ISI Yogyakarta, jurusan DKV berada di bawah Fakultas Seni Rupa. Materi ujian masuknya sendiri terdiri atas:

A. Jalur Khusus (beasiswa dan pendidikan lanjutan): Placement test dan Wawancara.

B. Jalur Reguler:

  • Tes Praktik Uji Keterampilan sesuai Jurusan/Program Studi yang dipilih.
  • Wawancara.

Tentu saja sebagai calon mahasiswa jurusan DKV, kamu harus dinyatakan bebas buta warna oleh dokter spesialis ya, gaes. Hal ini juga menjadi ketentuan khusus untuk masuk ISI Yogyakarta.

3. Jurusan DKV Universitas Sebelas Maret‍ Surakarta

Awalnya, jurusan DKV UNS Berdiri dengan nama Desain Grafis pada tahun 1979. Kemudian tahun 2012, namanya berubah menjadi DKV. Jurusan DKV UNS fokus pada pengembangan kegiatan komunikasi berbasis visual dalam berbagai media. Misalnya, media cetak/grafika, media luar ruang, media elektronik (televisi,film/video, internet/media baru), media dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi, baik yang statis maupun bergerak.

Program Studi DKV UNS juga banyak menyelenggarakan event internasional. Kalau tertarik masuk ke sini kamu harus menempuh tes berikut ini:

  • Menggambar Ekspresi
  • Menggambar Desain
  • Wawancara dan Tes buta warna

4. Jurusan DKV Universitas Negeri Semarang‍ 

Di Unnes, DKV menjadi sebuah program studi yang berada di bawah jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa, dan Seni. DKV Unnes sering mengadakan kompetisi. Tujuannya adalah membantu mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang dipelajari menjadi sebuah wujud nyata yang bermanfaat.

Misalnya, mahasiswa jurusan DKV didorong buat membuat sebuah karya yang bisa dipakai oleh Usaha Kecil Menengah (UKM). Sehingga, pembelajaran mereka dipastikan benar-benar bermanfaat buat orang banyak. Uniknya lagi, DKV Unnes punya acara "DKV Award" yang hadir setiap tahun untuk mendorong kreativitas mahasiswa jurusan Seni Rupa. Seru, ya, sob?

5. Jurusan DKV Universitas Negeri Makassar

Kurikulum jurusan DKV di UNM disusun berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berbasis kebutuhan berbagai pihak yang terkait (stakeholder) terutama pada industri produk dan jasa.

Lulusan jurusan DKV di UNM diharapkan punya kompetensi akademik dan kompetensi profesional di bidang Ilmu Desain Komunikasi Visual.

Menurut salah satu alumni, DKV UNM yang berada di kawasan Timur ini unik dan beda sama kampus DKV lainnya (yang umumnya di Pulau Jawa). Sumber kreativitas DKV UNM masih kental dengan kekayaan alam dan budaya Indonesia Timur. 

6. Jurusan DKV Universitas Trisakti‍ Jakarta

Program studi  DKV Trisakti berdiri sejak tahun 1978. Trisakti adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pertama di Indonesia yang punya jurusan DKV. Makanya nggak heran kalau DKV Trisakti menjadi tolak ukur dalam dunia desain grafis. Banyak alumninya yang sudah berhasil, dan menjadi desainer grafis senior di berbagai perusahaan.

7. Jurusan DKV Universitas Telkom‍ Bandung

Jurusan DKV Telkom-U diklaim beda banget sama jurusan DKV di kampus lain nih, sob. Kenapa? Karena jurusan DKV Telkom-U meramu dua ilmu dalam satu jurusan, yaitu desain grafis itu sendiri dan ilmu manajemen. Tujuannya tentu saja agar bisa menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, kapabilitas, serta kecakapan yang lebih unggul.

Jadi lulusan DKV Telkom-U nggak cuma tahu gimana cara menggambar, tapi juga menguasai manajemen pekerjaan.

Menurut salah satu blog mahasiswa Telkom-U, perkuliahan di setiap semester dibuat sangat padat. Mata kuliah yang dipelajari di semester satu aja bisa mencapai 20 SKS.

8. Jurusan DKV Institut Kesenian Jakarta‍ 

Di IKJ, jurusan DKV berada di bawah Fakultas Seni Rupa. Peminatannya sendiri terbagi menjadi:

  • Desain Grafis
  • Desain Ilustrasi
  • Desain Multimedia

Materi Ujian

  • Menggambar
  • Pengetahuan Dasar Seni Rupa
  • Wawancara

Kalau dilihat dari website resmi IKJ, berikut jadwal pendaftaran tahun 2017:

Gelombang 1    

Pendaftaran: 22 Januari 2018 s/d 21 Maret 2018
Ujian masuk: 24 Maret 2018
Pengumuman: 27 Maret 2018

Gelombang 2

Pendaftaran: 21 Maret 2018 s/d 16 Mei 2018
Ujian masuk: 19 Mei 2018
Pengumuman: 22 Mei 2018

Gelombang 3

Pendaftaran: 16 Mei 2018 s/d 11 Juli 2018
Ujian masuk: 14 Juli 2018
Pengumuman: 17 Juli 2018

9. Jurusan DKV Universitas Bina Nusantara‍ Jakarta

Menurut Icha, salah satu alumni jurusan DKV Binus, jurusan DKV di kampus ini memang terkenal dengan biaya kuliahnya yang mahal. Tapi, itu semua sepadan dengan kualitas dosennya yang top banget.

Icha juga bilang bahwa sebetulnya kuliah di jurusan DKV manapun memang nggak murah, karena peralatan yang harus dimiliki untuk mendukung pembelajaran terbilang khusus.

di Binus, DKV berada di bawah naungan Sekolah Desain dengan jurusan:

  • Desain Interior
  • Desain Komunikasi Visual Animasi
  • Desain Komunikasi Visual Media Baru

​10. Jurusan DKV Universitas Pelita Harapan Jakarta

Nah, kalau jurusan DKV di UPH terkenal memiliki fasilitas belajar yang lengkap dan canggih. Di antaranya, perpustakaan yang memiliki koleksi buku-buku berkualitas, studio gambar, studio lukis, studio fotografi, laboratorium cetak, laboratorium komputer, laboratorium video editing, serta screening room.

Jurusan DKV UPH berada di bawah School of Design (SoD). Jurusan ini menerapkan misi Interdisciplinary. Yaitu, memadukan berbagai ilmu dalam seluruh mata kuliah. Yang ditekankan di  DKV UPH adalah konsep dan proses, bukan sekedar hasil perancangan.

Nah, bagi kamu yang tertarik menekuni bidang desain grafis, bisa menentukan nih, mana universitas yang paling tepat untukmu. Semoga berhasil!

Youthmanual telah mengumpulkan ribuan informasi seputar profesi, program studi, dan kampus unggulan, serta panduan persiapan kuliah yang komprehensif dalam laman Eksplorasi. Eksplorasi ribuan informasi program studi, karier dan profesi, dan kampus selengkapnya di sini

Baca juga:

 

(Sumber gambar: blostunikom2.files.wordpress.com, bedhoroy.files.wordpress.com, roosvansia, dkv.binus.ac.id, dkv.fsrd.uns.ac.id)

LATEST COMMENT
Siska Nurfadilah Sri Kusumah | 3 jam yang lalu

Ngga bisa ngasih saran kak:( kita satu server

Kamu Salah Ambil Jurusan Kuliah? Cek 15 Tanda Mahasiswa Salah Jurusan!
Siska Nurfadilah Sri Kusumah | 3 jam yang lalu

Hai kak, aku salah satu mahasiswi jurusan S1 pendidikan matematika. Aku baru 2 bulan kuliah, sebelumnya aku gap year dan taun ini aku milih buat masuk ke salah satu PTS di kotaku. Aku sebenernya ga pernah punya pikiran buat kuliah di pendidikan, aku lebih exited sama management (ya basically aku…

Kamu Salah Ambil Jurusan Kuliah? Cek 15 Tanda Mahasiswa Salah Jurusan!
Babay Kholifah | 8 jam yang lalu

Terimakasih info nya kaka,, sangattt bermanfaat

Persiapan UTBK dan SBMPTN 2021 untuk Kelas 12
Nisa Nuraisyah | 15 jam yang lalu

Ada di univ mana? Saya cari itu adanya soshum

6 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik yang Bisa Kamu Ambil di Bidang Pendidikan
Yulika Aprianiii | 1 hari yang lalu

Saya jurusan IPS dari 5 hal di atas kemungkinan saya bisa masuk hi tapi masih takut gk bisa caranya agar lebih muda di terima di universitas gimna caranya

5 Tanda Bahwa Jurusan Hubungan Internasional Cocok Buat Kamu
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1