Tips dan Trik Belajar, Kalau Kamu Seorang Pelajar Visual

Sebelumnya, Youthmanual sudah sharing mengenai ciri-ciri seorang visual learner alias Pelajar Visual. Nah, dari daftar ciri tersebut, kamu merasa sebagai seorang Pelajar Visual nggak?

Kalau iya, berarti gaya belajar kamu juga harus disesuaikan, gaes. Belajarlah dengan cara-cara yang tepat untuk seorang Pelajar Visual, agar hasilnya lebih maksimal.

Kenali diri kamu lebih jauh, dan simak tips dan trik berikut ini, ya!

Kekuatan seorang Pelajar Visual:

* Karena kamu bisa membayangkan masalah dalam kepala kamu, kamu juga bisa langsung membayangkan solusi-solusinya.

* Kamu bisa melihat pola dalam suatu kejadian, soal ujian, atau apapun, soalnya kamu jago menghubung-hubungkan elemen yang mirip, lalu diatur sesuai urutan.

* Kamu bisa melihat sebuah situasi secara keseluruhan, sehingga penilaian kamu objektif.

* Kamu punya insting yang kuat! Saat belajar, bekerja, atau membuat apapun, biasanya mengandalkan insting sendiri

* Sensitif dan punya empati tinggi

* Kreatif

* Pemecah masalah yang oke banget. Kamu pun jago menciptakan solusi sendiri yang efektif, ketimbang sekedar mengikuti solusi orang lain

Kelemahan seorang Pelajar Visual:

* Suka berkhayal dan “tenggelam” dalam imajinasinya sendiri

* Cenderung berantakan

* Super imajinatif, jadi sering nggak memperhatikan omongan lawan bicaranya. Pokoknya, hal-hal yang mereka lihat “lebih penting” daripada hal-hal yang mereka dengar.

* Perhatiannya gampang teralihkan

Sebagai seorang Pelajar Visual, kamu paling lancar mengerjakan ujian yang berbentuk…

Membuat diagram, membaca peta, atau menulis esai

Sebaliknya, kamu paling kesulitan mengerjakan ujian yang…

* Mengharuskan kamu mendengarkan dan merespon (misalnya, Listening Test, atau ujian yang mengharuskan kamu mencatat diktean).

* Mengharuskan kamu mengisi lembaran isian dengan jawaban-jawaban pendek. Buat kamu, hal ini sangat membatasi dan membosankan. Bikin suntuk! Kalau bisa pilih, kamu lebih suka membuat narasi atau menulis esai sekalian, deh, berhubung imajinasi kamu sangat tinggi.

Cara-cara belajar yang paling efektif untuk Pelajar Visual:

* Supaya kamu bisa lebih menyerap dan mengingat materi di catatan atau textbook kamu, tandai materi-materi pentingnya dengan spidol atau stabilo warna-warni. Lingkari dan garis bawahi juga kata-kata kuncinya. Coba, deh, beli pulpen yang punya beragam tinta dalam satu pulpen. Kamu jadi bisa nulis gonta-ganti warna tanpa gonta-ganti pulpen!

* Buat gambar atau outline materi-materi pelajaran yang harus kamu ingat

* Catat segala materi yang diberikan guru di papan tulis

* Kalau niat, ubah kalimat-kalimat dalam materi pelajaran kamu menjadi bentuk diagram

* Gunakan flashcard

* Kalau kamu harus mencatat pelajaran di kelas, atau membuat rangkuman dari textbook, buat dalam bentuk mind map, pohon konsep, atau timeline. Pokoknya, hindari mencatat dengan kalimat-kalimat standar.

* Suka gambar, bikin sketsa, atau corat-coret? Lengkapi materi dalam buku catatan kamu dengan gambar-gambar buatanmu sendiri! Ada, lho, Pelajar Visual yang bisa menceritakan ulang SATU BAB materi pelajarannya, hanya dengan melihat satu gambar di buku catatannya.

***

Dengan mengenali diri sendiri lebih dalam lewat ciri-ciri di atas, semoga kamu bisa belajar dengan lebih efektif.

Tapi kalau kamu masih ingin menggali diri dengan lebih dalam lagi, ikut tes bakat minat Youthmanual, ya, gaes!

(sumber gambar: enlightenmentportal.com, sanako.com, understood.org, goodgradesfactory.com)

LATEST COMMENT
Helena Chirsty | 2 jam yang lalu

sekedar saran dan sepengetahuan saya dari teman sih, biasanya kalau udah kuliah ( preklinik ) baru ketahuan minat dan kemampuannya nya ke arahmana, baru nentuin mau ambil spesialis apa.soalnya kan mata kuliahnya beda - beda , ada patologi klinik , forensik , anatomi ,reproduksi, kardiovaskuler,…

Kamu Nggak Cocok Ambil Prodi Kedokteran dan Jadi Dokter, Kalau…
Septi Alma Kurnia | 5 jam yang lalu

Kapan tanggal pendaftaran tahun 2021

Serba-Serbi Informasi mengenai PMB Mandiri ISI Yogyakarta 2019
Septi Alma Kurnia | 5 jam yang lalu

Doain saya ya supaya bisa diterima di ISI yogyakarta aamiin, saya harap kalian yang membaca ini bisa ikut men -aamiin kan hehe,makasi.

SNMPTN 2021 Universitas Indonesia: Keketatan Persaingan Prodi UI di SNMPTN 2020 dan Lainnya
Septi Alma Kurnia | 5 jam yang lalu

Doain saya ya gais,semoga di terima di ISI yogyakarta,saya sangat terima kasih apabila kalian yang membaca kalimat ini dan mengaminkannya,sekian makasi.

21 Pola Pikir Pelajar yang Perlu Diubah
Desy Damayanti | 2 hari yang lalu

Terima kasih kak, artikelnya sangat membantu, sukses selalu.

Materi UTBK SBMPTN 2021: Ada TPS dan TKA
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1