20 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Bidang Bahasa dan Seni

Inilah 20 jurusan kuliah terbaik untuk kamu anak SMA jurusan Bahasa dan SMK seni. Program studi pilihan Youthmanual ini juga cocok untuk kamu yang memang tertarik melanjutkan studi di bidang bahasa dan seni.

1. Sastra Rusia

Salah satu faktor yang bikin jurusan ini punya prospek bagus adalah karena langka. Yup, prodi Sastra Rusia hanya ada di Universitas Indonesia dan Universitas Padjadjaran. Peluang untuk melanjutkan studi ke Rusia pun cukup besar. Lulusannya sendiri bisa kerja di berbagai bidang, nggak terbatas di dunia sastra dan bahasa.

Pilihan kampus antara lain: Universitas Indonesia‍ dan Universitas Padjadjaran‍ 

2. Sastra Korea

Korea Selatan memang lagi berkembang banget hingga jadi femes di berbagai negara termasuk Indonesia. Mulai dari industri hiburannya (Halo, seleb Korea yang bikin kantong jebol karena nonton konsernya!), produk kosmetiknya, hingga teknologi dan bisnisnya. Trus, ada banyak juga kerja sama dan ekspansi perusahaan Korea di Indonesia. Kondisi ini bikin kesempatan karier untuk lulusan Sastra Korea terbuka lebar.

Pilihan kampus antara lain: Universitas Indonesia‍, Universitas Gadjah Mada‍, dan Universitas Pendidikan Indonesia

3. Arkeologi‍ 

Arkeologi adalah studi yang mempelajari perilaku dan budaya manusia berdasarkan material yang ditinggalkan, seperti artefak. Nah, Indonesia ini kan, bangsa yang kaya dengan budaya serta peninggalan bersejarah, pastinya butuh banyak arkeolog. Para arkeolog bisa bekerja di balai arkeologi, menjadi peneliti, penggiat museum, dan lainnya. Saat ini belum banyak lulusan Arkeologi, diperkirakan di bawah 100 orang per tahun.

Pilihan kampus antara lain: UI, UGM, Universitas Udayana‍, Universitas Halu oleo‍, Universitas Hasanuddin

4. Sastra Jawa

Linguistik, bahasa, karya sastra, kebudayaan hingga masyarakat Jawa dipelajari di sini. Para mahasiswa Sastra Jawa memang dipersiapkan untuk menjadi peneliti budaya. Budaya Jawa itu sangat kaya dan masih banyak yang belum digali, sehingga lulusan Sastra Jawa dibutuhkan. Banyak di antara lulusannya yang bekerja di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta  Kementerian Pariwisata.

Selain itu ternyata lulusan Sastra Jawa bisa kerja di divisi Human Resources, lho. “Lulusannya juga bisa jadi HRD karena prodi ini mempelajari tingkah laku manusia serta research and development ,“ jelas Fritz Hutama, mahasiswa Sastra Jawa, Universitas Indonesia.

Pilihan kampus antara lain: UI, UGM, Universitas Sebelas Maret

5. Sastra Arab

Banyak negara di dunia yang menggunakan Bahasa Arab, hingga bahasa ini menjadi salah satu bahasa resmi di PBB. Di prodi ini kamu nggak hanya belajar bahasa dan sastra,  tetapi juga sejarah, politik, hingga berita terkini dari Timur Tengah. Maka, lulusan Sastra Arab pun bisa bekerja di pemerintahan, menjadi jurnalis, hingga berkarier di bidang politik. Bisa juga bekerja di perusahaan milik negara-negara Timur Tengah, baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri.

Pilihan kampus antara lain:  UPI, Unpad, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Sumatera Utara‍, Universitas Al Azhar Indonesia‍, UGM, UI, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Malang

6. Sastra Cina

As we all know, China adalah salah satu raksasa ekonomi terbesar di dunia. Maka banyak perusahaan yang bekerja sama dengan China. Belum lagi perusahaan China yang membuka cabang di sini, mulai dari teknologi, telekomunikasi, makanan, media, dan lainnya. Makan, penguasaan bahasa dan budayanya bakalan terpakai banget.

Pilihan kampus antara lain:  Bina Nusantara, Universitas Indonesia 

7. Sastra Prancis

Jika masuk prodi ini kamu akan mempelajari tata bahasa, komposisi, pemahaman teks, budaya, sejarah, dan kesusastraan Prancis. Nggak hanya belajar sejarah, budaya, dan sastra negara Prancis saja, tapi juga negara-negara berbahasa Prancis lainnya. Selain sebagai salah satu bahasa resmi di PBB, bahasa Prancis juga banyak digunakan dalam literatur ilmu sosial, seni dan desain. Hal ini bakalan bermanfaat di dunia kerja. FYI, Nggak sedikit dari lulusan Sastra Prancis yang akhirnya memutuskan bekerja di Prancis. Kali aja, kamu salah satunya.

Pilihan kampus antara lain: Universitas Indonesia, Universitas Negeri Semarang

8. Sastra Jepang‍ 

jepang

Nggak mudah memang menguasai bahasa yang satu ini, kamu mesti punya minat dan usaha kuat. Tapi prodi ini sangat menarik, karena di samping mempelajari bahasanya, kamu juga akan mendalami soal kultur Jepang yang unik, yaitu gabungan antara tradisi yang kuat, budaya J-Pop yang hits, serta perkembangan teknologi. 

Gimana denan prospek Karier? “Lulusan Sastra Jepang berpotensi untuk bekerja di perusahaan Jepang. Sebian besar bekerja sebagai interpreter, penerjemah, dan guru Bahasa Jepang,” jelas Affiet Meiranty, mahasiswi Sastra Jepang Universitas Indonesia.

Pilihan kampus antara lain: Unpad, UI, UGM, Binus, Unair, UB, Universitas Al-Azhar

9. Seni Kriya‍ 

Fokus jurusan ini adalah pengetahuan, keterampilan, dan kreativitas dalam menciptakan karya rupa. Mahasiswa belajar mengolah berbagai materi menjadi karya seni baru yang fungsional dan benilai seni tinggi.

Pilihan kampus antara lain: ITB, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Institut Seni Indonesia Bali

10. Tata Boga‍ 

Jurusan Tata Boga mengajak para mahasiswa untuk mempelajari segala hal yang berkaitan dengan dunia masak-memasak, mulai dari sejarah, filosofi, proses dan teknik pembuatan, sampai penataan serta penyajian makanan.

Pilihan kampus antara lain: Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Yogyakarta,  Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Jakarta, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

11. Tata Rias dan Kecantikan‍ 

Jurusan ini mempelajari tata rias nusantara, internasional, hingga tata rias karekter. Beberapa hal yang dipelajari adalah cara menyanggul, menata rambut, memotong rambut, merias wajah menggunakan bahan dan alat kosmetika. Nggak cuma praktek, Tata Rias dan Kecantikan juga mendalami soal teori.

Pilihan kampus antara lain: Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Sekolah Tinggi Desain La Salle

12. Desain Interior

Subyek utama prodi Desain Interior adalah merancang dan menata ruang di dalam rumah, perkantoran, mal, hotel, layout display gerai, hingga tata panggung pertunjukan. Untuk mendesain interior ruangan dengan baik, mahasiswa harus belajar hal dasar seperti berbagai bentuk dan material suatu benda, pencahayaan, tekstur, serta warna. Nggak cuma memperhatikan sisi estetika, mendesain interior harus lah fungsional dan sesuai dengan tipe bangunannya, serta mempertimbangkan sisi psikologis.

Menurut mahasiwi Desain Interior ITB Alitfia Febrina, pilihan karier lulusan Desain Interior cukup beragam, “Ada anggapan bahwa lulusan desain interior sulit mencari kerja karena hanya mengacu pada satu profesi, yakni konsultan desain interior. Padahal sebenarnya terdapat banyak profesi lain yang bisa dijalani seperti kontraktor, window merchandiser, furniture designer, lighting designer, pekerja di industri properti, menjadi tenaga pengajar desain interior, hingga jurnalis dan penulis (khususnya topik desain)."

Pilihan kampus antara lain: ITB, Institut Teknologi Nasional Bandung, UI, Universitas Kristen Petra, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Institut Seni Indonesia Denpasar.

13. Desain Produk

dispro

Jurusan ini mempelajari perencanaan dan perancangan barang, Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan manusia yang mengutamakan kenyamanan indarawi, kenyamanan fisik, dan kenyamanan nilai produk.

Pilihan kampus antara lain: Universitas Trisakti, Universitas Esa Unggul, ITB, Institut Teknologi Sepuluh November

14. Televisi dan Film

Inti jurusan Televisi dan Film merancang dan memproduksi film serta program televisi. Aspek teknis, estetika, serta kreativitas digali melalui perkuliahan. Yang dipelajari antara lain penggunaan alat produksi (kamera, tata cahaya, editing), penulisan skrip, proses syuting, hingga menyusun  budget.   

Pilihan kampus antara lain: IKJ, Unpad, Bina Nusantara, Institut Seni Indonesia Surakarta

15. Tata Busana (Fashion Design)‍ 

Mahasiswa program studi ini mempelajari bagaimana merancang busana, membuat pola, dan menjahit. Dipelajari pula sejarah fashion, perkembangan industri fashion, tren, serta pengetahuan seputar fashion.

“Bentuk ujiannnya kebanyakan berupa praktik, seperti  menggambar, merancang busana, menjahit, menampilkan fashion make up and hair do, hingga fotografi untuk fashion,” jelas Jessica mahasiswi Fashion Design Universitas Surabaya

Pilihan kampus antara lain: LaSalle College, Esmod, UNJ, Universitas Surabaya

16. Fotografi

Jurusan ini mempelajari berbagai hal tentang merekam gambar diam dalam berbagai peristiwa untuk menciptakan sebuah seni. Dalam perkuliahan, mahasiswa diberikan materi soal teknis kamera, teknik pengambilan gambar, pameran foto, hingga berbagai jenis fotografi, seperti food photography, fashion photography, dan event photography.  

Pilihan kampus antara lain: Universitas Trisakti, Institut Seni Indonesia Denpasar

17. Pendidikan Bahasa

Berbeda dengan jurusan Sastra dan Bahasa pada umumnya, jurusan Pendidikan Bahasa ini menyiapkan mahasiswanya untuk terjun ke bidang pendidikan. Bisa sebagai pengajar/tutor, penyusun buku dan kurikulum, dan lainnya. Pendidikan bahasa bakal diperlukan di berbagai tingkatan, mulai dari usia anak-anak, sekolah, bimbel, hingga di perusahaan. Bisa dibilang hampir semua jurusan Pendidikan Bahasa memiliki prospek yang bagus, terutama bahasa-bahasa yang banyak dipelajari seperti Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Prancis, dan Pendidikan Bahasa Arab.

Pilihan kampus antara lain: UNJ, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Universitas Sanata Dharma‍, Universitas Islam Negeri Bengkulu, Universitas Negeri Malang

18. Fashion Bisnis

Industri fashion tanah air terus berkembang. Selain soal desain, aspek fashion yang menarik adalah sisi bisnisnya. Mahasiswa jurusan ini akan menggabungkan ilmu ekonomi dan bisnis serta pengetahuan fashion.

Pilihan kampus antara lain: LaSalle Collge, Esmod, Raffles School of Design

19. Seni Musik

Mempelajari keterampilan seni musik yang meliputi penelitian, perancangan, dan penyajian musik. Musik yang dipelajari adalah musik secara global. Umumnya, mahasiswa jurusan musik akan mendapat kuliah dengan subjek alat musik, vokal, sejarah musik, dan pertujukan musik. Untuk masuk jurusan ini biasanya ada empat tes, yaitu membaca not lagu, memainkan lagu, tes teori tertulis, dan aural (listening) musik untuk mendengar not, ritme dan chord.

Pilihan kampus antara lain: ISI Yogyakarta, Universitas Negeri Medan, IKJ

20. Seni Rupa

Jurusan ini terbagi dalam beberapa konsentrasi seperti seni lukis, seni patung, seni grafis, seni keramik, ilmu seni dan estetika, serta intermedia. Walau tugas dan ujian kebanyakan adalah praktik, namun prodi ini juga mempelajari teori. Menurut Sastia, mahasiswa Seni Rupa Institut Seni Budaya Indonesia, lulusan prodi ini bisa bekerja sebagai seniman, kurator, pengkaji seni, pengamat seni, hingga wirausaha di bidang seni.

Pilihan kampus antara lain: ISI Denpasar, ISI Yogyakarta, ITB

(sumber gambar: youthmanual.com, mapofthesoundoftokyo.com, workmark.com)

LATEST COMMENT
Ryan Jr | 12 jam yang lalu

Ekonomi pembangunan bknnya IPS ya?

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
Carlos Trade | 20 jam yang lalu

Halo pemirsa Kami adalah pedagang profesional, menghasilkan forex dan biner untuk investor mingguan, akan dengan senang hati memberi tahu Anda lebih banyak tentang platform investasi kami di mana Anda dapat menginvestasikan dana hanya $ 200 dan mulai menghasilkan $ 2000 setiap minggu, banyak orang telah…

Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pinjaman Dana Pendidikan Di Indonesia
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1