8 Pekerjaan yang Cocok Untuk Para Ekstrovert

Kalau sebelumnya saya pernah membicarakan pekerjaan-pekerjaan bagi para introvert, sekarang saatnya saya membicarakan pekerjaan-pekerjaan yang cocok bagi para ekstrovert! Nah, buat kamu yang merasa memiliki sifat yang introvert, sudah tahu belum pekerjaan apa saja yang cocok untukmu? Kalau belum tahu, coba cek pekerjaan yang cocok untuk para introvert disini 8 Pekerjaan yang Cocok Untuk Para Introvert!

Buat kamu yang masih bingung dengan apa itu ekstrovert dan introvert, kedua sifat ini merupakan sifat dalam psikologi yang dikenalkan oleh Carl Gustav Jung atau biasa dikenal sebagai C. G. Jung. Sebenarnya, setiap orang pasti memiliki sifat introvert dan ekstrovert, akan tetapi, diantara kedua sifat tersebut, pasti, ada salah satu sifat yang menjadi paling dominan.

Biasanya, mereka yang memiliki sifat ekstrovert lebih suka berinteraksi dengan banyak orang, perkumpulan dengan banyak orang menjadi sesuatu sumber energi, mudah bergaul, berinteraksi dan beradaptasi, senang menjadi pembicara, senang dengan popularitas dan pusat perhatian dan sebagainya. Apakah kamu memiliki sifat yang seperti ini, gaes? Kalau iya, berarti kamu memiliki sifat yang ekstrovert! Nah, kalau kamu memiliki sifat yang ekstrovert, ada lho, pekerjaan-pekerjaan yang cocok banget buat kamu. Ada apa saja, ya?

1. Pengacara 

elle woods legally blonde

Suka nonton film yang ada cerita persidangannya, nggak? Masih ingat sama film Legally Blonde? Itu, lho, sang Elle Woods yang masuk ke Harvard Law School dan berakhir menjadi lulusan terbaik dan memenangkan satu kasus tentang pemfitnahan dan pembunuhan. Menurutmu, apakah Elle Woods merupakan seseorang yang introvert? Oh tentu tidak. Ia suka menjadi pusat perhatian, mudah bergaul dengan banyak orang dan tentunya suka berbicara.

Yap, ketika kamu menjadi seorang pengacara, kamu harus berani, suka dan pintar berbicara! Bagaimana tidak? Untuk memenangkan suatu kasus kamu harus berani berbicara di depan banyak orang. Kamu juga harus pintar berbicara karena kamu akan melemparkan banyak pembuktian dan pembelaan untuk client-mu.

2. Penyiar Televisi/Presenter/Pembawa Acara

Ketika kamu jadi pembawa acara, kamu harus pintar berbicara, membentuk suasana sesuai dengan acara yang kamu bawa dan tentunya harus mau berinteraksi dengan banyak orang.

Well, walaupun kamu berbicara di atas panggung atau di pojokkan panggung, tetap saja, secara nggak langsung, kamu berinteraksi dengan para penonton atau orang-orang yang mengikuti acaramu. Selain itu selama kamu membawa acara, tentu, kamu menjadi pusat perhatian bagi para penonton atau yang mengikuti acara tersebut. Kalau kamu seseorang yang ekstrovert, hal ini pasti seru banget, deh!

3. Youtuber 

youtuber

"Hey! Yo! Yo! What Up!" Ada yang tahu itu jargon pembuka dari youtuber yang mana? Hehe. Nah, kalau kamu seseorang yang ekstrovert, jadi youtuber pun menjadi suatu pekerjaan yang cocok buat kamu. Mau itu youtuber tentang daily vlog atau beauty vlogger sekali pun.

Untuk menjadi seorang youtuber, kamu harus mampu banyak berbicara di depan kamera. Well, memang, sih, interaksi yang dilakukan kepada orang lain, tidak dilakukan secara langsung, tapi tetap saja, once videomu di upload, pasti, banyak orang yang menontonnya bahkan ada yang mengomentarinya. Buat kamu yang suka berbicara, suka menjadi pusat perhatian dan juga suka dengan popularitas, pekerjaan yang satu ini sudah cocok banget buat kamu.

4. Public Relation

Dari nama pekerjaannya saja, sudah jelas banget kalau kamu akan memiliki banyak hubungan dengan orang lain. Hubungan ini tentu akan terjadi kalau kamu dan orang lain melakukan sebuah interaksi.

5. Penyiar Radio

announcer

Ketika kamu menjadi seorang penyiar radio, hal yang harus kamu kuasai dan kamu suka ialah banyak berbicara. Bagaimana tidak? Kalau kamu diam-diam saja, yang ada, saluran radiomu dikira rusak lagi.

Selain itu, kamu juga harus bisa mengatur suasana. Coba bayangin kalau kamu jadi penyiar radio, akan tetapi, kamu nggak bisa mengatur suasana, yang ada nanti para pendengarmu malah jadi bosen lagi.

6. Pemandu Wisata

Yep, selain kamu harus bisa berbicara di depan banyak orang, kamu juga harus bisa menjelaskan tentang wisata yang sedang kamu pandu. Kamu juga harus bisa lebih asyik dalam menjelaskan sesuatu.

Nah, kalau kamu punya keinginan untuk bekerja sambil jalan-jalan,pekerjaan yang satu ini menjadi sangat cocok buat kamu. Apalagi kalau kamu suka berbicara di depan banyak orang, wah, pas banget, deh!

7. Costumer Center

costumer center

Ketika kamu menjadi seorang customer center, job description-mu atau pekerjaanmu pasti lebih banyak berbicara dengan orang lain melalui telepon. Kamu pun akan sering menerima berbagai macam pertanyaan.

Nah, kalau kamu ingin bekerja sebagai costumer center, kamu harus pandai berbicara dan tentunya pandai dalam menjelaskan suatu hal kepada orang lain. Bagaimana  nih, gaes? Apakah kamu memiliki kemampuan tersebut?

8. Guru atau Dosen (Secara umum) 

Ketika kamu menjadi seorang guru atau dosen, kamu harus berani berbicara di depan banyak orang. Selain itu, kamu pun harus pintar dalam mata kuliah atau mata pelajaran yang kamu ajar. Nah, kalau kamu bercita-cita menjadi seorang dosen atau guru, akan tetapi, presentasi di depan kelas saja kamu masih bergetar alias nervous, kamu harus buru-buru belajar mengatasi rasa nervous-mu, gaes!

***

Nah, kedelapan profesi di atas merupakan profesi yang cocok buat kamu yang memiliki sifat ekstrovert. Akan, tetapi, perlu di ingat, gaes, meskipun di artikel ini kedelapan pekerjaan tersebut cocok untuk para ekstrovert, bukan berarti kamu yang introvert nggak bisa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan ini. Tentu, kamu sang introvert pun bisa, selama kamu ingin mencobanya. Semangat!

Baca juga: 

(Sumber gambar: idntimes.com, salesforce.com, swaragamatc.com, ew.com, makeuseof.com)

LATEST COMMENT
Zainu Satria | 10 jam yang lalu

Mohon di cek kan kak. Saya kuliah di Universitas Asahan Prodi Bahasa Indonesia Nama:Winda Mentari NPM:14053010

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Zainu Satria | 10 jam yang lalu

Assalamu'alaikum. Kak saya mau tanyak, saya kan pernah kulia dari tahun 2014.udh selesai semua, saya juga udh susun proposal.pas saya mau sempro kendala di uang kulia. Karena pada saat saya kulia ada ambil dispen. Disitu saya sama sekali tdk ad uang. Tu terus saya mau kerja. Dan ingin ambil cuti.…

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
maulaaa ya | 2 hari yang lalu

Emangnya gabisa yaa kalau anak ipa masuk ke psikologi soshum ?

5 PTN dengan Prodi Psikologi Saintek, Anak IPA Wajib Cek!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1