Berawal Dari Hobi, Ini 4 Profesi Kekinian yang Bisa Kamu Pertimbangkan

Siapa bilang untuk menghasilkan uang alias bekerja, kamu harus lulus kuliah terlebih dahulu? Nyatanya, buat kamu yang masih kuliah atau sedang butuh uang tambahan, ada, lho, beberapa pekerjaan kekinian yang berawal dari hobi dan bisa kamu pertimbangkan.

Ahh, emangnya bisa pekerjaan, tapi berawal dari sebuah hobi? Ya, bisa banget dong, gaes!

Dengan adanya perangkat dan teknologi masa kini yang semakin canggih, anak muda jaman sekarang memiliki banyak kesempatan untuk mengubah passion dan ketertarikan mereka menjadi karier yang menjanjikan—mulai dari Spesialis Media Sosial hingga Vlogger.

Nah, berikut ini ada 4 pekerjaan kekinian yang berawal dari sebuah hobi dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk memulai karier. Apa saja, ya, kira-kira? Cekidot!

1. Content Creator atau Konten Kreatif

Konten Kreatif

Bisa dibilang, konten kreatif adalah bidang yang sedang naik daun saat ini. Bidang ini jadi wadah yang tepat buat kamu yang ingin unjuk gigi, sekaligus mendapatkan uang dari hal yang kamu senangi.

Ada banyak hal yang bisa kamu explore dari bidang ini, gaes. Misalnya, kamu tertarik dengan dunia gambar-menggambar, kamu bisa, lho, menjadi Ilustrator.

Atau kamu hobi banget nontonin YouTube. Daripada cuma nontonin aja, kamu juga bisa, lho, membuat konten-konten positif dan menjadi Youtuber. Hihihi.

Fyi, konten itu nggak melulu berisi informasi yang berupa teks, kok. Tapi sudah meluas dan melebar menjadi bentuk gambar, foto, video atau film pendek.

2. Gaming

Gaming

Sekarang, gaming bukan sebatas hobi untuk mengisi waktu luang saja, lho. Kok bisa?

Yups, bisa dibilang, gaming juga merupakan salah satu industri yang sedang populer, gaes.  Nggak cuma di Indonesia, tapi di dunia. Buktinya, ada banyak banget gamer atau Youtuber gaming yang punya penghasilan besar, lho.

Selain itu, mulai banyak turnamen e-Sports yang cukup sering diadakan di Indonesia dan menawarkan hadiah prestise bagi para pemenangnya.

Oyaa, saking mulai populernya sektor ini, e-Sports sudah menjadi salah satu pertandingan ekshibisi di ajang Asian Games yang telah digelar Agustus 2018 lalu, lho.

Jadi, kapan lagi, ‘kan, kamu bisa nge-game tanpa perlu takut dimarahi orang tua, ditambah dapat hadiah yang cukup besar pula?

3. Make Up Artist atau Make Up Stylist

Make Up Stylist

Kamu suka dandan? Atau suka dandanin teman-teman kamu? Kalau iya, profesi Make Up Stylist bisa jadi pilihan profesimu, lho. Banyak industri yang memiliki ketergantungan terhadap profesi ini. Mulai dari dunia entertainment, salon kecantikan, serta fashion.

That’s why, profesi yang satu ini patut kamu pertimbangkan. Bukan nggak mungkin, ‘kan, kalau suatu saat kamu punya salon sendiri atau bahkan bisa menjadi Make Up Stylist-nya para artis/model dengan bayaran menggiurkan.

4. Fotografer 

Fotografer

Buat sebagian orang, fotografi adalah hobi semata. Eits, tapi jangan salah, hobi fotografimu itu bisa memberi kamu gaji yang lumayan, lho.

Apalagi, sekarang sudah banyak tempat yang bisa jadi wadah untuk memamerkan karya terbaik kamu. Mulai dari Instagram, Blog, Pinterest, dan lain-lain.

Untuk memulainya, kamu bisa, nih, jadi Fotografer event-event—baik di dalam atau di luar kampus. Kamu juga bisa mengikuti komunitas/UKM jurnalis. Pastinya, kalau di komunitas/UKM jurnalis, seorang Fotografer sangat dibutuhkan   

Kalau kamu masih merasa skill–mu belum ada apa-apanya, Platform online seperti blog dan forum, bisa jadi tempat yang cocok untuk belajar. Atau kamu juga bisa ikut kursus fotografi. Dari mengikuti kursus fotografi ini, kamu bisa mendapatkan kemampuan teknis dasar yang dibutuhkan dan semakin meningkatkan skill­­-mu.

***

Itulah 4 hobi yang bisa kamu pertimbangkan—baik saat kamu masih kuliah atau bahkan setelah lulus nanti. Ya, hitung-hitung buat nambahin uang jajan atau sekalian nunggu panggilan kerja di perusahaan-perusahaan impian kamu gitu, deh, gaes.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: eventbrite.com, briosmedia.com, manchester.ac.uk, houstontrainingschools.net, medium.com)

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 17 jam yang lalu

Hai Muhammad Hafidz, yang bisa mendaftar adalah lulusan jurusan IPA dan SMK dengan kejuruan yang sejalan. Untuk mengetahui dengan pasti, kamu bisa menanyakan pada BINUS UNIVERSITY.

Bedah Faculty of Engineering BINUS UNVERSITY
ALEX ALZAM, S.Kom, M.Kom | 24 jam yang lalu

- Universitas Amikom Yogyakarta - Universitas Gadjah mada - UPN VETERAN - UII

Serba-Serbi Jurusan Cyber Security: Dari Mata Kuliah Hingga Prospek Karier
Navi | 1 hari yang lalu

Halo kak, kalau anak IPA lintas jurusan ke sastra inggris atau ilmu komunikasi nilai yang dilihat yg mana aja ya? Soalnya saya ga punya nilai sosiologi, ekonomi, dan geografi. Terima kasih.

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Muhammad Hafidz | 2 hari yang lalu

Jadi lulusan Multimedia seperti saya ga bisa daftar jurusan Computer Engineering?

Bedah Faculty of Engineering BINUS UNVERSITY
Elza Aulia | 5 hari yang lalu

Semoga ya Allah saya menjadi pilot dan bisa membanggakan orang tua saya aminnnn

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1