Pekerjaan Entry Level (Karyawan Pemula) yang Sedang banyak Dibutuhkan di Dunia

"Prospek kerja profesi A gimana sih, kak?"

"Profesi apa, sih, yang banyak dibutuhkan lima tahun ke depan?"

Kita di Youthmanual sering banget kebanjiran pertanyaan seperti di atas. Pertanyaan ini datang dari mereka yang akan memilih jurusan kuliah atau hampir lulus dari perguruan tinggi.

Meskipun menurut saya bekerja haruslah sesuai dengan passion, nggak ada salahnya juga kalau kamu tahu informasi terkini soal dunia kerja. Siapa tahu aja, industri yang berpotensi untuk berkembang di tahun ini dan beberapa tahun mendatang juga merupakan passion kamu. Makin semangat, deh!

Monster Job, sebuah lembaga pencari kerja terpercaya di Amerika serikat bekerja sama dengan CEB Global, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi bisnis, membuat laporan tentang pekerjaan entry level (karyawan pemula) yang lowongannya banyak bertebaran secara online di seluruh dunia.

Entry level sendiri dikategorikan sebagai fresh graduates yang belum punya pengalaman bekerja sama sekali sampai karyawan yang baru satu atau dua tahun bekerja di posisi yang sama.

Ini dia pekerjaan entry level yang banyak dicari perusahaan tahun 2017:

Analis Sistem Komputer‍ 

Deskripsi pekerjaan: Menganalisa baik dari sisi teknis, bisnis, dan masalah lain terkait pengolahan data. Tujuannya untuk menerapkan serta meningkatkan sistem informasi dan sistem komputer dalam sebuah organisasi. Analis sistem komputer juga bertugas menganalisa kebutuhan pengguna, prosedur, serta masalah untuk otomatisasi. Ia juga perlu mengevaluasi kemampuan sistem komputer dengan tujuan memperbaiki alur kerja, efisiensi, dan efektiftas proses.

Gaji rata-rata di Indonesia: Rp4,5-Rp7 juta/bulan, maksimal Rp84 juta/tahun.

Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Deskripsi pekerjaan: Merencanakan, melaksanakan, dan mengkoordinasikan program keselamatan kerja. Ia menerapkan prinsip teknik dan teknologi untuk mencegah atau memperbaiki kondisi lingkungan pekerjaan yang tidak aman.

Gaji rata-rata di Indonesia: Rp4,5-Rp5,6 juta/bulan, maksimal Rp67 juta/tahun.

Terapis Fisik 

Deskripsi pekerjaan: Menilai, merencanakan, mengatur, dan berpartisipasi dalam program rehabilitasi yang meningkatkan mobilitas, mengurangi rasa sakit, meningkatkan kekuatan, serta meningkatkan atau mengokerksi kondisi penghentian akibat penyakit atau cedera.

Gaji rata-rata di Indonesia: Rp3,5-Rp5,5 juta/bulan, maksimal 66 juta/tahun

Konsultan Pemasaran Digital‍ 

Deskripsi pekerjaan: Memberikan jasa konsultasi untuk klien yang memakai platform digital sebagai sarana pemasaran atau branding. Konsultan pemasaran digital juga berperan menyusun strategi digital marketing.

Gaji rata-rata di Indonesia: Rp 4,6-Rp6,1 juta/bulan, maksimal Rp72 juta/tahun.

Ahli Teknik Industri‍ 

Deskripsi pekerjaan: Merancang, mengembangkan, menguji, dan mengevaluasi sistem yang terintegrasi untuk mengelola proses produksi industri, termasuk faktor kerja manusia, kontrol kualitas, kontrol perlengkapan, arus logistik dan bahan, analisa biaya, dan koordinasi produksi.

Gaji rata-rata di Indonesia: Rp 3,6-Rp6 juta/bulan, maksimal Rp72 juta/tahun.

Agen Penjualan, Layanan Keuangan‍ 

Deskripsi pekerjaan: Menjual jasa keuangan seperti pinjaman, pajak, dan konseling keamanan untuk pelanggan lembaga keuangan dan perusahaan bisnis.

Gaji rata-rata di Indonesia: Rp 2,5-Rp4 juta/bulan, maksimal Rp48 juta/tahun.

Developer Software, Aplikasi‍ 

Deskripsi pekerjaan: Mengembangkan, menciptakan, dan memodifikasi software aplikasi komputer atau program. Menganalisa kebutuhan pengguna, merancang, dan mengembangkan solusi software.

Gaji rata-rata di Indonesia: Rp 4,1-Rp6,4 juta/bulan, maksimal Rp76 juta/tahun.

***

Selain itu, pekerjaan entry level yang banyak dicari setiap tahun adalah Wartawan‍, Guru Vokasi‍, Teller‍, Representatif Layanan Konsumen ‍ dan Sales Periklanan‍. Gaji rata-rata dari lima profesi tersebut sesuai dengan Upah Minimum Regional (UMR) Setiap daerah.

Oh iya, kamu juga bisa mencari tahu gambaran soal gaji untuk entry level dari berbagai industri di Indonesia yang ditulis Youthmanual tahun 2016.

(Sumber gambar: dr-inc.com, wp.myperfectresume.com, pe.gatech.edu)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Tiara Windi | 26 hari yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 26 hari yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Akun Tum | 1 bulan yang lalu

Hi min bagaimana kalau semester 5 ini gua punya maksimal 24 sks dan sks yg dapat ku ambil cuman 23, nah bagaimana itu klau ada mk wajib 1 yg 3 sks nya saya buang dan menggantikan dengan mk pilihan 2 yang 2 sks-2 sks, untuk mempas kan sks 24.. Menurut mimin bagaimana baiknya

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1