10 Pilihan Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Kreatif dan Estetik Abis

“Kamu anaknya kreatif banget, deh!”

Siapa, sih, yang nggak ngerasa bangga pas ngedenger pujian kayak di atas? Pastinya kamu langsung merasa bahwa kamu adalah individu yang pernuh ide-ide segar dan jauh dari kata ngebosenin. Imajinasi kamu sangat luas, dan kamu adalah orang yang nggak suka dikekang alias free-spirited. Dan nggak jarang kalau banyak yang ngecap kamu sebagai orang yang a e s t e t h i c. Saik!

Nah, jika kamu sudah menyelesaikan modul minat di Youthmanual, kamu termasuk dalam tipe The Creative Maestro dalam spektrum kepribadian RIASEC. Dan jurusan kuliah yang cocok menjadi pilihan kamu adalah…

1. Fotografi‍ 

1

Sesuai namanya, jurusan ini mempelajari berbagai hal tentang merekam dalam gambar diam berbagai bentuk dan peristiwa, baik disengaja atau nggak. Fotografi yang didalami bukan hanya untuk menangkap sebuah peristiwa namun juga dapat merepresentasikan pesan ataupun cerita yang termuat disetiap foto. Jadi, nggak cuma ngebahas seputar kamera, tapi juga teknik mengambil dan berbagai cara untuk mendapatkan gambar yang bagus.

2. Desain Produk‍ 

Buat yang nggak familiar, jurusan ini sering juga disebut dengan Industrial Design. Di jurusan ini para mahasiswa akan mempelajari perencanaan dan perancangan barang yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang mengutamakn kenyamanan inderawi, kenyamanan fisik, dan kenyamanan nilai produk. Desain botol Coca-cola yang nyaman digenggam, snack Kinder Joy yang dengan berbagai gimmick, atau desain lampu penerangan taman yang minimalis, tuh, hasil buah karya desainer produk, lho!

3. Sendratasik (Seni, Drama, Tari, dan Musik)‍ 

Kebudayaan adalah hasil cipta dan karsa manusia adalah suatu kekayaan yang sampai saat ini masih kita miliki, dan tentunya patut kita pelihara. Beragamnya kebudayaan yang kita miliki ini menjadi bukti bahwa bangsa kita kaya akan budaya. Nah, kalau kamu berminat di bidang seni dan suka mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik yaitu irama, melodi, harmoni, bentuk atau struktur lagu, dan ekspresi, terlebih jika kamu memiliki panggilan jiwa dalam bidang pengajaran seni, jurusan ini cocok banget buat kamu.

4. Tata Boga‍ 

Tata boga adalah industri yang akan terus ada, sehingga kamu nggak perlu takut nggak bakal ada prospek kerja di bidang ini. Di jurusan Tata Boga, kamu bakal mempelajari segala hal yang berkaitan dengan dunia masak-memasak. Mulai dari dasar tata boga, jenis-jenis makanan, pengadaan bahan makanan lokal dan bahan makanan organik, teknik memasak, sampai katering, yang masih punya ruang untuk terus berkembang. Kamu yang punya cita-cita jadi penerus Gordon Ramsay kudu banget pilih jurusan ini, hihihi.

5. Arsitektur‍ 

5

Pada umumnya, Arsitektur menjadi bagian dari Fakultas Teknik. Uniknya, jurusan ini tidak melulu mengajarkan hal-hal teknik, tapi juga seni dan estetika. Arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Dalam mendalami arsitektur, para mahasiswa harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas).

6. Tata Rias dan Kecantikan‍ 

Berhubung pasar dunia kecantikan sedang berkembang pesat, jurusan satu ini pas banget buat kamu yang ingin mendalami dunia tata rias. Kamu yang mengambil Jurusan Tata Rias ini akan mempelajari tata rias Indonesia dan internasional, Beberapa hal yang dipelajari adalah cara menyanggu, menata rambut, memotong rambut, merias wajah menggunakan bahan dan alat kosmetika.

7. Desain Komunikasi Visual‍ 

Jurusan yang kini tengah meroket ini mengajak para mahasiswanya untuk mempelajari seni menyampaikan suatu pesan melalui bahasa rupa (desain) untuk menginformasikan, mempersuasi, dan mempengaruhi publik atau penerima pesan. Bahasa rupa bisa berupa imagi grafis, simbol, tanda, atau unsur grafis lainnya. Para mahasiswa harus mampu membuat isi pesan yang kreatif dan solutif untuk permasalahan yang terjadi dalam bentuk iklan cetak, iklan televisi, layout, kemasan, film, dan sebagainya baik dalam format digital dan konvensional.

8. Televisi dan Film‍ 

Kamu punya minat dalam pembuatan film dan acara-acara TV, atau bahkan punya hobi membuat klip musik pendek ataupun film pendek? Jurusan ini adalah jurusan yang kamu banget. Ditambah perkembangan pesat di bidang media dan teknologi yang memungkinkan film dan program-program televisi dapat diproduksi dengan cepat dan mudah. Untuk menekuni jurusan ini diperlukan kreativitas, paham memanfaatkan teknologi, serta daya analisa yang tinggi untuk membuat film dan pertunjukan televisi yang nggak hanya bisa meraih rating tinggi, namun juga memiliki konten yang berkualitas.

9. Sastra Indonesia‍  / Sastra Inggris‍ 

9

Kedua pentolan jurusan dari rumpun sastra ini tentunya khusus mempelajari tren sastra di Indonesia dan negara-negara dengan bahasa inggris sebagai bahasa ibu secara global. Para mahasiswa akan mempelajari beraneka ragam subyek sastra, puisi, drama, roman-novel, dan linguistik. Mempelajari sastra bakal memperluas cakrawala pengatahuanmu,  mulai dari gaya bahasa dan apresiasi cerita, namun kamu akan lebih menggunakan rasa untuk memahami apa yang sebenarnya diungkapkan oleh penulis, bahkan dialami olehnya.

10. Fashion Management‍ 

Jurusan satu ini bisa dibilang sangat menarik, terutama untuk kamu yang punya passion di dunia mode tapi memiliki keterbatasan dalam menggambar atau mendesain kamu tetap bisa bekerja dalam dunia fashion. Kamu akan mempelajari banyak hal, mengembangkan kemampuan dan kreatifitas dalam dunia bisnis fashion. Trend dunia fashion yang selalu berubah-ubah dan selalu berkembang dari masa kemasa akan menuntut jurusan management untuk mengerti kebutuhan pasar dan perilaku para konsumennya demi memenuhi kebutuhan pasar.

(sumber gambar: cgu.edu, amazonaws.com, wisegeek.com, aqa.org.uk)

LATEST COMMENT
Lemon meringue | 2 jam yang lalu

Berapa jam kita belajar di kelas hukum ka? Penasaran

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum
Khusnul Khuluq | 4 hari yang lalu

Semakin banyak baca banyak pula pengetahuan

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Anzeli Amin | 5 hari yang lalu

Kak, mau bertanya. Saya anak IAI ingin masuk sastra Inggris unj lewat SNMPTN apakah bisa atau tidak? Terimakasih

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1