Ilmu MIPA dan Ilmu Teknik, Apa, Sih, Bedanya?

Jurusan kuliah memang sangat variatif, termasuk jurusan Teknik. Ada Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Fisika, dan lain-lain.

Tapi pernah nggak kamu bertanya-tanya, apa bedanya Kimia dengan Teknik Kimia? Atau bedanya Fisika dengan Teknik Fisika?

Intinya, apa bedanya ilmu MIPA dengan ilmu Teknik? Kalau kamu masih galau menentukan jurusan kuliah karena hal ini, berikut beberapa perbedaannya!

1. MIPA atau Sains Adalah Ilmu Murni

Ilmu murni? Memangnya ada ilmu yang nggak murni? Bukan, sob. Maksudnya, ilmu sains adalah ilmu dasar, dan mahasiswa jurusan MIPA belajar dasar-dasar dari ilmu tersebut. Makanya, mahasiswa Kimia akan belajar dasar-dasar ilmu kimia seperti Biokimia, Kimia Organik, Kimia Anorganik, dan sebagainya.

Lalu harus diingat, tujuan dari pembelajaran MIPA adalah untuk riset perkembangan ilmu sains.

2. Teknik Adalah Ilmu Terapan

Sementara itu, jurusan Teknik adalah jurusan terapan. Dengan kata lain, mahasiswa Teknik harus menerapkan ilmu-ilmu dasar sains, dan menghasilkan suatu hal. Misalnya, mahasiswa Kimia harus bisa mengolah bahan mentah menjadi produk jadi, menggunakan proses kimiawi.

Bisa dibilang, ilmu teknik adalah ilmu rekayasa, untuk menciptakan sesuatu. Meski begitu, proses rekayasa ini menerapkan dasar-dasar ilmu sains. Nggak mungkin, dong, mahasiswa Kimia mengolah kelapa sawit menjadi sabun lewat proses kimiawi, tanpa paham dasar ilmu kimia? Atau nggak mungkin, dong, mahasiswa Teknik membangun ruang anti gema dari triplek, karena dia nggak tahu kalau triplek bukan peredam bunyi?

3. Meski Berbeda, Keduanya Saling Membutuhkan

Dalam membangun teknologi, teknik dasarnya menggunakan ilmu sains. Sementara itu, riset di bidang sains diarahkan agar seiring dengan perkembangan teknologi.

Supaya kamu lebih paham perbedaan jurusan MIPA dan Teknik, saya mau kasih contoh, ya.

Misalnya, ada mahasiswa Fisika dan mahasiswa Teknik Fisika mau membuat membuat microwave. Si anak Fisika paham tentang gelombang dan listrik di jurusannya, tetapi dia nggak tahu bagaimana prinsip perancangan alat. Untungnya, si anak Teknik Fisika paham gambar teknik dan desain sistem di jurusannya. Nah, mereka bisa saling melengkapi ‘kan?

4. Mahasiswa MIPA Dituntut Selalu Penasaran, Mahasiswa Teknik Dituntut Inovatif

Karena mahasiswa MIPA lebih banyak melakukan riset, maka rasa curiosity alias penasaran mereka sangat diperlukan. Memang, pada intinya, sains adalah tentang mengeksplorasi alam semesta dan potensinya. Seorang  ilmuan harus selalu bertanya, “Kenapa?”.

Sementara itu, mahasiswa Teknik harus selalu inovatif dan praktikal. Rasa penasaran tetap diperlukan, tetapi jiwa inovasi dan kreasi lebih diperlukan lagi. “Hasil” pembelajaran mahasiswa Teknik adalah alat atau prototipe.

***

Begitulah, sob, kira-kira penjelasan mengenai perbedaan jurusan MIPA dan Teknik. Kalau kamu tertarik untuk menciptakan suatu alat atau teknologi, kamu lebih cocok ke Teknik. Kalau kamu lebih suka kegiatan eksplorasi, MIPA  adalah tempatmu. Semoga nggak bingung-bingung lagi, ya!

(sumber gambar : imgur.com, www.engineering.unsw.edu.au, respey.pbworks.com, today.uconn.edu)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 24 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1