Serba Serbi Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Ekstrovert

Kalau kemarin saya sudah bahas serba serbi jurusan kuliah untuk kamu yang introvert. Well, giliran, nih. Hari ini saya akan memmbahas tentang serba serbi jurusan kuliah untuk kamu yang ekstrovert.

Kebanyakan dari kita menganggap orang dengan kepribadian ekstrovert lebih fleksibel dalam memilih jurusan kuliah ataupun jenis profesi. Ya, nggak salah, sih, dengan mindset yang seperti itu.

As we know, ekstrovert memang cenderung lebih mudah membuka diri dengan lingkungan, senang beraktivitas dengan sekitarnya serta aktif berbicara. Berbeda dengan si introvert yang lebih suka mengahiskan waktunya dengan beraktivitas seorang diri. Ekstrovert juga mempunyai kadar percaya diri yang tinggi jika di dalam keramaian, dan senang bergaul.

Tapi bukan dengan kelebihan itu juga, ekstrovert mudah menemukan jurusan. Karena yang saya lihat dari orang-orang di sekitar saya, banyak para ekstrovert yang salah masuk jurusan kuliah hingga minat, bakat dan passion yang dimiliki akhirnya malah nggak terasah. Sayang banget, yaa!

Nah, biar kamu nggak jadi orang yang salah dalam memilih jurusan kuliah. Yuk, cari tahu serba serbi jurusan kuliah yang cocok untuk kepribadian ekstrovert di bawah ini.

1. Bidang Politik

Kamu suka hal yang berbau politik, sejarah dan hukum? Dua jurusan kuliah ini sepertinya pantas mendapatkan perhatianmu! Ya, benar! Jurusan Ilmu Hukum dan Ilmu Politik.

Kalau kamu termasuk salah satu orang yang sering beranggapan bahwa jurusan Hukum adalah jurusan yang sering berkutat dengan hafalan. No! Kali ini kamu harus merubah mindsetmu tentang jurusan Hukum karena dalam jurusan hukum nggak melulu mengandalkan keahlianmu dalam menghafal, kok.

Justru, di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana menangani permasalahan dalam menghadapi kehidupan sehari-hari dengan cara menganalisis, berpikir strategis, hingga problem solving. Selain itu, di jurusan ini kamu juga akan mempelajari megenai kebijakan, aturan, undang-undang serta hal lain yang masuk ranah hukum.

Sementara kalau kamu kuliah di jurusan Ilmu Politik, kamu akan belajar mengenai berbagai macam sistem politik dunia (baik secara teori dan praktek-nya), mengkaji demokrasi, sistem politik hingga hak asasi manusia.

Wawasan luas, pola pikir yang kritis, keterampilan komunikasi, dan interpersonal adalah kemampuan-kemampuan yang akan diasah dalam jurusan ini, gaes.

Sehingga, kedua jurusan kuliah ini mungkin sangat cocok bagi si ekstrovert karena disini kamu akan banyak bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang.

2. Ilmu Komunikasi 

jurusan ilmu komunikasi

Jurusan selanjutnya adalah jurusan Ilmu Komunikasi. Jurusan kuliah ini bisa jadi pilihan yang pas banget buat kamu yang punya kepribadian ekstrovert, lho!

Ya, namanya saja Ilmu Komunikasi, ‘kan. Of course, jurusan ini akan mempelajari tata cara berkomunikasi dan penggunaan media sebagai sarana komunikasi antar manusia. Mulai dari teori komunikasi, seni dalam mengolah pesan kepada lawan bicara, psikologi komunikasi, fotografi hingga praktek langsung dalam bidang advertising, broadcasting, serta public relation.

Kamu juga akan mendapat banyak tugas seru dalam jurusan ini—seperti menulis berita, siaran radio dan bikin film. Trus, prospek kariernya sangat terbuka lebar.

3. Hubungan Internasional 

Gaes, kamu udah nggak asing sama jurusan kuliah yang satu ini, ‘kan? Yaps! Hubungan Internasional adalah jurusan yang mempelajari relasi, interaksi, dan komunikasi internasional.

Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang bagaimana berdiplomasi dengan antar negara, politik dan perdagangan luar negeri, hukum juga ekonomi internasional. Wawasan, pola pikir kritis, keterampilan komunikasi, dan diplomasi yang baik akan sangat dibutuhkan di jurusan yang satu ini.

Well, buat kamu yang selalu aktif berbicara dan mudah bergaul, jurusan Hubungan Internasional sangat pas sekali untuk kepribadianmu itu bukan?

4. Psikologi 

jurusan psikologi

Seperti yang kamu ketahui, saat ini jurusan Psikologi banyak banget peminatnya, lho! Psikologi sendiri adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia, mental serta pikirannya.

Di jurusan kuliah yang satu ini, kamu akan banyak mempelajari mengenai pola perilaku, pola pikir dan pola emosi manusia. Beberapa mata kuliahnya adalah teori-teori kepribadian, psikologi pendidikan, psikologi konseling hingga psikodiagnostik.

Jurusan Psikologi menantang banget untuk kamu yang berkepribadian ekstrovert karena kamu akan bertemu dengan berbagai tipe manusia yang kamu temui selama berkarier di bidang ini.

Fyi, jurusan Psikologi tergolong menjadi dua, yaitu Psikologi Saintek dan Psikologi Soshum. Buat kamu yang belum tahu perbedaan keduanya, kamu bisa baca di sini.

5. Pariwisata 

Kamu suka travelling? Suka bicara di depan banyak orang? Kamu bisa jadi Pemandu Wisata, gaes. Well, kalau mau jadi Pemandu Wisata. Kamu harus mengambil jurusan kuliah yang sesuai yaitu jurusan Pariwisata.

Di jurusan ini, kamu akan sering bertemu banyak orang untuk mempelajari dunia kepariwisataan, memperdalam potensi wisata yang ada serta mempelajari sejarah, adat, social life dan budaya dari suatu daerah.

Belakangan jurusan Pariwisata mulai banyak dilirik karena prospek karier di bidang ini juga sangat beragam dan menjanjikan. Ya, siapa, sih, yang nggak suka jalan-jalan sambil belajar apalagi kalau bisa jalan-jalan sambil dibayar. Hehehe.

***

Itulah serba serbi jurusan kuliah yang cocok buat kamu yang berkepribadian ekstrovert, gaes.

Oyaa, saya punya sedikit tips, nih, buat kamu yang merasa punya kepribadian introvert dan ekstrovert a.k.a ambivert dan masih bingung buat menentukan jurusan kuliah. Cobalah telusuri lebih lanjut pribadimu itu lebih condong kemana—ke introvert atau lebih ke extrovert.

Kalau kamu sudah memahami kepribadianmu, jangan lupa juga buat cari tahu apa minat, bakat dan passion-mu yaa! Tujuannya biar nggak salah memilih jurusan kuliah dan menyesal di tengah jalan nantinya!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: atlassian.com, brandignity.com, thedailystar.net)

LATEST COMMENT
Annisa | 1 hari yang lalu

Kak saya dari saintek, apa peluangnya lebih besar ke soshum ya? Atau sama saja karena universitas swasta?

Jurusanku: Desain Komunikasi Visual Telkom University, Muhammad Emir Yusuf
Robi JP | 1 hari yang lalu

Kalau suka pelajaran matematika, selain jurusan statistika, masuk gak ke jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi,?

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
James Ellison Rasmussen | 3 hari yang lalu

Singkat kata untuk keuntungan luar biasa yang anda bantu saya perolehi hanya dalam seminggu dengan strategi pilihan binari. Maaf kerana saya ragu pada awalnya, saya melabur $ 200 dan memperoleh $ 2,500 hanya dalam satu minggu, dan terus melabur lebih banyak lagi, hari ini saya mempunyai kewangan berjaya,…

Serba Serbi Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Introvert
James Ellison Rasmussen | 3 hari yang lalu

Singkat kata untuk keuntungan luar biasa yang anda bantu saya perolehi hanya dalam seminggu dengan strategi pilihan binari. Maaf kerana saya ragu pada awalnya, saya melabur $ 200 dan memperoleh $ 2,500 hanya dalam satu minggu, dan terus melabur lebih banyak lagi, hari ini saya mempunyai kewangan berjaya,…

Mengenal Jurusan Desain Interior Lebih Dalam dan Prospek Kerjanya di Masa Depan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1