Bedah Jurusan Psikologi Soshum (IPS) dan Psikologi Saintek (IPA) Beserta Pilihan Kampusnya

Di SBMPTN dan SNMPTN, jurusan Psikologi tergolong unik karena ada yang masuk rumpun Sosial Humaniora /IPS dan ada yang masuk Sains Teknologi/IPA. Di kampus mana saja Psikologi IPA dan IPS tersebut serta apa perbedaannya?

Pada dasarnya, Psikologi merupakan program studi yang mempelajari manusia, khususnya seputar perilaku, pikiran, dan emosi. Kenapa kok, prodinya ada yang saintek ada yang soshum? Nah, perkuliahan Psikologi menyangkut ilmu sains, sosial, dan humaniora. Jadi mahasiswanya belajar hal-hal yang terkait dengan hitung-hitungan, biologi, sosiologi, dan lainnya.

Karena yang dipelajari cukup luas, ada kampus yang memasukkan Psikologi dalam rumpun jurusan soshum dan ada pula perguruan tinggi yang mengelompokkan prodi ini dalam rumpun saintek. Simak perbedaannya.

Psikologi Soshum

Untuk anak IPS, kamu bisa memilih prodi Psikologi soshum antara lain di kampus berikut ini:

1. Universitas Indonesia 

Akreditasi: A

Peminat pada SBMPTN 2016: 3,029

Kursi pada SBMPTN 2017: 140

2. Universitas Sumatera Utara 

Akreditasi:  B

Peminat pada SBMPTN 2016: 100

Kursi pada SBMPTN 2017: 1,895

3. Universitas Negeri Jakarta 

Akreditasi: B

Peminat pada SBMPTN 2016: 3,029

Kursi pada SBMPTN 2017: 124

4. Universitas Diponegoro 

Akreditasi: B

Peminat pada SBMPTN 2016: 2,514

Kursi pada SBMPTN 2017: 92

5. Universitas Gadjah Mada 

Akreditasi: A

Peminat pada SBMPTN 2016: 2,853

Kursi pada SBMPTN 2017: 80

6 Universitas Airlangga 

Akreditasi: A

Peminat pada SBMPTN 2016: 1,963

Kursi pada SBMPTN 2017: 73

7. Universitas Udayana 

Akreditasi: B

Peminat pada SBMPTN 2016: 658

Kursi pada SBMPTN 2017: 18

8. Universitas Negeri Makassar 

Akreditasi: B

Peminat pada SBMPTN 2016: 1,507

Kursi pada SBMPTN 2017: 86

9. Universitas Brawijaya 

Akreditasi: B

Peminat pada SBMPTN 2016: 1,803

Kursi pada SBMPTN 2017: 54

10. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 

Akreditasi: A

Peminat pada SBMPTN 2016: 1,620

Kursi pada SBMPTN 2017: 70

Kebanyakan kampus memang memasukkan prodi Psikologi rumpun soshum. Anak IPA berpeluang masuk juga sih, asalkan pada SBMPTN memilih tipe tes IPC atau mengambil tes IPS. Sedangkan untuk SNMPTN, biasanya diberi kesempatan untuk IPA maupun IPS.

Kampus yang memasukkan Psikologi ke dalam rumpun soshum adalah yang lebih menekankan pada mata kuliah sosial humaniora. Walau demikian, ilmu sains tetap dipelajari. “Saya mempelajari banyak ilmu dan teori dasar mengenai tingkah laku manusia. Mulai dari penjelasan secara biologis, teori awal psikologi, metode wawancara, hingga metode observasi. Lalu ada juga mata kuliah metode penelitian di setiap semesternya,” jelas Rizka Anindita dari Psikologi Universitas Indonesia.

Yup, Universitas Indonesia yang memiliki jurusan Psikologi tertua di Indonesia termasuk yang memasukkan prodi ini dalam kelompok sosial humaniora. Psikologi UI sendiri banyak jadi rujukan kampus lain. Adapun gambaran mata kuliah Psikologi soshum adalah:

  • Logika dan Penulisan Ilmiah
  • Bimbingan Pendidikan
  • Psikologi Pendidikan
  • Statistik
  • Psikologi Perkembangan
  • Psikologi Belajar
  • Psikologi Industri dan Organisasi
  • Psikologi Kesehatan
  • Psikologi Politik
  • Psikologi Sosial
  • Psikologi Pendidikan dan Keluarga
  • Masalah Psikologis Remaja
  • Psikologi Keluarga
  • Metode Penelitian Eksperimental
  • Psikologi Konsumen
  • Psikologi Komunikasi dalam Kerja
  • Psikologi Kepribadian
  • Psikologi Perilaku Sosial
  • Psikologi Arsitektur
  • Psikologi Perilaku Seksual
  • dan lainnya

Psikologi Saintek

Kampus yang menawarkan program Psikologi rumpun sains dan teknologi antara lain:

1. Universitas Andalas 

Akreditasi: B

Peminat pada SBMPTN 2016: 1,188

Kursi pada SBMPTN 2017: 32

2. Universitas Sriwijaya 

Akreditasi: B

Peminat pada SBMPTN 2016: 854

Kursi pada SBMPTN 2017: 32

3. Universitas Padjadjaran 

Akreditasi: A

Peminat pada SBMPTN 2016: 3,068

Kursi pada SBMPTN 2017: 96

4. Universitas Sebelas Maret 

Akreditasi: B

Peminat pada SBMPTN 2016: 2,324

Kursi pada SBMPTN 2017: 56

5. Universitas Hasanuddin 

Akreditasi: B

Peminat pada SBMPTN 2016: 1,368

Kursi pada SBMPTN 2017: 21

Kamu yang dari jurusan IPA bisa mendaftar ke prodi Psikologi di PTN ini, sementara untuk IPS bisa ikutan SBMPTN dengan tes IPC atau “lintas jurusan” dengan mengambil tes IPA.

Namun umumnya, anak IPS nggak bisa ikutan SNMPTN untuk prodi saintek, termasuk prodi Psikologi saintek. Yiahhh! Baca deh, Anak IPA Mengambil Jurusan IPS? Adil Nggak Sih?

Di antara PTN dengan prodi Psikologi saintek ini, Universitas Padjadjaran memiliki akreditasi A. Kampus ini melihat studi psikologi dari sudut pandang sains, “Program Studi Sarjana Psikologi Unpad menekankan sistem pembelajaran yang bertujuan untuk membentuk seorang scientist-practitioner dalam bidang psikologi yang andal,” begitu penjelasan di situs resmi mereka.

Sementara Manda yang mengenyam pendidikan di Psikologi Universitas Padjadjaran menjelaskan perbedaan antara Psikologi saintek di Unpad dan Psikologi soshum di kampus lainnya, "Pendiri jurusan Psikologi Unpad belajar Psikologi di Belanda, dan di situ Psikologi masuk dalam Fakultas Kedokteran. Saat itu ilmu Psikologi juga banyak memakai pendekatan sains. Sekarang (di kampus) juga banyak pelajaran IPA, seperti Neuropsikologi, karena memang nggak bisa lepas dari mempelajari otak manusia. Trus, ada penekanan pada psikodiagnostik dan pengembangan alat-alat psikologi. Tapi selebihnya sama sih (dengan Psikologi soshum), menurutku."

Pada dasarnya, yang dipelajari di Psikologi saintek nggak berbeda dengan Psikologi soshum, lulusannya sama-sama mendapat gelar Sarjana Psikologi dan sama-sama bisa melanjutkan ke jenjang profesi atau S-2.  Trus, bidang karier lulusannya pun relatif sama. Penekanan saintek dan soshum-nya saja yang berbeda serta variasi mata kuliah.

Mata kuliah yang dipelajari di jurusan Psikologi saintek antara lain:

  • Statistika
  • Biopsikologi
  • Psikologi Sosial
  • Psikologi Eksperimen
  • Psikologi Kognitif
  • Psikologi Manajemen
  • Psikologi Kepribadian
  • Psikodiagnostika
  • Psikologi Sosial
  • Psikologi Konseling
  • Pengantar Neuro Psikologi
  • Psikologi Organisasi
  • Psikologi Kesehatan
  • Psikologi Klinis
  • Psikiatri
  • Konsep Teknologi
  • dan lainnya

Jadi, tertarik masuk Psikologi saintek atau soshum?

***

Youthmanual telah mengumpulkan ribuan informasi seputar profesi, program studi, dan kampus unggulan, serta panduan persiapan kuliah yang komprehensif dalam laman Eksplorasi. Eksplorasi ribuan informasi program studi, karier dan profesi, dan kampus selengkapnya di sini.

Baca juga:

(sumber gambar: stuff.co.nz)

LATEST COMMENT
DINI SHABIHAH ULFAH | 31 menit yang lalu

Kak, kalau assessment nasional diperuntukkan kelas 5,8, dan 11 terus yang kelas 12 angkatan 2021 lulusnya gimana? Pakai assessment juga apa un?

Bedah Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Asesmen Nasional 2021
Ayu Vitri | 5 jam yang lalu

Open pp/endorse 50k per video Channel youtube : Ayu Vitri

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Siska Nurfadilah Sri Kusumah | 2 hari yang lalu

Ngga bisa ngasih saran kak:( kita satu server

Kamu Salah Ambil Jurusan Kuliah? Cek 15 Tanda Mahasiswa Salah Jurusan!
Siska Nurfadilah Sri Kusumah | 2 hari yang lalu

Hai kak, aku salah satu mahasiswi jurusan S1 pendidikan matematika. Aku baru 2 bulan kuliah, sebelumnya aku gap year dan taun ini aku milih buat masuk ke salah satu PTS di kotaku. Aku sebenernya ga pernah punya pikiran buat kuliah di pendidikan, aku lebih exited sama management (ya basically aku…

Kamu Salah Ambil Jurusan Kuliah? Cek 15 Tanda Mahasiswa Salah Jurusan!
Babay Kholifah | 3 hari yang lalu

Terimakasih info nya kaka,, sangattt bermanfaat

Persiapan UTBK dan SBMPTN 2021 untuk Kelas 12
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1