Serba-Serbi Teknik Industri: Si Jurusan Teknik yang ‘Nggak Teknik Banget’

Jurusan Teknik Industri merupakan jurusan yang cukup populer dan kerap menjadi pilihan para calon mahasiswa yang ingin menekuni bidang keteknikan di perguruan tinggi. Meski secara resmi jurusan ini masuk ke dalam rumpun Teknik, tapi ternyata jurusan ini nggak hanya mempelajari hitung-hitungan dan rekayasa teknologi seperti jurusan teknik lainnya, lho. Di jurusan Teknik Industri kamu juga akan mempelajari tentang manajemen, ekonomi, bahkan psikologi

Wuih, kok bisa?

Si Teknik yang ‘Nggak Teknik Banget’

Ini dia, jurusan teknik yang seringkali diberi predikat ‘Nggak Teknik Banget’ oleh segenap mahasiswanya. Kenapa bisa begitu?

Jurusan Teknik Industri secara garis besar mempelajari tentang proses industri baik dari sisi manajemen ataupun teknik.  Teknik Industri berfokus kepada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan dan energi. Jadi, nggak cuma kamu hanya belajar mengenai seluk-beluk sebuah mesin manufaktur, kamu juga akan mempelajari sistem manajemen sebuah industri—khususnya manufaktur.

Teknik Industri sendiri dibagi menjadi tiga bidang besar. Pertama, sistem manufaktur yang mempelajari peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem produksi. Kedua adalah manajemen industri, di mana para mahasiswa harus mempelajari manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen inovasi, perencanaan dan pengendalian produksi, dan ekonomi teknik. Ketiga adalah sistem industri dan tekno ekonomi, seperti logistik, statistik, penelitian operasional, dan sistem basis data.

Fokus pembelajarannya yang juga menekankan pada sisi manajemen dari sebuah pabrik/industri lah yang membuat Teknik Industri dijuluki sebagai sebuah jurusan yang ‘Nggak Teknik Banget’. Jangan heran kalau kamu ngobrol dengan anak Teknik Industri, mereka nggak cuma jago perihal bongkar-bongkar mesin pabrik, tapi juga paham mengenai manajemen operasional hingga sumber daya manusia dari pabrik itu sendiri.

Mantap.

Kenapa Teknik Industri?

Kalau kamu memiliki minat teknik sekaligus manajemen, jurusan Teknik Industri bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi kalau kamu memiliki kemampuan matematika dan senang untuk mengelola suatu sistem, kamu pasti akan enjoy banget belajar di jurusan ini. Sebagai bayangan, di jurusan Teknik Industri kamu akan mendapatkan mata kuliah:

* Perancangan Tata Letak Pabrik

* Psikologi Industri

* Statistika Industri

* Ekonomi Teknik

* Pengantar Ergonomi

* Menggambar Teknik

* Material Teknik

* Elektronika Teknik

* Organisasi & Manajemen Perusahaan Industri

Nah, gaes, meskipun mata kuliah di Teknik Industri tampak sangat beragam, mulai dari yang ‘teknik banget’ sampai yang ‘nggak ada teknik-tekniknya’, tapi uniknya semua mata kuliah tersebut sesungguhnya saling terintegrasi satu sama lain, lho. Hal ini dilakukan karena lulusan Teknik Industri diharapkan untuk bisa memandang sebuah masalah yang ada di dalam industri dengan berbagai sudut pandang.

Misalkan, ditemukan sebuah masalah di suatu lantai produksi/pabrik. Nah, kalau kamu menjadi anak Teknik Industri, kamu nggak bisa nge-judge bahwa masalah itu terjadi hanya karena kesalahan di salah satu aspek—mesin yang rusak, contohnya. Kamu diharuskan untuk melihat dan menganalisis keseluruhan sistem dari lantai produksi tersebut. Apakah benar hanya kesalahan teknis pada mesin? Atau penjadwalan produksi yang nggak tepat jadi menghambat seluruh kegiatan produksinya? Atau mungkin akibat tata letak pabriknya yang kurang efisien? Atau malah semua ini akibat human error dari manusia sebagai operator dari mesin tersebut? Seorang lulusan Teknik Industri diharapkan untuk bisa memiliki pola pikir seperti ini ketika lulus nanti.

Oh ya, di Teknik Industri kamu nanti akan dihadapkan oleh banyak banget jenis praktikum. Menurut Sancita Utami, mahasiswa Teknik Industri Telkom University, bentuk tugas yang paling sering di Teknik Industri itu berupa sebuah Progress Report (PR) dari hasil praktim lab. Ada banyak banget praktikum lab yang mendukung beberapa mata kuliah penting, jadi jenis PR yang harus dikerjakan pun beragam. Intinya, setelah melakukan praktikum, kamu harus menyusun laporan yang berkaitan dengan temuan pada setiap sesi praktikum.

Seru banget ‘kan?

Prospek Kerja Teknik Industri

Untuk urusan prospek kerja, lulusan Teknik Industri boleh dibilang beruntung. Gimana nggak, karena mereka mempelajari hampir aspek dari sebuah industri selama kuliah, ketika lulus mereka bisa dengan mudah masuk ke bidang manapun di dalam sebuah perusahaan—mulai dari teknisi hingga manajerial.

Prospek kerja lulusan Teknik Industri antara lain:

1. Manufaktur. Bicara teknik industri, pastinya nggak lepas dari yang namanya bidang manfaktur. Nah, lulusan Teknik Industri banyak banget nih yang berkarir di bidang yang satu ini. Posisinya pun bermacam-macam, mulai dari head of production, supply chain, PPIC/gudang, hingga Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

2. Manajemen. Karena anak Teknik Industri juga mempelajari materi seperti ekonomi dan manajemen, maka prospek kerjanya pun nggak hanya terbatas pada bidang-bidang teknis di sebuah pabrik. Lulusan Teknik Industri juga bisa lho bekerja di bidang HRD, manajemen bisnis, purchasing, sistem informasi, hingga analyst dan research.

3. Entrepreneur. Nah, ini prospek kerja yang lagi banyak diincar oleh anak muda masa kini, jadi pengusaha! Lulusan Teknik Industri yang telah belajar luar dalam mengenai teknik dan manajemen produksi dalam sebuah industri pastinya bisa banget nih kalau mau membangun usahanya sendiri. Siapa tau bisa jadi the next Jack Ma atau Steve Jobs, ‘kan? Mantap.

Kalau Mau Kuliah Teknik Industri di Mana Ya?

Nggak susah kok mencari kampus yang menyediakan program studi Teknik Industri. Bahkan, tiap kampus yang memiliki fakultas teknik hampir bisa dipastikan memiliki program studi Teknik Industri di dalamnya. Nih, Youthmanual rangkum beberapa kampus yang memiliki prodi Teknik Industri dengan akreditasi A:

Telkom University 

Universitas Brawijaya 

Universitas Indonesia 

Institut Teknologi Bandung

Universitas Gadjah Mada 

Institut Teknologi Sepuluh Nopember 

Universitas Bina Nusantara 

Universitas Atma Jaya Yogyakarta 

Universitas Trisakti 

Universitas Sebelas Maret 

Baca juga:


Youthmanual telah mengumpulkan ribuan informasi seputar profesi, program studi, kampus unggulan, serta panduan persiapan kuliah yang komprehensif dalam laman Eksplorasi. Baca selengkapnya di sini

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Faris Nadhir | 4 hari yang lalu

Semoga cita²ku menjadi pilot terkabula yaa Allah amin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Zidna Ilmalana | 16 hari yang lalu

Emng knp llsn psntrn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Fatimah Ibtisam | 24 hari yang lalu

Hai Ilham, lmu Matematika juga dipakai dalam prodi Psikologi, khususnya yang berkaitan dengan statistika. Prodi Psikologi banyak melakukan riset, yang di antaranya menggunakan perhitungan statistik.

7 Mata Kuliah Paling Menantang di Program Studi Psikologi
Fatimah Ibtisam | 24 hari yang lalu

Hai Ronny, kamu bisa mendaftar FSRD ITB apabila kamu mengambil program IPA atau IPS.

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
andi regina wulan lestary nadim | 28 hari yang lalu

Open pp/endorse Ig : @reg.wulll_ bayar seikhlas nya, minat? DM

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1