Serba-Serbi Vokasi (D3) Universitas Indonesia: Jurusan, Biaya, dan Cara Masuknya

Menurut data Youthmanual, Universitas Indonesia‍ merupakan perguruan tinggi yang paling difavoritkan pelajar. Nah, selain program Sarjana, UI juga menawarkan vokasi alias D3. Bagi kamu yang bercita-cita masuk UI, perlu tahu nih, info seputar vokasi UI.

Program vokasi atau D3 di UI sebenarnya sudah ada sejak tahun ’90-an dan dulu dikelola oleh fakultas masing-masing. Misalnya, Program Studi Diploma Hubungan Masyarakat berada di FISIP, sedangkan D3 Sastra Jepang ada di FIB. Tapi sejak tahun 2008, semua jurusan jenjang D3 dijadikan satu menjadi Program Vokasi UI. Vokasi pun punya kampus sendiri yang berada dalam lingkungan UI.

Apa sih, beda program Vokasi (D3) dan S1 di UI?

1. Jenjang dan gelarnya sudah pasti beda lah, ya. Yang satu bergelar Sarjana (bisa ST, Shum, SH dan lainnya), sedangkan lulusan vokasi bergelar Ahli Madya  (Amd.). Kalau gelar kebangsawanan? Itu sih, ente nikah dulu sob, sama anak Raja Brunei. Zzz...

2. Perkuliahan S1 umumnya berlangsung 8 semester atau sekitar 4 tahun, sedangkan vokasi umumnya berlansung 6 semester atau 3 tahun. Itu yang normal. Kalau yang rada males molor D3 maksimal 9 semester dan S1 6 tahun. Itu batas maksimalnya, lohhh....

3. Di vokasi, perbandingan antara materi praktek dan teori 60:40. Sedangkan di program Sarjana, proporsi teorinya lebih dominan.

4. Jalur masuk utama untuk program Sarjana adalah SNMPTN, SBMPTN dan ujian mandiri (Simak UI), sedangkan untuk masuk program Diploma hanya melalui jalur Simak UI.

5. Untuk bisa lulus program S1, mahasiswa harus melalui tahap skripsi. Di vokasi nggak ada skripsi, adanya Tugas Karya Akhir (TKA). TKA umumnya fokus ke karya/magang, dan berbentuk laporan, sehingga tulisannya lebih simpel dari skripsi. Soal penulisannya aja, lho, yang lebih sederhana. Kalau  ribetnya sih, sama aja. Hehehe.

Jurusan-Jurusan di  Vokasi UI

Ada 15 jurusan program vokasi yang bisa kamu pilih. Bidangnya pun beragam, dari Ekonomi, Komunikasi, Ilmu Sosial, Humaniora, hingga Kesehatan. Kamu bisa memilih jurusan berikut:

1. Administrasi Asuransi dan Aktuaria

2. Administrasi Keuangan dan Perbankan

3.  Administrasi Perkantoran dan Sekretari (APS)

4. Akuntasi Keuangan

5. Akuntansi Teknologi Sistem Informasi,

6. Akuntansi Sektor Publik

7. Manajemen Informasi dan Dokumen

8. Administrasi Perpajakan

9. Penyiaran

10. Hubungan Masyarakat

11. Periklanan,

12. Pariwisata

13. Perumahsakitan

14. Fisioterapi

15. Okupasi Terapi

Biaya kuliah vokasi UI

Total dana yang diperlukan untuk kuliah vokasi UI sekitar Rp55,500,000. Perinciannya adalah Rp7,500,000 untuk uang pangkal dan Rp8,000,000 untuk uang kuliah per semester. Biaya semesternya tetap, nggak bergantung dari banyaknya SKS yang diambil.

Kamu cocok masuk vokasi kalau…..

1. Kamu berminat dengan jurusan yang ditawarkan program vokasi. Biasanya, jurusan vokasi agak beda dengan sarjana. Misalnya, di UI hanya ada jurusan Ilmu Komunikasi di bidang Komunikasi. Sedangkan vokasinya bisa dipilih Penyiaran, Periklanan, dan Hubungan Masyarakat.

Sebaliknya nggak semua jurusan ada di program vokasi, misalnya Teknik dan Hukum.

2. Kamu suka belajar praktek. Sebab di program vokasi/D3 perkuliahannya kebanyakan praktek.

3. Kamu pengen siap kerja. Yup, soalnya salah satu tujuan utama vokasi adalah menghasilkan tenaga kerja berkualitas dan siap pakai.

(sumber gambar: dribble.com)

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
vegas4D | 17 hari yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 2 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 2 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 3 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 4 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1