Tanya Youthmanual: Q & A Bedah Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan HI (Hubungan Internasional‍) merupakan salah satu program studi bergengsi yang paling dicari. Apa benar kuliah jurusan HI sebaiknya di universitas negeri? Trus, apakah yang diterima sebagai anak HI hanya yang sudah mahir bahasa Inggris? Lantas, lulusannya bakalan jadi diplomat?

Untuk menjawab segala kekepoan tersebut, Youthmanual menghadirkan Rezha Bayu dan Anindita yang merupakan lulusan HI Universitas Gadjah Mada‍, dalam Tanya Youthmanual Live. Tanya Youthmanual Live merupakan kegiatan rutin mingguan Youthmanual yang dilakukan secara langsung alias live di Instagram. Selama sekitar 1 jam, Tanya Youthmanual bakal berusaha menjawab berbagai pertanyaan.

Inilah rangkuman tanya jawab seputar program studi HI bersama Rezha dan Dita.

Ngapain aja sih, di jurusan HI?

Intinya, HI mempelajari mengenai hubungan antar negara, organisasi, dan tokoh internasional. Jurusan ini termasuk interdisipliner, karena nggak hanya mempelajari politik, tetapi juga ekonomi, komunikasi, sosial, dan lainnya.

Jika kuliah di jurusan HI, wajib banyak membaca. Ada juga sih, yang dulunya nggak terlalu suka membaca, tapi setelah masuk HI jadi termotivasi untuk banyak membaca. Menulis juga merupakan skill penting untuk dimiliki mahasiswa jurusan ini. Jadi, jika memang ingin masuk jurusan HI, asah kemampuan membaca dan menulis kamu.

Apa aja isu yang dipelajari di HI?

Banyak banget! Dari ekonomi internasional, keamanan, lingkungan, Hak Asasi Manusia, hingga budaya.

Apakah lulusan HI harus menjadi Diplomat?

Kita lulus tahun 2015, dan dari tahun 2015 nggak ada pembukaan (lowongan) untuk jadi diplomat (pegawai departemen luar negeri), tuh. Artinya, lulusan HI nggak harus jadi diplomat. Ada berbagai bidang karier lainnya, seperti jurnalistik, pemerintahan, perusahaan swasta, LSM, dan lainnya.

Kami sendiri sempat berkerja di LSM, startup, di media berita, hingga di bank. Di bank, saya (Dita) bekerja di bagian internasional. Sehingga saya juga ikutan konferensi internasional (yang terkait ekonomi dan perbankan).

Boleh nggak sih, mengambil kuliah jurusan HI di luar negeri?

Boleh, kok! Tergantung prefensi dan kemampuan masing-masing orang. Namun kelebihan jika belajar HI di Indonesia, adalah kamu akan mempelajari isu-isu negara yang berhubungan dengan hubungan internasional.

Lagipula, apabila kuliah di jurusan HI, kamu akan punya banyak kesempatan untuk ke luar negeri, melalui pertukaran pelajar atau kegiatan kemahasiswaan lainnya. Misalnya saja Model United Nation (MUN).

Saya (Rezha) sempat ke Eropa, Korea Selatan, Hong Kong, hingga Paskistan karena ikutan MUN.

Kampus apa yang terbaik untuk kuliah HI? Apakah lebih bagus di PTN?

Wah, ini relatif, ya. Tapi nggak hanya di negeri, lho. Di swasta pun banyak jurusan HI yang bagus. Kesempatan karier lulusan PTS juga sama dengan lulusan PTN.

Apakah harus jago bahasa Inggris?

Menurut kami kemampuan bahasa Inggris nggak hanya diperlukan  prodi HI, melainkan dibutuhkan di berbagai bidang studi. Bahasa Inggris akan sangat memudahkan kamu untuk berkomunikasi dan belajar. Karena kebanyakan buku HI ditulis dalam bahasa Inggris.Tapi, nggak ada syarat harus jago berbahasa Inggris untuk bisa masuk ke jurusan HI. 

Katanya, HI adalah jurusan yang nanggung karena mempelajari berbagai ilmu, sedikit-sedikit. Gimana, tuh?

Itulah mengapa ada peminatan/konsentrasi di dalam jurusan HI. Misalnya, keamanan di Asia Pasific. Jadi mahasiswanya belajar juga sih, mengenai kawasan lainnya. Namun lebih mendalam yang sesuai dengan peminatan/konsentrasi yang diambil.

Selain ilmu di bidang HI, skill apa yang berkembang setelah menjadi mahasiswa HI?

Mahasiswanya mendapatkan skill komunikasi melalui mata kuliah Diplomasi, Negosiasi, dan Resolusi Konflik. Kemampuan interpersonal, listening, dan menjadi seseorang yang berpikiran terbuka, karena terbiasa dengan sesuatu yang bersifat global dan heterogen.

(sumber gambar: timeshighereducation.com, defactum.net)

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1